2 Cara Menggunakan Google Slide Offline

2 Cara Menggunakan Google Slide Offline
Cara Menggunakan Google Slide Offline

Kamu ingin membuat presentasi? Dan kamu sedang mengalami kebingungan sewaktu ingin menggunakan google slide secara offline, sewaktu ingin membuat presentasi kerja atau presentasi kegiatan sekolah? Mungkin sebagian orang belum tahu kalau kita sekarang bisa membuat presentasi menggunakan google slides..

Google slides tidak hanya bisa membuat presentasi saja kamu juga dapat membuat, mengedit, dan berkolaborasi bersama teman kamu secara gratis menggunakan google slides. Untuk dapat menggunakan google slides kita bisa menggunakan beberapa platform seperti android, pc, laptop dan ios, lalu bagaimana cara menggunakan google slides secara offline?

#1. Cara Menggunakan Google Slide Offline Di Android & PC Serta Di Berbagai Macam Device Lainnya

Bagi saya sendiri membuat presentasi di google slides sangat mudah sekali ya sob, ini dikarenakan kita tidap perlu aplikasi tambahan lagi, dengan hanya membuka google slides kita dapat membuat presentasi sesuka kita tanpa harus bersusah payah mendownload dan menginstall aplikasi lainnya, tidak hanya itu kamu juga dapat mengakses google slides secara online maupun offline, lalu bagaimana cara membuat google slides menjadi offline?

1. Buka Google Slides

Google Slides
Google Apps Slides

Langkah pertama untuk bisa menggunakan google slides kamu harus login terlebih dahulu menggunakan akun gmail kamu kalau sudah login masuk ke halaman google slides. Atau juga bisa secara langsung membuka fitur google apps di gmail kemudian cari menu Slides dan klik menu tersebut.

2. Settings

Settings
Settings

Selanjutnya cari menu main menu [≡] atau icon garis tiga di bagian kiri layar kemudian klik menu tersebut nah nantinya kamu akan menemukan beberapa menu google slides, setelah itu kamu masuk ke settings.

3. Ubah Google Slides Menjadi Offline

Ubah Google Slides Menjadi Offline
Ubah Google Slides Menjadi Offline

Terakhir di menu lanjutan pengaturan google slide di bagian Offline kamu centang dan aktifkan fitur google slide offline kalau sudak aktif klik ok. Dan sekarang kamu sudah berhasil membuat google slides menjadi offline.

#2. Cara Membuat Presentasi Di Google Slide

Setelah kita sudah berhasil membuat google slide menjadi offline, nah sekarang kita akan membuat presentasi di google slidem bagaimana caranya membuat presentasi di google slide? berikut ini kami ajari ke kamu cara buat presentasi di google slides.

1. Start A New Presentasion ( Mulai Presentasi baru)

Start A New Presentasion
Start A New Presentasion

Untuk bisa membuat presentasi di google slide caranya cukup mudah, di bagian menu utama slide kamu cari start a new presentasion kemudian klik tanda + (tambah) otomatis kamu nantinya akan ditampilkan dengan halaman presentasi baru kamu di google slides.

2. Edit Dan Format Presentasi

 Edit Dan Format Presentasi
Edit Dan Format Presentasi

Nah kalau kamu sudah berhasil membuat presentasi baru di google slide, langkah selanjutnya kamu buat presentasi yang kamu inginkan di menu ini kamu bisa menambahkan, mengedit, atau memformat teks, gambar, atau video dalam presentasi

  • Menyisipkan dan menyusun teks, bentuk, dan garis
  • Menambahkan, menghapus, dan mengatur slide
  • dan Menambahkan animasi ke slide
Artikel Lainnya: Cara Menggunakan Google Chat

3. Cara Membagikan Hasil Presentasi Di Google Slides

Setelah kamu sudah berhasil membuat sebuah presentasi di google slide, pastinya kamu ingin kan presentasi kamu di lihat oleh guru atau teman, agar mereka dapat mengoreksi presentasi yang sudah kamu buat? untuk cara membagikan hasil presentasi yang sudah kamu buat tadi di google slide caranya sebagai berikut.

 Hasil Presentasi Di Google Slides
Hasil Presentasi Di Google Slides

Untuk bisa membagikan hasil presentasi yang sudah kamu buat tadi di google slides caranya mudah, kamu cari menu share kemudian klik.

Share Hasil Presentasi
Share Hasil Presentasi

Setelah itu kamu akan diarhkan ke menu sharw with people and group, untuk bisa membagikan hasil presentasi kamu ke teman, kamu bisa menggunakan 2 metode yang pertama melalui menu add people and group (undang melalui email) dan yang kedua bisa menggunakan opsi get link, kalau kamu menggunakan metode get link caranya cukup mudah ubah dahulu pengaturan agar hasil presentasi kamu bisa di ubah atau di edit oleh teman sekelas atau dosen apabila presentasi kamu salah caranya klik change to anyone with the link kemudian di Anyone with the link ubah viewer menjadi editor, kemudian copy link dan klik done, terakhir bagikan url link yang udah kamu copy tadi ke teman kamu.

Penutup

Bagaimana sangat mudah bukan menggunakan google slides? dengan menggunakan google slides kamu dapat membuat presentasi secara online atau offline menggunakan android, laptop dan pc dimanapun kamu berada, dan kerennya lagi kamu bisa menggunakan google slides secara gratis tanpa harus bayar.

Arif Wibowo Hidayatullah
" Merangkai Sebuah Kata Itu Sangatlah Mudah, Tapi.. Merangkai Sebuah Mimpi Itu Sangatlah Sulit..." (Arif Wibowo)