6 Cara Meningkatkan CPC/BPK Google Adsense Untuk Blogger Pemula

Di dalam dunia blogger banyak orang-orang bertanya bagaimana cara meningkatkan CPC/BPK Google Adsense? CPC adalah singkatan dari (Cost Per Click) atau BPK (Biaya per klik) nah disinilah banyak para pemula dalam dunia blogger mengeluh karena cpc/bpk nya rendah.

Terkadang juga CPC menjadi turun drastis antara sekitar 100/200 perak rupiah. Tentunya hal ini membuat kita berpikir kok cpc/bpk nya kecil banget? Apa tidak bisa di tingkatkan lagi? Dan bagaimana pula cara meningkatkan CPC/BPK Google Adsense? Untuk menaikan cpc/bpk google adsense untuk blog sangat lah mudah dan kamu tinggal mengikuti saja tips di bawah ini.

Cara Meningkatkan CPC/BPK Google Adsense (Update)

Dalam cara meningkatkan cpc/bpk google adsense saya menerapkan beberapa metode yang cukup jitu dan tentunya sudah bisa dilihat dampaknya. Kemarin lalu cpc saya 100/200 perak saja dan sekarang sudah bisa mencapai 700/1500 tergantung banyaknya visitor blog. Setelah saya experimen, semakin banyak visitor yang mengunjungi blog kita ternyata semakin naik juga cpc google adsense saya.

Foto diatas merupakan hasil dari kinerja adsense saya hari ini. Saya melakukan experimen ini lebih dari 1 minggu yang lalu dan hasilnya lumayan bagus. Apalagi kalau blog kita lagi sepi, pastinya berharap penghasilan bisa di atas 20 ribuan atau 50 ribuan bukan? Mau Tau bagaimana cara meningkatkan CPC/BPK Google Adsense dari pengalaman saya?

1. Riset Keyword Berkata Kunci Rendah Tapi High CPC

Kata kunci, dan ide konten itu sangatlah berpengaruh terhadap cpc yang kita dapatkan dari iklan google adsense, ambil contoh saja kata kunci diatas yaitu kata kunci “Mgid” memiliki search volume 5,400 dan cpc sebesar $0,55 dengan kata kunci tersebut sudah jelas kalau keyword ini sangat bagus di ambil, untuk meningkatkan cpc adsense kita, terbukti cpc adsense kami meningkat pesat setelah melakukan teknik ini. Bagi kamu yang ingin melakukan riset kata kunci, kamu bisa memakai keyword surfer.

2. Bermain Di Niche Yang Potensial, Dan Memiliki Nilai CPC Tinggi

Niche atau tema suatu blog bisa dikatakan blog yang membahas suatu kategori tertentu… misal kamu mempunyai blog membahas seputar teknologi, web niche teknologi rata-rata memiliki cpc sebesar 1300-3500 cpc per klik iklannya, namun tidak hanya niche teknologi saya yang memiliki cpc tinggi niche seperti, bisnis, membahas crypto, micro niche juga memiliki jumlah cpc yang tinggi.

Namun ada beberapa niche yang memiliki jumlah cpc dibawah rata-rata seperti niche pendidikan. Namun untuk niche blog selain yang saya sebutkan tadi kamu jangan khawatir kamu juga bisa menaikan jumlah cpc google adsense kamu dengan mudah.

Cara dan solusi mengatasinya hanya satu, kamu bisa menambahkan category tertentu yang memiliki nilai cpc tinggi, kalau untuk blogger yang mementingkan pendapatan saya pasti mengambil jalan ini, karena percuma klik sampai 300-500 klik perhari tapi cpc nya 300-400 rupiah perhari, ambil aja contoh seperti ini, saya memiliki blog bertema tekno perhari hanya tembus 185 klik dan cpc saya normal 1700 perhari, dan ada teman saya niche pendidikan visitor nya lebih banyak dari saya sekitar 22k perhari dan jumlahnya kliknya tembus 327 klik perhari, tapi nilai cpc yang dia dapatkan hanya 800 perak.

Mari kita hitung berapa penghasilan saya dan teman saya yang memiliki banyak visitor tapi nilai cpc nya rendah.

Saya: 185×1700 = Rp. 314.500

Teman: 327×800 = Rp. 261.600

Bisa kamu bandingkan berapa penghasilan kami berdua dari jumlah perhitungkan diatas, namun kita tidak bisa menetapkan nilai cpc di angka 800 – 1700 itu, karena setahu saya cpc bisa naik dan turun sesuai jumlah klik yang didapatkan, semakin banyak jumlah klik biasanya nilai cpc akan turun, namun berbeda untuk niche tekno, paling jatuhnya hanya 0,50% saja. Perlu bukti? lihat jumlah cpc saya.

