Cara Menggunakan Focus Assist Di Windows 11

Cara Menggunakan Focus Assist Di Windows 11 – Pernahkah kamu merasa terganggu ketika sedang mengerjakan sesuatu lalu pandangan kita teralihkan oleh hal-hal yang seharusnya tidak kita lihat sehingga membuat kita lupa dengan tujuan awal yang sedang ingin kita lakukan? Kalau ia kamu bisa menggunakan focus assist di windows 11 untuk mencegah aplikasi muncul tanpa diketahui di layar komputer.

Apa itu Focus Assist?

Focust Assist adalah fitur yang disediakan oleh Microsoft dimana Sistem akan mencegah aplikasi muncul tanpa diketahui di layar komputer. Focus Assist dapat diaktifkan secara otomatis ketika kita mengganti tampilan mode menjadi presentasi, bermain game atau sedang dalam mode fullscreen.

Dengan menggunakan focus assist kamu bisa memtikan notifikasi-notifikasi yang tidak penting dan hanya menyisakan aplikasi yang penting saja ataupun juga dapat mematikan semua aplikasi secara menyeluruh sehingga kamu bisa fokus dalam bekerja ataupun saat bermain game.

Nah, untuk setelah kamu sudah tahu penegrtian focus assist, sekarang kita masuk ke topik utama pembahasan yaitu cara menggunakan focus assist di windows 11, Yuk simak artikel berikut.

Cara Menggunakan Focus Assist Di Windows 11

1. Langkah pertama kamu bisa membuka menu settings atau kamu bisa membukanya dengan shortcut “Win + I” pada keyboard secara bersamaan.

2. Setelah masuk pada menu setting, terdapat opsi menu disebelah kiri. Buka menu system lalu pilih menu “Focus Assist”.

3. Setelah itu kamu akan masuk dalam menu pengaturan “Focus Assist”. Di dalam pengaturan focus Assist ini terdapat 3 opsi dalam mengaktifkannya dan menonaktifkannya

Artikel Lainnya: Cara Uninstall Aplikasi Di Windows 11

Keterangan :

  • “Priority Only” ( Hanya Prioritas ) berfungsi untuk membatasi notifikasi yang muncul kecuali notifikasi yang sudah ditentukan dalam daftar prioritas.
  • “Alarms only” ( Hanya Alarm) berfungsi untuk menyembunyikan semua notifikasi, kecuali alarm yang sudah di atur.
  • “Show a summary of what I missed when focus assist was on” adalah pemberitahuan yang telah masuk saat focus assist sedang aktif akan ditampilkan.

4. Pada opsi “Priority Only” terdapat pengaturan yang bisa kamu atur terhadap aplikasi apa saja yang akan kamu prioritas yang dapat ditampilkan notifikasinya Ketika masuk. Cara mengaturnya adalah dengan klik “Customize Priority Only” di bawah menu “Priority Only”

5. Dengan memilih “Priority Only” atau “Alarms Only” maka focus Assist kamu akan aktif secara otomatis nantinya.

Fitur focus assist pada windows 11 terbaru ini juga menyediakan fitur barunya yaitu kemampuan untuk memprioritaskan pemberitahuan dari kontak yang disematkan atau diprioritaskan dalam pengaturan focus assist.

6. Kamu dapat menambahkan kontak prioritas dengan cara klik tombol “Add Contacts” berikut yang ada pada pengaturan focus Assist.

Artikel Lainnya: 4 Cara Membuka Control Panel Di Windows 11

7. Disini kamu juga dapat mengatur aplikasi apa saja yang akan kamu prioritaskan. Dan untuk menambahkan aplikasi yang ingin diprioritaskan kamu tinggal klik tombol tambah “Add an App” lalu pilih aplikasi yang ingin kamu tambahkan.

✔️  4 Cara Melihat Spesifikasi Laptop Di Windows 11

Nah itu dia tadi Langkah-langkah cara menggunakan fitur Focus Assist di windows 11. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam mengeningkan suasana komputer kamu agar kamu dapat bekerja menjadi lebih produktif lagi.

Leave a Comment