2 Cara Menghapus User Di Linux Ubuntu Dengan Mudah

Cara Menghapus User Di Linux Ubuntu Dengan Mudah – Di artikel yang sebelumnya saya sudah pernah membahas cara membuat user baru di linux nah di kesempatan kali ini saya akan mengajarkamu kamu cara menghapus user di linux ubuntu.

Mungkin saat ini kamu mempunyai lebih dari satu user administrator di sistem operasi linux kamu, mulai dari standard user dan user administrator. Sehingga kamu ingin menghapus salah satu user tersebut dikarenakan sudah tidak digunakan lagi.

Yaa… bisa dibilang buat apa user banyak-banyak yakali lebih dari 4 user administrator dan dua user standard ya ambil contoh saja seperti itu…

Cara Menghapus User Di Linux Ubuntu Dengan Mudah

Nah untuk menghapus user di linux itu ada dua caranya, kita bisa hapus user di linux lewat terminal dan juga lewat fitur settings di ubuntu.

1. Cara Hapus User Di Linux Lewat Terminal

1. Sebelum kita menghapus user di linux lewat terminal, pastikan kamu tidak lupa nama user yang sudah kamu buat, ingat jangan sampai salah hapus user ya.. untuk memerika user di linux kamu bisa mengetikan perintah ” tail -n 2 /etc/passwd “

2. Nah sekaran kita sudah ketemu beberapa user yang ada di linux kita, disini saya akan menghapus user Kompirasiadmin2 Dan usernamenya cskompirasi.

Baca Juga: 8 Aplikasi Perekam Layar Linux Terbaik Untuk PC & Laptop

3. Nah untuk hapus user lama kita masukan perintah di terminal linux ” sudo userdel cskompirasi (nama userlama) ” kemudian tekan enter dan kamu tinggal masukan password sudo.

Nah setelah itu user lama akan dihapus dari sistem linux kamu, untuk menghapus folder atau directory pada user lama kamu bisa menggunakan perintah “rm -rf /home/namauserlama”

2. Cara Hapus User Linux Lewat Menu Settings Di Ubuntu

Kalau kamu menggunakan sistem operasi linux ubuntu, menghapus user di ubuntu bisa melalui fitur settings, berikut caranya.

1. Buka menu show applications di ubuntu kemudian di menu kolom pencarian ketikan settings, kalau sudah ketemu masuk dan buka ke fitur settings di ubuntu.

2. Selanjutnya di menu settings, kamu masuk ke menu users, kelik unlock setelah itu kamu klik user linux yang ingin kamu hapus nantinya kamu akan menemukan fitur remove user, kamu bisa klik remove user untuk menghapus user di linux ubuntu.

Baca Juga: 3 Cara Install Telegram Di Linux Ubuntu Lewat Terminal

3. Terakhir kalau kamu menemukan notifikasi tampilan “do you want to keep (nama user) files? kalau kamu mempunyai file penting di directory user yang ingin kamu hapus kamu bisa memilih opsi keep files, karena disini punya saya tidak ada file penting apapun di user yang ingin saya hapus jadi saya tinggal klik saja delete files.

✔️  Konfigurasi Samba Server Debian Untuk Pemula

Nah itu dia cara menghapus user di linux semoga dengan adanya artikel ini, kami dapat menambah ilmu pengetahuan kamu seputar linux ya sobat kompirasi.

Leave a Comment