Cara Pasang Google Analytics Di AMP WordPress

Google Analytic sangat berguna bagi seorang blogger karena dengan menggunakan google analytic kita dapat melacak seluruh visitor yang masuk ke blog kita, dari berapa lama visitor membaca sebuah artikel, bounce rate, jumlah visitor, dan bahkan berapa banyak visitor membaca artikel yang sudah kita publish.

Bagi pengguna AMP (Accelerated Mobile Pages) di wordpress biasanya akan mengalami kesulitan sewaktu ingin pasang google analytic di halaman amp mereka, ini dikarenakan google analytic untuk halaman non amp dan amp itu berbeda.

Cara Pasang Google Analytics Di Halaman AMP WordPress

Nah maka dari itu kita harus melakukan settingan google analytic di amp wordpress dengan benar, mungkin sebagian orang mengalami hal seperti ini, sudah pasang script google analytic tapi pembaca artikel untuk halaman amp kok tidak terdeteksi oleh google analytic, yang terbaca hanya untuk halaman non amp saja, itu sebenarnya kamu salah setting google analytic untuk halaman amp, lalu bagaimana cara pasang google analytic di halaman AMP WordPress?

1. Install Plugin AMP

Langkah pertama yang wajib dilakukan kamu harus mempunyai sebuah plugin amp, bisa plugin amp for wp, amp Oleh AMP Project Contributors atau plugin amp lainnya, disini saya memakai plugin buatan amp project contributors.

2. Copy Kode Skrip Google Analytic Untuk AMP

Langkah kedua kamu copy kode skrip google analytic untuk halaman amp yang saya berikan di bawah ini.

{ "vars": { "account": "Masukan Tracking ID Id Analaytic kamu" }, "triggers": { "trackPageview": { "on": "visible", "request": "pageview" } } }

Di kode skrip analytic yang saya berikan tsb, kamu masukan UA- Code analytic kamu di bagian teks Masukan Kode Id Analaytic kamu kalau kamu bingung cara mencarinya bisa mengikuti paduannya di bawah ini.

Pertama-tama masuk he halaman google analytics kemudian masuk ke icon gerigi, setelah itu cari tracking info dan kemudian tracking code nah nantinya kamu akan melihat tracking id, copy id analytic kamu kemudian masukan ke skrip yang sudah saya berikan di atas.

Artikel Lainnya: Cara Pasang Iklan Sticky Ads Di AMP WordPress Terbaru

3. AMP Settings

Selanjutnya masuk ke settings plugin amp, kemudian drag kebawah sampai menemukan fitur analytics di bagian Analytics Configuration #1 di menu type masukan googleanalytics dan kemudian di bagian JSON Configuration masukan skrip yang sudah saya berikan tadi setelah itu klik save.

Kesimpulan

Setelah kamu sudah melakukan konfigurasi google analytic di plugin amp coba buka google analytics kamu kemudian buka halaman artikel amp kamu secara bersamaan kalau muncul di google analytics contohnya seperti ini: google.com/category/post-kamu/amp/ atau juga bisa ?amp (url akhir amp) sesuai Paired Url Structure amp kamu.

✔️  Cara Setting Autoptimize Agar Mempercepat Loading Blog

DAFTAR ISI :

Leave a Comment