Ketahui Definisi Cartridge Printer dan 3 Harganya Terbaru

Kompirasi.com – Printer menjadi alat atau unit yang begitu dibutuhkan oleh berbagai kalangan saat ini, berikut pula cartridge printer yang terpasang di dalamnya.

Bukan hanya di wilayah perkantoran, namun juga kebutuhan pribadi, seperti tugas sekolah, tugas kuliah, dan keperluan mencetak dokumen-dokumen lain.

Baik printer maupun cartridge-nya, produksi dari Canon memang dikenal bernilai dan berkualitas baik serta tahan lama dan awet. Berikut ini akan dibahas mengenai jenis-jenis cartridge dan rekomendasi cartridge terbaik dari Canon.

Pengertian Cartridge Printer

Pengertian Cartridge Printer

Cartridge atau dalam penulisan bahasa Indonesia disebut “katrid” ialah alat pencetak untuk gambar, plat, spanduk, dan hal-hal lain terkait fungsi mencetak.

Pada zaman ini, sudah banyak sekali variasi dan tipe printer, sehingga cartridge yang tersedia pun mulai ikut beragam. Utamanya, cartridge dipakai untuk kebutuhan mencetak. Secara umum, printer sendiri sudah digunakan untuk keperluan bidang yang bermacam-macam.

Karena itu, Anda juga perlu untuk memahami alat pencetak yang disandingkan dengan printer, yakni cartridge-nya.

Unit ini kerap sudah terpasang pada printer yang memang kompatibel dengan mekanisme cetaknya. Anda juga perlu untuk memperbaharui secara rutin isi cartridge setiap kali isinya sudah habis, baik itu untuk tinta hitam atau berwarna.

Ketika cartridge bermasalah bahkan sampai rusak, biaya yang harus dikeluarkan untuk menggantinya dikatakan jauh lebih tinggi, khususnya bagi Anda yang biasa memakai printer untuk kebutuhan berskala besar. Karena itu, pemilihan dan pemakaian cartridge printer harga terjangkau tetap menjadi rekomendasi.

Jenis Kartridge Printer

Jenis Kartridge Printer

Katrid sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, yang terdiri dari empat kategori, yakni berdasarkan pembuatannya, penggunaannya, manufakturnya, dan pembaruannya. Seluruh jenis-jenis cartridge printer yang dimaksud dapat disimak pada penjelasan berikut ini:

1. Cartridge Tinta Asli

Berdasarkan pembuatannya, cartridge ini merupakan cartridge dengan logo atau merk perusahaan yang tertempel atau sengaja dilekatkan pada unitnya. Jenis ini umumnya diproduksi oleh produsen printer-nya secara langsung dan dibanderol dengan harga tinggi

2. Cartridge Termanufaktur Ulang

Cartridge printer berikutnya adalah cartridge yang diproduksi atau dibuat kembali dari sebuah cartridge yang sudah didaur ulang atau diperbaharui. Jenis ini umumnya dipatok dengan harga yang lebih ekonomis dibandingkan jenis cartridge lain.

3. Cartridge Tinta Kompatibel

Berikutnya adalah cartridge printer tinta kompatibel, di mana pembuatannya dirancang agar kompatibel dengan seluruh model atau tipe printer yang beredar di pasaran.

Baca Juga: 7 Harga Printer Epson Terbaru dan Terbaik

Produksi cartridge printer ini adalah dari vendor pihak ke tiga, dan banyak masyarakat yang menyukai untuk digunakan dalam bisnis berskala besar karena efektivitas dalam biaya.

4. Cartridge Tinta/Hitam atau Warna/RGB

Berdasarkan pemakaiannya, terdapat cartridge tinta (untuk hasil cetak hitam putih) dan warna (untuk hasil cetak penuh warna). Cartridge ini umum dipakai pada pencetak atau printer tipe inkjet.

5. Cartridge Toner

Selanjutnya adalah cartridge toner, di mana umum dipakai pada printer atau pencetak tipe laser.

6. Cartridge OEM (Original)

Berdasarkan manufakturnya, cartridge pertama adalah cartridge original atau OEM cartridge, di mana jenis ini dikeluarkan serta didistribusikan langsung oleh manufaktur printer tersebut. Ciri khasnya terletak pada segel resmi manufaktur yang melekat pada cartridge printer.

Kisaran harga untuk cartridge ini cukup stabil, di mana umumnya berkisar sebesar 0,25% atau 2% dari harga mesin printer terbaru. Dilihat dari kualitasnya, cartridge OEM atau original ini juga bisa dikatakan cukup stabil saat mengeluarkan dokumen cetakan.

7. Compatible New Cartridge

Berikutnya adalah cartridge hasil produksi manufaktur pihak ke tiga, di mana sudah terlepas dari industri seperti cartridge OEM. Dilihat dari fisiknya, cartridge ini tidak banyak berbeda dengan cartridge jenis lain.

