2 Cara Mengunci File Excel Agar Tidak Bisa Diedit

2 Cara Mengunci File Excel Agar Tidak Bisa Diedit
Cara Mengunci File Excel Agar Tidak Bisa Diedit

Kamu ingin mengunci file di microsoft excel 2007, 2010, 2013, dan microsoft excel 2016? kalau ia kamu sudah berada di artikel yang tepat. Setahu saya ada banyak cara mengunci file di excel tujuanya agar file tersebut tidak bisa diedit atau dicopy orang lain, mengunci file di excel sebenarnya tergolong sangat mudah dilakukan.

Bahkan semua orang bisa melakukanya, karena ya tergolong mudah, tapi.. tidak semua orang pandai melakukanya. Nah bagi kamu yang sedang membutuhkan panduan cara mengunci file di excel pakai password, kamu bisa mengikuti panduannya dari kami dibawah ini.

1. Cara Mengunci File Di Microsoft Excel Agar Tidak Bisa Diedit Menggunakan Fitur Protect Sheet.

Cara pertama agar kita bisa mengunci file di microsoft excel kita bisa memanfaatkan fitur protect sheet yang sudah ada di microsoft excel, disini saya memakai microsoft excel 2007, kalau kamu memakai versi microsoft excel lainnya, kamu tidak perlu bingung karena caranya tetap sama kok.

buka excel 1

1. Cara pertama ini saya akan mengajarkan kamu cara mengunci sheet di excel, untuk caranya pertama kamu buka dan jalankan microsoft excel di komputer atau laptop kamu.

protect sheet

2. Setelah kamu sudah membuka dan menjalankan program microsoft excel selanjutnya kamu klik review dan cari fitur Protect sheet kalau sudah ketemu kamu klik.

masukan password microsoft excel

3. Langkah ketiga di baian menu protect sheet “password to unprotect sheet: kamu masukan password nah untuk Allow all user of this workseet to: kau centang saja lembar kerja yang ingin kamu inginkan, seperti format cells, format rows, inser columns dan hal yang ingin kamu lindungi setelah itu klik ok.

masukan password excel

4. Selanjutnya di bagian confirm password kamu masukan kembali password yang sudah kamu buat tadi, kalau sudah klik saja ok.

Artikel Lainnya: Cara Membuat Nomor Halaman Di Excel
notifikasi excell

5. Nah selanjutnya kamu tinggal uji coba saja apakah sheet yang di excel benar-benar terkunci atau tidak, cara menguji cobanya gampang kamu tinggal arahkan mouse ke lembar kerja excel, kemudian isi columns seperti biasa, kalau muncul tampilan notifikasi warning seperti gambar yang saya upload berarto kamu sudah berhasil mengikuti tutorial ini.

2. Cara Mengunci File Di Microsoft Excel Menggunakan Fitur Protect Workbook

Cara yang kedua kita bisa mengunci file microsoft excel menggunakan fitur protect workbook, fitur ini beda dengan cara yang diatas, cuman letak fiturnya sama. Nah untuk caranya sebagai berikut.

protect workbook

1. Langkah pertama untuk mengunci lembar kerja di microsoft excel kita bisa pakai fitur protect workbook caranya hampir mirip dengan yang pertama, kamu tinggal buka review kemudian klik fitur Protect workbook.

masukan password workbook

2. Selanjutnya di menu protect struckture and windows? kamu centang structure di bagian protect workbook for kemudian di bagian password isi password yang kamu inginkan lalu klik ok.

masukan password workbook 1

3. Nah dibagian confirm password kamu masukan kembali password yang sudah kamu buat tadi lalu klik saja ok.

Akhir Kata

Dari kedua tutorial cara mengunci file excel yang saya ajarkan diatas, kamu bisa menggunakan kedua fitur tersebut secara bersamaan, karena cara yang pertama digunakan untuk mengunci sheets excel, dan yang kedua untuk mengunci buku kerja, atau workbook.

Nah sekian dan terimakasih semoga dengan adanya artikel ini kamu dapat terbantu ya sobat kompi.

Arif Wibowo Hidayatullah
" Merangkai Sebuah Kata Itu Sangatlah Mudah, Tapi.. Merangkai Sebuah Mimpi Itu Sangatlah Sulit..." (Arif Wibowo)