4 Fitur Baru Whatsapp yang Bakal Segera Dirilis

Pada 9 Agustus lalu, Mark Zuckerberg selalu CEO Meta memberikan pernyataan yang menarik. Mark mengatakan bahwa terdapat beberapa fitur baru Whatsapp. Fitur tersebut disebut akan dirilis dalam waktu dekat.

Penasaran dengan fitur apa saja yang akan ditambahkan ke aplikasi chatting Whatsapp? Mari ikuti pembahasan kali ini sampai akhir supaya bisa mendapatkan informasi lengkapnya.

Fitur Baru Whatsapp

Fitur baru yang akan ditambahkan ke Whatsapp berhubungan dengan privasi. Berikut detailnya.

1. Sembunyikan Status Online

Sembunyikan Status Online

Fitur baru Whatsapp pertama ialah status “online” yang mana selalu terlihat di profil seseorang ketika sedang membuka aplikasi Whatsapp dan koneksi internet aktif. Bagi sebagian orang, status online semacam ini mengganggu privasi mereka.

Ada beban tersendiri ketika status “online” terlihat oleh orang lain. Misalnya beban untuk membalas chat dari orang lain karena sudah terlanjur terlihat “online”.

Pada update Whatsapp mendatang, dikabarkan bahwa status “online” ini bisa disembunyikan. Meskipun pengguna sedang membuka Whatsapp, orang lain tidak bisa mengetahuinya karena status “online” tidak ditampilkan.

Tidak hanya sampai di situ, status “online” juga bisa ditampilkan hanya untuk orang-orang tertentu. Pengguna bisa memilih beberapa kontak yang bisa melihat status “online” saat dirinya membuka aplikasi Whatsapp.

2. Keluar Grup Diam-diam

2. Keluar Grup Diam-diam

Tidak jarang seseorang masuk Whatsapp Group (WAG) karena terpaksa. Untuk keluar dari grup juga menjadi sungkan dengan anggota lain karena semua anggota grup akan mengetahui jika ada seseorang yang meninggalkan WAG.

Rupanya hal ini juga diperhatikan oleh Meta yang menjadikannya sebagai fitur baru Whatsapp. Pihaknya akan menambahkan sebuah fitur baru yang memungkinkan pengguna bisa keluar dari sebuah Whatsapp Group tanpa notifikasi.

Dengan fitur ini, anggota grup yang lainnya tidak akan menyadari jika adalah salah satu anggotanya meninggalkan WAG tersebut.

Namun tetap ada orang yang mendapatkan notifikasi ketika ada member keluar dari grup, yaitu admin grup itu sendiri.

3. Past Participants

3. Past Participants

Fitur baru Whatsapp yang ketiga ini masih berhubungan dengan grup. Namanya adalah Past Participants. Fitur ini memungkinkan para pengguna Whatsapp untuk melihat anggota grup yang sudah keluar atau dikeluarkan dalam 60 hari terakhir.

Past Participants memiliki fungsi yang saling melengkapi dengan fitur sebelumnya. Pengguna bisa keluar diam-diam dari grup. Sementara itu, pengguna juga dapat melihat siapa saja yang pernah masuk ke dalam grup tersebut.

4. Screenshot Blocking

Screenshot Blocking

Fitur baru WhatsApp terakhir yang masih berkaitan dengan privasi adalah Screenshot Blocking. Seperti namanya, fitur baru whatsApp ini mencegah pengguna Whatsapp mengambil tangkapan layar atau screenshot dari percakapan yang sedang berlangsung. Ini mencegah penyebaran isi pesan kepada pihak lain.

Baca Juga: 4 Tips Cara Mengamankan Akun WhatsApp Agar Tidak Disadap

Screenshot blocking hanya aktif untuk pesan yang dikirimkan menggunakan fitur View Once. Fitur baru whatsApp ini sudah dirilis sejak beberapa waktu yang lalu. View Once dapat diaktifkan untuk mengirimkan foto dan video.

Kalau pengguna mengaktifkan View Once ketika mengirimkan foto atau video, maka penerimanya hanya dapat membuka media itu satu kali. Setelah dibuka, media akan menghilang secara otomatis.

Untuk saat ini, penerima masih bisa mengambil screenshot pada media yang dikirimkan dengan View Once. Apabila sudah diupdate nantinya, penerima tidak akan bisa lagi mengcapture karena ada fitur screenshot blocking.

Tidak hanya mencegah pengguna mengambil screenshot, pengguna juga tidak akan bisa melakukan screen record. Jadi, foto dan video yang dikirimkan orang lain memang benar-benar hanya dilihat satu kali dan tidak bisa disebarluaskan oleh penerima.

Kapan Fitur Baru WhatsApp Dirilis?

Kapan Fitur Baru WhatsApp Dirilis?