Namun, bila menilik fitur-fitur serta fungsinya, terdapat sedikit perbedaan dengan cartridge OEM (original) walaupun kesamaannya juga banyak. Salah satu perbedaannya adalah penggunaan smart chip pada compatible new cartridge ini.

8. Remanufactured Cartridge

Selanjutnya adalah cartridge printer berdasarkan pembaruan, yaitu jenis remanufactured yang berasal dari proses daur ulang cartridge OEM dengan beberapa penukaran pada sejumlah sparepart.

✔️  Review Lengkap Laptop Asus ZenBook 14X OLED Space Edition

Pihak manufaktur biasanya mendukung program recycle untuk produksi cartridge ini. Sumber utamanya adalah protokol Kyoto perihal isu pemanasan global, di mana cartridge dapat dikembalikan atau dibawa lagi setelah yang lama sudah selesai dipakai.

Cartridge baru akan diberi harga tertentu, lalu pelanggan akan mendapatkan gantinya dengan tambahan biaya yang cenderung terjangkau.

9. Recondition Cartridge

Berikutnya adalah cartridge printer jenis recondition, yang mana diproduksi secara recycle dari cartridge OEM namun tidak ada penukaran pada sparepart-nya.

Meski demikian, terdapat tahap cleaning yang dilakukan agar performa sparepart original yang sudah dipakai pada penggunaan sebelumnya.

Berbicara tentang kualitasnya, recondition cartridge bernilai satu tingkat lebih baik daripada cartridge sistem refill yang biasa dipakai oleh masyarakat.

10. Refill Cartridge

Cartridge refill yang dimaksud adalah jenis ini, di mana diproduksi dari daur ulang cartridge OEM dengan tidak adanya penukaran sparepart juga tidak dilakukan tahap pembersihan. Yang dilakukan hanyalah mengisi ulang bahan cetak yang sudah habis dipakai pada tahap sebelumnya.

Proses pengerjaan pada cartridge jenis ini bisa disebut sangat cepat. Namun, kualitas yang diberikan oleh refill cartridge kerap diabaikan oleh para penggunanya.

Cartridge ini baik bagi Anda yang ingin tetap ekonomis, namun harus menanggung risiko apabila tinta sudah habis. Hasil cetakan akan kurang memuaskan sebelum tinta diisi kembali.

Harga Cartridge Printer

Memilih produk cartridge untuk printer Anda harus dilakukan dengan strategi khusus agar hasil cetakan yang dikeluarkan oleh mesin tidak mengecewakan. Berikut ini adalah sedikit dari banyaknya jenis cartridge printer yang beredar di pasaran:

1. Canon 325 Original

1. Canon 325 Original

Kelebihan cartridge keluaran Canon ini adalah hasil cetakan yang cepat kering, membuat Anda dapat menghemat waktu dalam menunggu prosesnya. Kecepatan printer juga tidak perlu diragukan lagi, dan didukung pula oleh kecepatan pengeringan.

Dokumen yang sudah tercetak tidak perlu ditunggu berlama-lama lagi karena keunggulan yang disuguhkan ini.

Anda juga tidak perlu risau akan risiko tinta yang mungkin mencoret atau tergesek dengan kertas lain, karena toner dari cartridge yang memang mempercepat tinta cetakan kering. Kisaran harga cartridge ini adalah sekitar Rp350.000 – Rp450.000.

2. Canon CL- 811 Colour

2. Canon CL- 811 Colour

Jika merk sebelumnya unggul dalam kecepatan pengeringan, cartridge printer Canon ini unggul dalam kualitas cetakannya yang mendekati warna asli pada file digital. Ini cocok bagi Anda yang hendak mencetak materi belajar untuk anak.

Dengan warna yang beragam, gambar serta tulisan pada materi yang dicetak dapat menambah semangat anak-anak.

CL-811 Colour hadir dengan kualitas cetak yang tajam, cerah, serta maksimal, menjadikan warna tidak berubah lebih gelap atau lebih terang dibandingkan file aslinya. Kisaran harga cartridge ini adalah sekitar Rp260.000 – Rp280.000.

3. Canon PG 745 dan PG 746

3. Canon PG 745 dan PG 746

Cartridge produksi Canon ini memiliki kisaran harga yang bervariasi untuk beberapa jenisnya. Ada yang merupakan cartridge dengan tinta biasa (hitam) dan warna (RGB). Untuk variasi harga yang beredar adalah mulai dari Rp150.000 hingga Rp500.000.

Kesimpulan

Berdasarkan pemaparan mengenai cartridge printer serta merk-merk terbaik dari Canon di atas, maka dapat disimpulkan bahwa pilihan merk cartridge akan mempengaruhi hasil cetakan. Karena itu, pilihlah produksi cartridge berkualitas agar tinta pada media cetak jauh dari kata tidak memuaskan.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA