Fitur, Kelebihan dan Cara Download Aplikasi WA Untuk Android

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi sosial media perpesanan yang sangat populer di Indonesia. Meski kita tahu ada cukup banyak aplikasi pesan instan lainnya yang tak kalah menarik akan tetapi WhatsApp memiliki penggemar sendiri yang cukup banyak. Nah pada pembahasan kali ini kita akan bahas fitur, kelebihan serta bagaimana cara download aplikasi WA untuk android

Apa itu WhatsApp?

WhatsApp merupakan aplikasi pesan instan yang dapat digunakan secara gratis. Melalui aplikasi tersebut Anda dapat melakukan pengambilan suara dan video, mengirim dan menerima foto video, dokumen, lokasi dan lainnya.

Baca juga: download Facebook gratis

Aplikasi ini salah digunakan di android, IOS, laptop, komputer danaunnya. Akan tetapi dengan catatan jika perangkat sudah terhubung dengan internet. Adanya WhatsApp tentu sangat membantu banyak orang untuk menjalin komunikasi pribadi maupun bisnis dengan lebih mudah dan cepat. 

Fitur terbaru WhatsApp

Aplikasi WA untuk android memang memiliki cukup banyak fitur. Ada beberapa fitur terbaru dari WhatsApp yang dapat Anda gunakan, seperti :

Fitur unread message

Fitur WhatsApp

Fitur terbaru WhatsApp pertama ialah pesan yang belum dibaca atau unread message. Fitur ini memungkinkan Anda mencari pesan berdasarkan pesan yang belum dibaca. 

Untuk menggunakan fitur ini Anda hanya perlu klik kolom search dan pilih opsi “belum dibaca” atau unread. Nantinya secara otomatis sistem akan menampilkan pesan yang sesuai dengan permintaan Anda. Biasanya pesan yang belum dibaca ditampilkan berdasarkan urutan waktu terbaru ke terlama. 

Fitur pembatalan pesan yang dihapus

Fitur kedua yang dapat Anda nikmati ialah pembatalan pesan yang dihapus. Anda dapat membatalkan pesan yang sudah terhapus melalui opsi “delete for me”. Cara menggunakannya ialah ketika Anda memilih opsi hapus untuk saya atau delete for me, nantinya akan muncul pilihan “urungkan” atau “undo”. Klik pilihan tersebut. 

Fitur preview links

Fitur yang ada di aplikasi WA untuk android selanjutnya ialah preview links. Fitur tersebut memungkinkan Anda untuk melihat pratinjau dari tautan atau link yang dibagikan oleh kerabat atau teman di kolom status. Misalnya salah satu kontak WhatsApp Anda mengunggah sebuah link di statusnya maka Anda dapat meng-kliknya untuk melihat gambaran singkat dari link yang dibagikan tersebut. 

✔️  5 Cara Membuka Task Manager Di Windows 10

Fitur keluar grup tanpa meninggalkan notifikasi

Pernah berada di dalam grup yang tidak nyaman? Ingin keluar dari grup secara diam-diam tanpa ketahuan? Nah, Anda bisa lho menggunakan fitur keluar dari grup tanpa meninggalkan notifikasi. Biasanya ketika anggota grup keluar maka seluruh anggota mendapatkan notifikasinya. 

Nah melalui fitur ini anggota grup lainnya tidak akan mendapatkan notifikasi apapun ketika Anda keluat. Hanya Andin yang akan menerima notifikasi tersebut. 

aplikasi WA untuk android

Fitur menghapus pesan bagi admin grup

Terakhir, fitur terbaru yang satu ini bisa Anda nikmati jika menjadi admin sebuah grup. Ketika menghapus pesan dari anggota grup, nantinya anggota dari grup tersebut juga bisa melihat nama admin yang telah menghapus pesan. Adapun kehadiran fitur ini tentu sangat berguna agar grup dapat dikelola oleh admin dengan baik dan kondusif. 

Manfaat aplikasi WhatsApp

Sebagai aplikasi chat yang sudah sangat populer di kalangan masyarakat dunia tentu memiliki cukup banyak manfaat lainnya selain digunakan sebagai alat komunikasi. Adapun manfaat aplikasi WA untuk android ini ialah :

Media komunikasi

Manfaat pertama dari aplikasi WhatsApp ialah sebagai media komunikasi untuk personal dan grup. Perlu diingat, melalui aplikasi canggih satu ini Anda dapat mengirim pesan berupa teks, audio, foto, video, dokumen dan lainnya. Selain itu, Anda juga bisa melakukan panggilan audio maupun video. 