Sebagian dari fitur baru whatsApp yang sudah dijelaskan di atas sudah bisa dicoba oleh pengguna. Khususnya bagi pengguna yang menjadi Beta Tester. Pengguna yang menginstall Whatsapp beta for iOS 22.16.0.77 atau Whatsapp beta for Android 2.22.17.21 sudah dapat mencoba fitur baru.

✔️  Terbaru Wallpaper Default Ubuntu 20.04 Terungkap

Salah satu yang sudah bisa dicoba adalah Past Participants. Jadi, pengguna yang sudah menginstall Whatsapp beta versi terbaru sudah bisa melihat ‘mantan’ anggota di dalam Whatsapp Group miliknya.

Sedangkan untuk 3 fitur lainnya dikabarkan akan ada pada update Whatsapp beta for iOS 22.16.0.77 dan Whatsapp beta for Android 2.22.17.24.

Pihak Meta sendiri masih belum memberikan pengumuman resmi terkait peluncuran Whatsapp versi baru dengan 4 fitur di atas. Dilansir dari wabetainfo.com, kemungkinan besar versi baru dengan segala fitur tadi akan dirilis pada Agustus 2022. Mari nantikan bersama updatenya.

Fitur Baru WhatsApp yang Sudah Dirilis pada 2022

Fitur Baru WhatsApp yang Sudah Dirilis pada 2022

Selain 4 fitur baru whatsApp yang akan segera dirilis, Whatsapp sebenarnya sudah banyak berubah sepanjang 2022. Hal ini dibuktikan dengan munculnya fitur-fitur baru. Berikut ini adalah beberapa fitur terbaru yang sudah diluncurkan pada Whatsapp stable version.

1. Peningkatan pada Pesan Suara

Whatsapp sudah memiliki fitur pesan suara sejak 2013 lalu. Fitur ini sangat disukai pengguna karena bisa mengirim pesan tanpa harus mengetik. Dari 2013, pesan suara di Whatsapp tidak banyak berkembang. Akhirnya Maret 2022 lalu ada upgrade besar pada pesan suara.

Ada beberapa upgrade yang diberikan, antara lain:

  • Out of chat playback yang memungkinkan pemutaran pesan suara ketika pengguna membuka aplikasi lain.
  • Pause/resume recording untuk menghentikan dan melanjutkan perekaman suara.
  • Wavefrom visualisation
  • Draft preview untuk memperdengarkan pesan suara terlebih dahulu sebelum mengirimkannya kepada orang lain.
  • Pilihan playback speed mulai dari 1x (normal), 1,5x, dan 2x.

2. Chat Reactions

Pada tanggal 5 Mei 2022, Whatsapp kembali meluncurkan fitur yang menarik. Fitur tersebut adalah chat reactions. Persis seperti namanya, chat reactions berguna untuk memberikan reaksi pada sebuah pesan.

Reaksi yang bisa diberikan adalah emoji. Jadi, pengguna tidak harus memberikan reaksi dalam bentuk chat. Ini mempermudah pengguna untuk mengekspresikan reaksinya terhadap pesan yang dikirimkan oleh orang lain.

Cara menggunakan chat reactions sangat mudah. Klik dan tahan pada bubble chat yang akan diberikan reaksi. Selanjutnya akan muncul beberapa emoji di layar. Klik pada salah satu emoji yang paling menggambarkan reaksi pengguna.

3. Update Pengaturan Privasi

Pengaturan privasi di Whatsapp sebenarnya terbilang minim. Itulah yang membuat Whatsapp Mod menjamur dan punya banyak pengguna karena pengaturan privasinya lebih lengkap.

Tidak berubah selama bertahun-tahun, akhirnya Whatsapp membuat perubahan pengaturan privasi pada 2022. Perubahan ini ada pada pengaturan last seen, profile photo, dan about.

Awalnya, Whatsapp hanya menyediakan 3 opsi untuk menampilkan 3 elemen tersebut. Opsi tersebut antara lain.

  • Everyone: semua orang bisa melihat
  • My contacts: hanya orang-orang di kontak pengguna yang dapat melihat
  • Nobody: tidak ada satu orang pun yang bisa melihat

Kemudian Whatsapp menambahkan satu opsi lagi, yaitu My contacts except. Pengguna Whatsapp bisa mengecualikan beberapa orang agar tidak bisa melihat last seen, profile photo, dan about meski ada di dalam kontaknya.

Meski begitu, status online di Whatsapp masih belum bisa disembunyikan sampai saat ini. Mari tunggu update yang akan datang untuk merasakan fitur tersebut.

Fitur baru Whatsapp yang disebutkan oleh Mark Zuckerberg tempo hari pasti sangat dinantikan oleh semua pengguna. Semoga bisa dirilis secara resmi dalam waktu dekat.

Leave a Comment