Cara Mengganti Administrator Windows 10

Cara Mengganti Administrator Windows 10
Cara Mengganti Administrator Windows 10

Cara Mengganti Administrator Windows 10 Hak administrator pada windows 10 merupakan salah satu hak tertinggi pada perangkat komputer. Bisa dikatakan hak administrator dan user biasa itu berbeda dimana hak administrator dapat mengendalikan secara penuh perangkat komputer, seperti mengendalikan sistem komputer dan akses penuh terhadap seluruh file, menghapus aplikasi, install aplikasi dan administrator juga dapat melakukan pengaturan dan perubahan pada windows 10.

Lalu bagaimana kalau kamu bukan user administrator? tentunya kamu tidak dapat melakukan perubahan apapun pada komputer yang sedang kamu gunakan. Jangan kan mengatur jam, melakukan perubahan walpaper, hapus aplikasi, hapus file dan lagu pun tidak akan bisa.

Karena hak akses kamu hanyalah user biasa saja, nah pertanyaannya bagaimana caranya mengganti user biasa menjadi administrator di windows 10? Sebenarnya caranya cukup mudah, dengan kamu membaca artikel kami yang berjudul cara mengganti administrator di windows 10 ini, kami akan mengajarkan kamu cara membuat user baru di windows 10, dan nantinya user tersebut akan kita jadikan administrator kedua di komputer yang sedang kita gunakan.

Cara Mengganti Administrator Windows 10

Sebelum kita mengganti administrator di windows 10, langkah pertama yang harus kita lakukan membuat sebuah user biasa terlebih dahulu. Berikut caranya.

icon windows lalu settings – Kompirasi.com
Icon Windows

1. Langkah pertama kamu kelik icon windows kemudian masuk ke menu settings.

account – Kompirasi.com
Menu Accounts Windows 10

2. Langkah kedua setelah kamu sudah berada di menu settings, selanjutnya masuk ke accounts.

Baca Juga: 3 Cara Aktivasi Windows 10 Menggunakan KMS Tools Ratiborus
family and other users – Kompirasi.com
Family & Other users

3. Ketiga di menu tampilan account kamu kelik menu Family & Other Users nah karena disini saya belum mempunyai user biasa jadi saya akan menambahkan user baru di windows 10, caranya di bagian others user kelik + Add someone else to this PC

i dont have this persons sign information – Kompirasi.com
I Don’t Have This Person’s Sign-in Information

4. Dibagian How Will This Person Sign kita tidak perlu login lagi, kamu bisa kelik I Don’t Have This Person’s Sign-in Information

add a user without a microsoft account – Kompirasi.com
Add A User Without A Microsoft Account

5. Karena disini saya sudah mempunyai akun microsoft, jadi saya pilih saja add a user without a microsoft account kalau kamu belum mempunyai akun microsoft kamu bisa membuat akun microsoft baru, dengan mengklik use a phone number instead atau menggunakan opsi get a new email address.

Baca Juga: 4 Cara Membuka Control Panel Di Windows 11
baut user pc – Kompirasi.com
Buat User Baru Di Komputer/ PC

6. Di menu Create A User For This PC kamu buat nama user baru di pc kamu, dan password akun baru, di menu in ase you forget your password kamu buat pertanyaan question fitur ini untuk jaga jaga apabila nantinya kamu lupa password user. Kalau sudah kamu isi kelik next.

local account – Kompirasi.com
Berhasil Buat Local Account Windows 10

7. Setelah kita sudah berhasil buat local akun, atau pengguna baru di windows 10, di bagian other user kamu rubah hak pengguna dengan cara mengkelik nama user kemudian kelik change account type.

ubah jadi administrator – Kompirasi.com
Menu Change Account Type

8. Di menu tampilan Change Account type, kamu kelik Account type dan rubah type akun yang awalnya standard user menjadi administrator kalau sudah kelik Ok.

berhasil buat administrator – Kompirasi.com
Berhasil Merubah Tipe Akun Windows 10 Menjadi Administrator

9. Dan terakhir kita sudah berhasil merubah akun type standard user menjadi type akun administrator.

Baca Juga: Cara Mengatasi Kursor Tidak Bergerak di Laptop dan PC

Akhir Kata

Nah bagaimana ternyata mudah kan cara mengganti administrator windows 10? Dengan adanya artikel ini kamu dapat mengganti administrator di windows 10 dengan mudah, semoga artikel yang kami berikan ini dapat bermanfaat bagi seluruh pembaca blog ini.

Arif Wibowo Hidayatullah
" Hanya Pencinta Senja" (Arif Wibowo)