Cara Mengubah File JPG ke PDF Tanpa Aplikasi

mengubah jpg ke pdf
jpg to pdf

Mengubah file JPG ke PDF untuk tugas kuliah kamu bukan lagi hal yang sulit pada era teknologi ini. Bahkan karena canggihnya teknologi digital, saat ini kamu bisa mengubah file jpg ke pdf dalam sekejap tanpa perlu aplikasi tambahan apapun.

Bahkan kamu tidak perlu menggunakan laptop/PC/Notebook untuk bisa mengubah format file kamu dari JPG ke PDF. Kamu bisa kok mengubah format JPG ke PDF hanya menggunakan ponsel pintar atau android kamu saja. Pokoknya bisa saya jamin deh, kalau tutorial ini akan sangat mudah, praktis dan juga anti gagal.

Langkah dan Cara Mengubah File JPG ke PDF Tanpa Aplikasi di Android

Oke, oke… Saya tahu kok kalian sudah tidak sabar untuk mengubah kumpulan foto tugas kalian ke PDF agar bisa segera dikirim ke dosen/guru kalian. Tapi sebelum kita lanjut ke tutorial yang sesungguhnya maka yang harus kita lakukan adalah menyiapkan paket kuota kalian karena tutorial ini hanya bisa dilakukan secara online saja.

Jika kalian sudah siap untuk lanjut ke tutorial selanjutnya, maka yang kalian lakukan adalah cukup mengikuti langkah yang akan saya jabarkan dibawah ini saja.

1. Siapkan foto yang hendak di ubah ke PDF

Terlebih dahulu, kamu siapkan buku catatan/tugas kuliah yang sudah kamu tulis tangan dan langsung ambil foto secantik mungkin dari hp android kamu. Selanjutnya, pastikan foto yang hendak kamu ubah letaknya benar-benar mudah untuk kamu temukan lagi. Hal ini dikarenakan kita akan mengupload hasil jepretan kamera tersebut ke dalam situs convert file JPG ke PDF.

2. Kunjungi Situs Convert File

Sebenarnya, ada banyak sekali situs gratis yang bisa kamu gunakan untuk mengubah file JPG ke PDF, tapi disini saya hanya akan memberitahukan situs favorit saya saja. Salah satu situs yang paling sering saya gunakan adalah situs PDF Candy. Alasan saya menyukai PDF Candy adalah karena situsnya tidak ribet, simpel dan cepat dalam mengubah file JPG ke PDF. Tidak ada batas harian yang membuat kita bebas untuk mengubah berapapun file yang kita punya setiap harinya.

Screenshot 19

Kalian bisa mengunjungi situs PDF Candy pada link yang sudah saya tautkan diatas yaa…!

3. Masukkan foto yang hendak diubah formatnya

Jika kalian sudah menyiapkan foto dan sudah mengunjungi situs convert JPG ke PDF di link yang sudah saya tautkan, maka langkah selanjutnya adalah mengupload foto ke situs tersebut.

Kalian cukup mengklik tombol hijau “Tambahkan File” dan kemudian kalian tinggal mencari foto yang akan kalian ubah ke PDF serta sudah kalian potret sebelumnya. Jika kalian sudah memilih file yang kalian inginkan, maka kalian hanya perlu mengklik “Konversi File” pada tombol yang berwarna biru seperti gambar berikut ini.

mengubah file JPG ke PDF

4. Tunggu Proses Konversi Beberapa Saat

Setelah kalian mengupload dan mengkonversi file JPG kalian, maka kalian hanya perlu untuk menunggu proses konversi JPG ke PDF hingga selesai. Dan tampilan proses konversi kurang lebih akan tampak seperti ini. Tenang saja, proses ini tidak akan lama kok, situs ini cukup gesit saat mengubah file JPG ke PDF.

mengubah file JPG ke PDF

5. Unduh File PDF Kamu!

Setelah proses konversi JPG ke PDF selesai maka kamu akan melihat tampilan tanda “Selesai” dan kamu juga bisa mengunduh file langsung ke hp android kamu. Dan Taraaaa! Gambar JPG kamu sudah berubah ke format PDF dan kamu sudah bisa mengumpulkan tugas kamu dengan mudah dan cepat kepada guru/dosen kamu. Kamu juga bisa melihat berapa ukuran dari file PDF kamu dan juga bisa langsung mengunduh/berbagi file ke akun google drive, drop box dan masih banyak lagi.

mengubah file JPG ke PDF

Bagaimana nih? Tutorialnya cukup mudah bukan? Saya jamin setelah kamu berhasil mempraktekkan tutorial ini, kamu tidak akan kesulitan lagi saat kamu terburu-buru untuk mengumpulkan tugas dalam bentuk pdf. Siapa tahu kamu bisa buka jasa mengubah file JPG ke PDF untuk teman-teman sekelasmu ataupun teman kuliah kamu. Kan lumayan, walaupun hanya 1.000 rupiah, kamu bisa dapat tambahan uang jajan hanya bermodalkan hp android dan kuota saja. Apa kamu tertarik? Yuk share tutorial ini jika kamu merasa terbantu dan ingin memberitahu teman lainya tentang tutorial mengubah file JPG ke PDF.

Jangan lupa untuk mengunjungi tutorial lainnya yang dijamin akan sangat bermanfaat di situs web Kompirasi yaa!