Cara Mengunci Folder Di Flashdisk

Data atau file yang kita simpan di flashdisk merupakan suatu hal yang sangat penting apalagi kamu sering menyimpan suatu file penting di dalam flashdisk, Maka dari itu kita diwajibkan mengunci folder yang ada di flashdisk agar file penting tersebut tidak dapat dibuka oleh orang lain sehingga nantinya file dan folder yang ada di flashdisk hanya dapat dibuka oleh pemilik flashdisk saja.

Dengan mengunci folder dan file di flashdisk data kamu akan aman sehingga orang lain tidak akan dapat membuka, mengcopy dan mendelete file dan folder yang sudah kamu simpan di dalam flashdisk.

Cara Mengunci Folder Di Flashdisk Pakai Bitlocker

Lalu bagaimana cara mengunci folder di flashdisk? agar kita dapat mengunci folder di flashdisk kamu dapat mengunci folder yang ada di flashdisk menggunakan password melalui sebuah fitur aplikasi bawaan yang ada di windows yaitu bitlocker.

usb folder

1. Langkah pertama agar kita dapat mengunci folder yang ada di flashdisk, pertama-tama kamu masuk ke penyimpanan folder yang ada di flashdisk kamu. Disini kamu bisa lihat bahwa folder yang ada di flashdisk saya tidak dikunci sehingga orang lain dapat mendelete, mengcopy file yang ada.

manage bitlocker

2. Langkah kedua disini kita akan mengunci folder yang ada di flashdisk dengan memanfaatkan fitur bawaan yang ada di windows yaitu manage Bitlocker cara menjalankan program bitlocker nya sangat gampang kamu tinggal masuk ke fitur search yang ada di windows 10 kemudian tulis kata kunci Bitlocker nantinya kamu akan melihat input kata kunci yang keluar, kalau sudah ketemu Manage bitlocker klik open.

flahdisk turn bitlocker

3. Langkah ketiga setelah kamu sudah berada di dalam menu tampilan bitlocker di bagian Removable data drives Bitlocker To Go kamu akan melihat beberapa partisi komputer atau laptop kamu, karena kita ingin mengunci folder dan file yang ada di flashdisk kamu tinggal cari nama partisi flashdisk kamu contoh punya saya ESD-USB (:F) kemudian klik partisi usb setelah itu kamu klik Turn On Bitlocker untuk mengaktifkan fitur bitlocker ke USB Flashdisk. Dan tunggu sampai proses encryption selesai.

 Artikel Lainnya: Cara Mengaktifkan Bitlocker Di Windows 10 
masukan password bitlocker flashdisk

4. Langkah selanjutnya di bagian Choose how you want to unlock this drive? kamu pilih opsi Use a password to unlock the drive kemudian masukan password bitlocker di bagian enter your password, password nya harus sama ya yang dibagian reenter your password kemudian klik next.

backup data password bitlocker

5. Kemudian di bagian how do you want to back up your recovery key? kamu diminta untuk membackup password bitlocker kamu, tujuanya kalau kamu lupa kamu bisa mencari data password tersebut, di bagian ini kamu akan melihat 3 opsi yaitu Save to your microsoft account, save to a file dan print the recovery key, di sini saya pilih save to a file saja kemudian klik

folder penyimpanan file key bitlocker

6. Nah di bagian Save Bitlocker Recovery key as kamu diminta untuk menyimpan password bitlocker yang sudah kamu buat tadi, tujuanya agar kalau kamu lupa kamu bisa menggunakan recovery key tersebut untuk membuka kunci folder, di bagian ini kamu simpan recovery key di folder yang aman kemudian klik save dan kalau sudah kamu simpan klik next.

drive to encrypt

7. Selanjutnya di menu choose how much of your drive to encrypt kamu biarkan saja default kemudian klik next.

which encryption mode to use

8. Kemudian di bagian choose whick encryption mode to use biarkan saja default, selanjutnya klik next.

start encrypting flashdisk

9. Nah disini di bagian are you ready to encrypt this drive? kamu klik star encrypting untuk memulai enkripsi bitlocker ke flashdisk dan tunggu sampai proses enkripsi selesai. Dan setelah proses enkripsi selesai selanjutnya kamu restart pc atau komputer kamu.

Artikel Lainnya: Cara Membuat Background Transparan Di Picsart Photo Studio
flashdisk sudah terkunci

10. Nah setelah kamu sudah restart komputer atau laptop kamu nantinya partisi flashdisk dan seluruh folder dan file yang ada di flashdisk akan terkunci, tanda icon flashdisk yang terkunci biasanya bermangar Gembok emas dan kalau kamu klik nanti kamu disuruh memasukan password untuk membuka kunci bitlocker.

Nah bagaimana sangat mudah bukan cara mengunci folder di flashdisk menggunakan bitlocker? semoga dengan adanya artikel ini kami dapat membantu kamu, dan semoga artikel ini dapat menambah wawasan seluruh pembaca blog kami.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA