Cara Setting CDN Statically Di WordPress

Review CDN Statically – Optimasi kecepatan wordress menjadi sangat penting terutama di bagian gambar atau images yang kita upload. Dengan banyaknya gambar yang ada di wordpress terkadang membuat blog wordpress menjadi sangat lambat, sehingga membuat blog terasa berat sewaktu dibuka oleh visitor atau pengujung blog.

Untuk mengatasi situs wordpress yang lambat, kita diharuskan melakukan optimasi kecepatan wordpress terutama di bagian gambar menggunakan sebuah CDN Gambar, kemarin lalu saya pernah membahas CDN Imagekit berhubung imagekit memiliki batasan gambar yang masuk sebesar 10GB saja maka dari itu saya mulai beralih menggunakan CDN Statically.

Mungkin sebagian blogger sudah mengenal CDN Statically dan ada juga yang belum mengerti apa itu CDN statically? Statically adalah sebuah layanan content delivery network gratis yang dapat mengoptimasi seluruh gambar yang ada di blog, termasuk wordpress, blog dan platform cms lainnya.

Apa Alasan Memakai CDN Statically Dari Pada CDN Lainnya?

Dari sekian banyak plugin cdn gambar lainnya saya paling sret dengan CDN Statically awalnya saya memakai CDN Imagekit, dan CDN Photon dari jetpack, kedua cdn ini saya akui bagus untuk mengoptimalkan seluruh gambar di blog saya.

Tapi ada kekurangannya untuk imagekit cdn ini membatasi ukuran file lebih dari 10GB kamu wajib bayar, dan untuk photon unlimited namun terlalu banyak memakan penyimpanan atau kapasitas server web saya, ya jadinnya saya beralih menggunakan CDN Statically karena ringan dan tidak memakan penyimpanan yang cukup besar di server saya.

Artikel Lainnya: Cara Pasang Iklan Sticky Ads Di AMP WordPress Terbaru

Hal lain yang paling saya sukai dari Cdn statically sudah gratis, tidak memiliki batasan, dan mampu mengkompress seluruh folder wp-content, dari plugin,css,js, dan juga gambar yang kita upload di server web kita.

Cara Setting CDN Statically Di WordPress Untuk Mengoptimasi Kecepatan Blog

Setelah kamu mengetahui alasan saya menggunakan cdn statically pasti kamu juga ingin mencoba cdn staticaly bukan di blog wordpress kamu? kalau ia pastinya kamu membutuhkan panduan cara memasang cdn statically, kalau benar demikian izinkan kami memberikan panduan cara setting cdn statically di blog wordpress yang saat ini kamu kelola.

1. Pasang Plugin CDN Statically

Pasang Plugin CDN Statically
Pasang Plugin CDN Statically

Langkah pertama untuk memasang dan mengkonfigurasi cdn statically.io di wordpress pertama-tama kamu download dan pasang plugin statically.io untuk bisa mendapatkan plugin statically.io kamu bisa mendownloadnnya disini: Download Plugin Statically.io kalau sudah kamu download kemudian install plugin cdn statically di wordpress kamu dan aktifkan cdn.

2. Dapatkan Api Key CDN Statically.io

Api Key CDN Statically.io
Api Key CDN Statically.io

Langkah kedua kamu masuk ke link Generate Api Key CDN Statically.io kemudian di bagian generate api key isi email, domain kamu untuk bagian what is your role for this website dan category biarkan saja default kemudian klik generate api key.

3. Copy Api CDN Statically.io

Api CDN Statically.io
Api CDN Statically.io

Setelah kamu sudah mendapatkan api key cdn statically.io kamu copy kode api tersebut dan kemudian masuk ke settings plugin cdn statically.

Artikel Lainnya: Cara Setting Plugin Wp Fastest Cache Terbaru & Fast Loading

4. Konfigurasi CDN Statically

Konfigurasi CDN Statically
Konfigurasi CDN Statically

Langkah keempat kita konfigurasi cdn statically, kamu masukan api key yang kamu dapatkan tadi dan masukan di kolom menu api key, dan untuk zone url masukan sesuai alamat url blog kamu, untuk bagian images, css, dan javascript centang ketiga fitur tersebut kemudian klik simpan perubahan.

✔️  7 Hosting Terbaik dan Termurah di Indonesia

Cara Periksa CDN Statically.io Apakah Sudah Terpasang Dengan Benar

Sekarang kita pastikan apakah cdn statically sudah terpasang di blog wordpress kita. Caranya cukup gampang kamu bisa inspect elemen dengan menekan tombol ctrl+u kemudian check resource cdn statically.

Periksa CDN Statically.io
Periksa CDN Statically.io

Kalau kamu menemukan awalan situs https://cdn.statically.io/ berarti cdn statically sudah berhasil kamu pasang di wordpress kamu, setelah berhasil memasang cdn statically sekarang uji coba kecepatan blog kamu di gmetrix atau di google page speed test.

Leave a Comment