2 Cara Menyembunyikan File Dan Folder Di Linux

Mau tahu cara menyembunyikan file dan folder di linux? kalau kamu belum tahu cara menyembunyikan file atau folder di sistem operasi linux yuk ikuti tutorial yang akan kami bahas.

Saat ini mungkin kamu sudah pernah menyembunyikan file atau folder di sistem operasi windows, tapi bagaimana dengan linux? apakah kamu pernah menyembunyikan seluruh file kamu di linux pastinya belum pernah kan? Mungkin saat ini kamu berpikir kayaknya di sistem operasi linux kita tidak dapat menyembunyikan file deh, kalau kamu memiliki statment dan pemikiran seperti ini kamu salah besar sob.

Di sistem operasi linux kita juga dapat meng hidden file atau folder dengan mudah, jadi fungsi hidden file tidak hanya dapat di gunakan di windows saja, di linux juga kita bisa kok menyembunyikan file.

Cara Menyembunyikan File Dan Folder Di Linux

Langkah-langkah cara menyembunyikan file dan folder di sistem operasi linux dengan mudah.

1. Cara Menyembunyikan File & Folder Di Linux Dengan Menambahkan Dot Di Depan Nama File

Tips yang pertama kita dapat menyembunyikan file atau folder apapun di linux dengan menambahkan dot di depan nama file.. pastinya kamu bingungkan? maksud dari menambahkan dot di depan nama file linux kita.

Sampelnya seperti ini .kompirasi ambil contoh saja itu nama folder atau file saya… saya tinggal rename dan tambahkan . (dot) di depan nama file otomatis file tersebut akan terhiden tidak percaya? coba lihat ini.

Baca Juga: Cara Menggunakan SQLMap Untuk Pemula Di Linux

1. Langkah pertama kamu buka folder penyimpanan kamu, kamu cari file atau folder yang ingin kamu sembunyikan di sistem operasi linux, klik folder lalu klik kanan di menu tampilan pop window pilih rename.

2.Lalu di bagian rename folder rubah nama folder, contoh .Videos nantinya kamu akan menemukan notifikasi “Folder with at the beginning of their name are hidden lalu klik rename dan folder atau file akan disembunyikan.

2. Cara Menyembunyikan File Dan Folder Di Linux Melalui Terminal

Cara yang kedua kita dapat menyembunyikan file dan folder di linux melalui terminal

1. Pertama kamu buka terminal linux, kamu bisa menekan CTRL + ALT + T kemudian tekan enter.

Perintah ls

2. Setelah kamu sudah berada di terminal linux, kamu ketikan perintah ls dengan mengunakan perintah ini kita dapat melihat directory pada desktop linux kita nantinya kamu akan menemukan daftar folder atau file pada desktop linux.

Baca Juga: 2 Cara Membuat User Baru Di Linux Ubuntu

3. Disini saya akan mencoba menyembunyikan folder Videoku jadi saya ketikan perintah ” mv (nama folder saya) ” kemudian rename file menggunakan ekstension .namafile contohnya “mv Videoku .Videoku” kemudian tekan enter nah nantinya folder kamu akan di hidden.

Lalu Bagaimana Caranya Melihat File Yang Sudah Di Sembunyikan Di Linux?

Untuk menampilkan file yang sudah kita hidden atau file yang sudah kita sembunyikan kamu bisa menuliskan perintah di terminal ” ls -la ” nantinya seluruh file dan folder yang kamu sembunyikan akan ditampilkan.

✔️  Terbaru Wallpaper Default Ubuntu 20.04 Terungkap

Mas apakah ada cara lain untuk menampilan file yang di sembunyikan di sistem operasi linux? ada kita dapat menampilkan file tersembunyi di linux melalui menu files.

Baca Juga: Cara Mengubah Resolusi Layar Monitor Di Ubuntu

Kamu tinggal masuk ke menu files di linux, disini saya memakai ubuntu kemudian kamu kelik tanda icon garis tiga (balok tiga) kemudian centang show hidden files.

Penutup

Nah itu dia cara mudah menyembunyikan file dan folder di linux, semoga dengan adanya artikel ini kamu dapat terbantu dan selamat mencoba tutorial yang saya berikan.

Leave a Comment