Tak hanya itu, aplikasi WhatsApp juga mengizinkan Anda untuk berbagi lokasi selama real time. Bahkan Anda juga dapat berkomunikasi dengan baik di dalam sebuah grup. Di dalam grup WhatsApp Anda juga dapat memanfaatkan fitur melakukan panggilan video dengan anggota lain. Tentu untuk jumlah panggilan yang dapat disambungkan terbatas sifatnya. 

Media pembelajaran

Manfaat kedua ialah sebagai media pembelajaran dalam pendidikan. Misalnya saja kita dapat melihat dalam kasus pandemi covid. WhatsApp sangat berguna untuk menjadi salah satu media pembelajaran. Baik dalam tingkat SD, SMP, SMA hingga perkuliahan. Melalui aplikasi WhatsApp anak-anak dapat tetap mengikuti pembelajaran sekolah meski via daring saja. 

✔️  2 Cara Kirim Stiker Di WhatsApp Web & Android

Media bisnis atau berniaga

Manfaat WhatsApp

Aplikasi WA untuk android juga bermanfaat sebagai media bisnis atau berniaga. Ada banyak pengguna yang menjadikan WhatsApp sebagai tempat promosi untuk produk maupun jasa yang mereka jual. Umumnya melalui fitur story’ orang-orang mengunggah testimoni dari pelanggan barang atau jasa mereka. 

Selain itu, WhatsApp juga menghadirkan versi WhatsApp Business. Adanya versi tersebut tentu sangat berguna bagi para pebisnis guna menanggapi pesan dari calon pelanggan secara maksimal. Pada WhatsApp Business, Anda dapat menambahkan fitur jam buka hingga auto reply. Adapun fitur tersebut tentu sangat berguna jika Anda seorang pebisnis. 

Media hiburan dan informasi

WhatsApp juga dapat berguna sebagai media hiburan sekaligus informasi. Anda dapat menyebar sebuah informasi maupun hiburan dengan cepat melalui aplikasi tersebut. Baik melalui fitur forward maupun story.

Kelebihan aplikasi WhatsApp

Selain memiliki segudang manfaat, tentu aplikasi WhatsApp juga memiliki banyak kelebihan. Apa saja? Berikut diantaranya :

Penggunanya banyak

WhatsApp menjadi salah satu media sosial yang hampir dimiliki oleh setiap orang yang ada di Indonesia. Bahkan aplikasi tersebut sudah diunduh lebih dari 5 M kali di play store. Banyaknya pengguna tentu menunjukkan betapa bagusnya aplikasi tersebut dalam bekerja. 

Sinkronisasi kontak otomatis

Kelebihan aplikasi WA untuk android lainnya ialah sinkronisasi kontak otomatis. Ya, ketika Anda menyimpan nomor baru, secara otomatis kontak tersebut akan disinkronkan dengan WhatsApp. Anda tidak perlu menambahkan nomor baru ke dalam WhatsApp satu-satu. 

Terdapat fitur backup otomatis

Selanjutnya, WhatsApp juga memiliki fitur backup chatvotomasti dalam sehari pemakaian ke google drive. Jadi Anda tidak perlu khawatir ketika menggunakan perangkat baru. Secara otomatis chat lama akan tercakup dengan baik. 

✔️  2 Cara Mengetahui ID Akun Mi Terbaru

Keamanan yang baik

Kelebihan lainnya ialah adanya fitur enskripsi end to end. Adanya fitur tersebut cukupenjamin keamanan percakapan antar pengguna. Keamanan dalam mengirim foto, video, teks, panggilan audiobook hingga video. 

Dapat melakukan pembatalan pesan

Terkahir, kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi ini ialah Anda dapat membatalkan pesan. Akan tetapi dengan catatan masih dalam rentan waktu 7 menit. Jika sudah lebih dari 7 menit, pengguna tidak dapat menggunakan fitur tersebut. 

Kelebihan WhatsApp

Cara download aplikasi WhatsApp

Cara download aplikasi WA untuk android tidaklah sulit. Sangat mudah. Berikut langkahnya :

  1. Pertama buka google play store. 
  2. Cari aplikasi WhatsApp Messenger. 
  3. Klik pasang. 
  4. Setelah itu, buka WhatsApp dengan menyetujui Ketentuan Layanan Kami.
  5. Lanjut untuk daftarlam nomor telepon yang ingin Anda gunakan. 
  6. Jika cadangan chat ditemukan dan ingin dipulihkan, klik pilihan. 
  7. Setelah itu, masukkan nama Anda. Nantinya Anda juga masih bisa mengubah nama dengan meng-klik opsi lainnya > setelan dan ketuk nama profil Anda. 

Demikianlah pembahasan mengenai fitur, kelebihan dan cara download aplikasi WA untuk android yang dapat kita ulas. Pastikan untuk menggunakan media sosial dengan bijak ya.

Leave a Comment