Beranda Tutorial Cara Mengirim Lampiran File Dokumen di Gmail

Cara Mengirim Lampiran File Dokumen di Gmail

82
0
cara mengirim lampiran file dokumen di Gmail
cara mengirim lampiran file dokumen di Gmail

Cara mengirim lampiran file dokumen di gmail akan sangat kamu butuhkan untuk berbagai keperluan. Dengan menggunakan internet kita bisa dengan mudah mengirim lampiran file dokumen di Gmail untuk mempermudah pekerjaan, tugas sekolah maupun tugas kuliah. Dan untuk kamu yang belum mengetahui cara mengirim lampiran file dokumen di Gmail, kamu bisa dengan mudah mempelajarinya pada artikel yang sudah kompirasi rangkum dibawah ini.

Karena menurut saya sendiri menggunakan Gmail lebih mudah dibandingkan e-mail lainnya, maka disini saya akan memberikan tutorial singkat, mudah dan jelas untuk teman-teman semuanya yaaa…!

Cara Mengirim Lampiran File Dokumen di Gmail Dengan Mudah Untuk Pemula di Laptop/PC

1. Siapkan Akun Google

Sebelum kalian menggunakan Gmail, maka terlebih dahulu kalian harus sudah mempunyai sebuah akun Google (@gmail.com) yang bisa kamu daftarkan dengan mudah di menu “sign up” Google.

Setelah kamu mempunyai akun Google, lakukan login akun Google kamu ke perangkat hp android, iOs maupun pada laptop/pc kamu. Untuk di Laptop/PC, kamu bisa melakukan login di Google Chrome, Mozilla, Bing ataupun Microsoft Edge.

Jika kamu sudah melakukan login ke akun google di perangkat kamu, maka kamu bisa lanjut ke langkah selanjutnya yaitu langkah ke 2 yang sudah kompirasi siapkan dibawah ini.

2. Buka Gmail di laptop/PC kamu

Kalau kamu menggunakan hp, kamu bisa langsung membuka aplikasi Gmail yang biasanya sudah langsung tersedia di HP android kamu yaaa…! Biasanya sih di zaman sekarang ketika kamu membeli hp android baru, maka kamu memerlukan sebuah akun Google agar bisa menggunakan smartphone kamu dengan optimal.

Kalau kamu menggunakan desktop seperti laptop/pc/komputer, maka kamu bisa melakukan pencarian pada browser kamu dengan memasukkan kata kunci “gmail login“.

Cara Mengirim Lampiran File Dokumen di Gmail
cara membuka Gmail di laptop/PC

Kamu juga bisa mengklik tulisan menu Gmail yang ada di pojok kanan atas icon akun Google kamu yang sedang login di Google Chrome, MozillaFirefox, Microsoft Edge maupun bing yang tampak seperti gambar dibawah ini.

Cara Mengirim Lampiran File Dokumen di Gmail
cara membuka Gmail di laptop/PC

3. Klik Ikon Tambah Pesan Baru

Pada tampilan halaman Gmail, kamu akan melihat kotak masuk muncul pada halaman gmail kamu bukan? Kamu hanya perlu menekan tanda “+ compose” yang berada tepat dibawah logo Gmail dan diatas menu Inbox. Nah.. Menu inilah yang biasa kita gunakan untuk membuat sebuah pesan baru kepada orang lain dan juga melampirkan file foto, video, rekaman suara maupun dokumen penting lainnya.

Cara Mengirim Lampiran File Dokumen di Gmail
cara menambahkan pesan baru di Gmail

4. Klik “Attach File” atau “Lampirkan File”

Setelah memilih ikon untuk menambahkan pesan baru yang hendak dikirimkan kepada orang lain, maka kamu akan melihat tampilan “New Message” yang muncul di laptop/pc kamu. Sebelum lanjut ke cara mengirim lampiran file dokumen di Gmail, pastikan kamu sudah menulis alamat email yang hendak kamu kirimkan file dokumen tertentu. Kamu juga harus memastikan bahwa alamat email yang hendka kamu kirimkan pesan ini memiliki alamat yang benar yaa…!

Cara Mengirim Lampiran File Dokumen di Gmail
Cara mengirim lampiran file dokumen di Gmail

Setelah memastikan alamat surel yang hendak dituju sudah benar, maka kamu bisa mengklik ikon “Lampirkan File” untuk memilih dokumen yang akan kamu kirimkan kepada orang lain seperti contoh gambar diatas.

5. Kirim atau Send Lampiran File

Cara mengirim lampiran file dokumen di Gmail yang terakhir adalah mengklik ikon “Send” agar pesan dengan lampiran file dokumen bisa langsung terkirim dan diterima oleh si pemiliki alamat surel tersebut.

Cara Mengirim Lampiran File Dokumen di Gmail
Cara mengirim lampiran file dokumen di Gmail

Sebelum kamu menekan tombol “Send” maka file dokumen yang hendak kamu kirimkan harus selesai di unggah terlebih dahulu ke Gmail ya…! Kalau file dokumen sudah siap dikirimkan maka kamu akan melihat nama dokumen, ukuran dokumen, dan juga tanda x seperti yang tampak pada contoh gambar diatas.

Nah… Itu saja tutorial cara melampirkan file dokumen di Gmail yang bisa Kompirasi bagikan kepada kamu pada artikel kali ini. Semoga bisa bermanfaat untuk keperluan tugas sekolah, tugas kuliah maupun kerjaan kantor kamu yaa…!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here