3. Optimasi Tata Letak Iklan (Menemapatkan Posisi Iklan Yang Strategis)

Tata letak iklan juga dapat memengaruhi penghasilan adsense dan juga cpc kita. Untuk penempatan posisi iklan yang terbaik, kalian bisa meletakkan nya di atas artikel, bawah judul, dan di paragraf artikel kalau kamu binggung bisa mengikuti tata letak iklan di blog kami. Untuk ukuran iklan sebaiknya menggunakan ukuran 300×250 (sidebar) dan di dalam artikel (640×300), untuk kamu yang memakai AMP kamu bisa menaruh iklan di atas judul, dibawah gambar thumbnail, di paragraf 2 dan 3, di tengah paragraf dan akhir paragraf atau penutup konten.

✔️  Situs Penyedia Layanan Hosting Unlimited Termurah

4. Jangan Terlalu Banyak Iklan Dan Aktifkan Iklan Otomatis

iklan otomatis sangat bagus diaktifkan, dengan menggunakan iklan otomatis iklan adsense di blog kamu akan mendapatkan banyak klik, saya sebelumnya melakukan riset sebelum dan sesudah menggunakan iklan otomatis, hasilnya jumlah klik iklan semakin meningkat, tapi kamu jangan terlalu kebanyakan juga memasang iklan manual, saya menyarankan kalau kamu pakai iklan manual sebaiknya pasang 2/3 unit iklan manual saja, dan sisahnya pakai iklan otomatis.

5. Perbanyak Iklan Responsif Dan Pasang Iklan Matched Konten (Iklan Konten Sesuai)

Iklan responsif sangat bagus untuk menaikan cpc/bpk iklan google adsense, mengapa saya berbicara begitu? anda bisa perhatikan blog ini, kami kebanyakan menggunakan iklan responsif dan untuk paling bawah artikel hanya kami pasang iklan Matched konten (iklan sesuai) hal ini sengaja agar RKT kami tidak terlalu rendah, dan setelah menerapkan iklan responsif cpc blog ini mengalami kenaikan drastis dan mampu menghasilkan 90 – 140 Ribu perharinya.

Untuk laporan dan mengapa kami merekomendasikan iklan responsif kepada kamu, lihat jumlah klik dan pendapatan iklan responsif yang kami pasand di blog kami diatas, sedangkan untuk iklan matched konten, atau jenis iklan konten sesui, kami pakai hanya untuk menambah page halaman iklan saja.

6. Menggunakan Sticky Ads (Floating ADS)

Sticky ads atau yang dikenal iklan mengambang sangat mampu menaikan jumlah klik iklan, serta mampu menaikan cpc iklan di blog kita, kenapa saya bilang begitu? ini dikarenakan untuk memasang iklan sticky ads kita harus menggunakan jenis iklan responsif tidak hanya itu saja, sewaktu visitor berkunjung di blog kamu, otomatis iklan responsif akan mengikuti arah drag menu sesuai tingkah laku pembaca, hal inilah yang membuat iklan responsif mampu menaikan jumlah klik iklan + mampu menaikan jumlah cpc adsense kamu, lalu apakah ada bukti spesifik nya tentang tulisan kami ini? kamu perlu bukti, berikut bukti cpc dari yang kami kelola yaitu kompirasi.

CPC Adsense

Kalau kamu menggunakan amp di wordpress, dan bingung bagaimana cara pasang iklan sticky ads, kamu bisa membaca artikel kami yang baru kami publish, di artikel tersebut kami ajarkan bagaimana cara memasang iklan sticky ads di amp wordpress.

Artikel Terkait: Cara Pasang Iklan Sticky Ads Di AMP WordPress Terbaru

Kesimpulan

Apakah cara yang saya anjurkan diatas 100% berhasil? ya bisa berhasil, kamu hanya tinggal rutin mencari ide kata kunci, high cpc, dan menerapkan tips yang saya berikan diatas, pelan-pelan cpc adsense kamu akan meningkat dengan sendirinya.

Nah, itulah cara meningkatkan CPC/BPK Google Adsense. Apabila kalian sudah menerapkan tips ini, jangan lupa ya berkunjung kembali ke blog kami lagi, dan komentar di bawah apabila tips ini berhasil untuk blog kamu.

11 thoughts on “6 Cara Meningkatkan CPC/BPK Google Adsense Untuk Blogger Pemula”

  1. rupanya bukan hanya saya aja yang memeliki cpc lowbet , ada juga para komentar yang menyatakan demikian, sayapun sama kadang mentok di Rp 100, entah apa yang harus saya lakukan sudah di utak atik pun masih tetap

    Reply
  2. Nanya nih, kalo untuk cpc film atau drama itu nilai cpcnya emang kecil atau gimana? Soalnya saya punya blog yang bahas film sama anime. Cpc nya mentok di 300 perak doang.

    Reply

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA