5 Cara Merawat Komputer Agar Tahan Lama Dan Tidak Mudah Rusak

5 Cara Merawat Komputer Agar Tahan Lama Dan Tidak Mudah Rusak
Cara Merawat Komputer

Cara merawat komputer sebenarnya memang tidak sulit jika Anda bisa melakukannya dengan rutin. Hanya saja banyak pengguna jarang menerapkannya sehingga perangkat tersebut mudah rusak sekalipun tidak sering digunakan. Kini lakukanlah beberapa tips perawatan agar tetap tahan lama.

5 Cara Merawat Komputer agar Tahan Lama dan Tidak Mudah Rusak

Komputer dapat dikatakan sebagai perangkat elektronik yang istimewa dan unik. Pasalnya, secara sistem memang cukup berbeda jika dibandingkan dengan lainnya. Hal ini membuat cara perawatannya memiliki beberapa perbedaan dan perlu Anda perhatikan.

1. Menggunakan Tegangan Listrik yang Stabil

Sebagai perangkat elektronik, komputer tidak bisa hidup tanpa arus listrik. Namun di dalamnya, ada beberapa komponen yang berhubungan dengan data digital. Hal ini membuat penggunaannya sangat bergantung terhadap tegangan listrik. Anda pun harus membuatnya dalam kondisi stabil.


Menggunakan tegangan listrik yang stabil menjadi salah satu cara untuk merawat komputer. Biasanya banyak orang akan menggunakan stabilizer sehingga ketika daya sedang turun, maka perangkat tersebut tidak mengalami goncangan. Anda bisa memilih UPS karena dianggap lebih safety.

2. Mematikan Komputer dengan Benar

Cara merawat komputer selanjutnya ialah jangan menyepelekan hal-hal yang sederhana namun memiliki pengaruh besar terhadap sistemnya. Misalnya ketika Anda mematikannya dengan paksa tanpa menggunakan tombol on off dengan benar. Kebiasaan seperti ini membuatnya tidak awet.


Kebiasaan lainnya adalah ketika Anda mematikan komputer dengan langsung memencet tombol on off pada CPU. Cara seperti ini akan membuat sistem merasa terguncang dan mati dalam keadaan singkat. Jangan menyepelekan hal ini karena hanya menimbulkan perangkat mudah rusak kedepannya.

3. Memaksimalkan Penggunaan Pendingin Komputer

Perangkat elektronik apapun ketika di dalamnya dipasangi dengan komponen berupa Integrated Circuit (IC) maka akan menggunakan sistem pendingin di dalamnya. Lain halnya pada komputer yang belum pasti terpasang secara otomatis. Hal ini membuat Anda harus lebih peka lagi.


Jadi, penggunaan pendingin komputer bisa menjadi salah satu cara untuk merawat komputer. Dalam bagian CPU sendiri sudah terpasang bagian yang berfungsi menurunkan suhu perangkat pada saat sedang bekerja. Gunakanlah kipas tersebut agar temperatur selama pemakaian tidak cepat naik.

4. Menghindarkan Komputer dari Segala Hal yang Bisa Merusaknya

Anda harus menghindarkan komputer dari segala hal yang bisa merusaknya. Kemungkinan buruk tersebut bisa saja mengundang kerusakan atau bahkan memperparahnya. Misalnya, pengguna dapat meletakkannya pada tempat suitable, artinya tidak terkena matahari secara langsung dan banyak debu.


Selanjutnya, apabila Anda masih menggunakan monitor tabung maka jangan menempatkan speaker secara berdekatan karena hanya akan mengganggu medan magnet diantaranya. Usahakan juga agar tidak meletakkan minuman atau cairan lainnya karena beresiko tumpah

5. Menggunakan Perangkat Lunak secara Original

Tidak hanya memperhatikan cara perawatan secara eksternal saja, Anda juga perlu mengutamakan bagaimana sisi internalnya. Hal ini erat kaitannya dengan penggunaan perangkat lunak original. Jangan lupa juga untuk melindung sistem menggunakan antivirus.


Antivirus tersebut bisa bekerja dengan maksimal apabila Anda rutin memperbaruinya. Hal ini menjadi cara paling efektif agar komputer terhindar dari virus. Pastikan jika semua aplikasi yang diunduh secara online sudah terseleksi terlebih dahulu agar tetap aman.

Demikian kelima cara merawat komputer agar tahan lama dan tidak mudah rusak. Sebagai perangkat yang sudah sering digunakan oleh banyak orang, maka perawatannya pun perlu diperhatikan. Hal ini penting agar mengkondisikan baik bagian eksternal dan internal tetap berfungsi secara maksimal.

Author/ Penulis: cekiphone.com

Arif Wibowo Hidayatullah
" Merangkai Sebuah Kata Itu Sangatlah Mudah, Tapi.. Merangkai Sebuah Mimpi Itu Sangatlah Sulit..." (Arif Wibowo)