Cara Mengubah Warna Folder Di Windows 11

Kamu tidak suka warna folder di windows 11 dan kamu bosen dengan warna folder yang warna nya itu-itu saja? Kenapa tidak mencoba mengubah warna folder di windows 11. Emang bisa min kita rubah warna folder nya? tentu saja bisa.

Bagi kamu tidak suka warna folder yang ada di dalam tampilan windows 11 kamu bisa merubah warna folder sesuai yang kamu inginkan tujuannya agar lebih menarik. Meskipun windows 11 sendiri merupakan versi windows terbaru yang menampilkan suasana baru bagi pengguna windows, Namun tidak ada salahnya bukan apabila kita ingin tampilan komputer milik kita lebih menarik untuk dilihat.

Nah, buat kamu yang ingin mengganti warna folder di windows 11 kamu tenang saja, saya akan memberitahu bagaimana caranya.

Cara Mengubah Warna Folder Di Windows 11 Menggunakan Rainbow Folder

Untuk dapat mengubah warna folder sebenarnya tidak terlalu sulit. Namun pengaturan untuk mengubah warna folder juga tidak resmi terdapat pada bawaan windows. Melainkan dengan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Ada beberapa perangkat lunak yang dapat membantu mengubah warna folder kamu di windows 11 menjadi berbeda meskipun yang gratis dan ada juga yang berbayar. Nah kali ini saya akan membagikan cara mengubah folder menjadi berwarna di windows 11 menggunakan rainbow folder.

Cara Download dan Install Rainbow Folder

Untuk dapat menggunakan Rainbow Folder, kamu harus men-download terlebih dahulu aplikasi Rainbow Folder di situs resminya Softpedia atau kamu bisa download di link berikut ini :

Nah setelah kamu sudah mendownload rainbow folder, berikut adalah cara untuk pemasangan aplikasi Rainbow Folder.

1. Pertama kamu harus membuka file rainbow folder yang sudah di download dengan klik kanan pada file lalu open.

2. Saat file zip terbuka, pilih file “Rainbow Folder.exe” kamu bisa klik kanan lalu pilih oke atau kamu bisa klik 2x pada file aplikasi.

Artikel Lainnya: 2 Cara Mengatur Tanggal Dan Waktu Di Windows 11

3. Setelah kamu membuka aplikasi Rainbow Folder maka akan muncul jendela baru untuk melakukan proses installasi Rainbow Folder. Klik “Next” untuk melanjutkan.

4. Pada jendela ini kamu akan menentukan lokasi penyimpanan folder file aplikasi Rainbow Folder. Pastiken lokasi penyimpanan sudah benar, setelah itu klik “Next” untuk melanjutkan.

5. Selanjutnya di jendela ini kamu akan memberikan nama untuk Shortcut yang akan dibuat pada layar desktop kamu. Buatlah nama aplikasi sesuai Namanya, kemudian klik “Next” untuk melanjutkan proses penginstallan.

6. Selanjutnya di jendela ini adalah konfirmasi untuk penginstallan aplikasi. Klik “Next” untuk mengonfirmasi aplikasi.

Artikel Lainnya: Cara Mengaktifkan Bluetooth Di Laptop Windows 11

7. Selanjutnya kamu bisa memilih Bahasa apa yang akan digunakan dalam aplikasi Rainbow Folders nantinya. Kamu bisa memilih Bahasa Indonesia atau mau menggunakan Bahasa Inggris, Lalu klik “Next”.

8. Setelah itu proses installasi akan berjalan. Tunggu hingga proses penginstallan selesai, setelah selesai klik button :Finish” untuk menutup jendela penginstallan.

9. Setelah itu aplikasi Rainbow Folders sudah berhasil dipasang.

✔️  Cara Membuat Menu Dropdown di Blog Agar Lebih Efisien

Cara Mengubah Folder Menggunakan Rainbow Folders

Untuk dapat  menggunakan Rainbow Folders kamu harus membuka aplikasi Rainbow Folders terlebih dahulu.

Setelah aplikasi terbuka kamu dapat mengaturnya dengan keterangan sebagai berikut :

  • Hue : Warna yang akan kamu gunakan untuk folder.
  • Saturation : Untuk mengonfigurasi lebih detail dari warna yang kamu pilih.
  • Colorize : Untuk menerapkan warna yang telah kamu pilih.

Kamu juga bisa memilih beberapa folder loh dengan mengklik opsi “Multiple Selection”.

Silahkan cek folder yang sudah kamu beri pengaturan warna, Sekarang folder tersebut sudah memiliki warna yang sama dengan pengaturan yang sudah kamu buat di Rainbow Folder.

Berikut adalah cara untuk mengubah folder menggunakan Rainbow Folders di Windows 11, semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Comment