Hosting Terbaik untuk Bisnis Online Profesional dan Cara Memilihnya

Hosting terbaik untuk bisnis online profesional saat ini banyak digunakan sebagai tempat untuk menyimpan data. Nantinya, data akan tersimpan dan bisa dikelola oleh pemilik website di internet.

Namun, sampai saat ini masih banyak sekali pengguna website yang bingung memilih hosting. Untuk mengatasi hal tersebut, maka di bawah ini sudah ada beberapa cara memilih hosting terbaik.

Mengenal Hosting Terbaik untuk Bisnis Online Profesional

Secara umum, setiap hosting memiliki kapasitas penyimpanan yang berbeda-beda tergantung dari harganya. Hal ini juga ditentukan oleh kebutuhan para pengguna website.

Apalagi pada dasarnya, penggunaan hosting di website dengan tujuan berbeda, mulai dari untuk kebutuhan pribadi maupun perusahaan. Oleh karena itu, pengguna website harus menentukan hosting yang paling tepat.

Apalagi diketahui setiap jenis website tidak bisa menggunakan hosting yang besar kapasitasnya sama. Namun, Anda setiap hosting memiliki fungsionalitas sama untuk website.

Jenis-Jenis Hosting Paling Terbaik dan Terpercaya

Ada beberapa jenis Hosting terbaik untuk bisnis online profesional yang bisa Anda gunakan. Berikut ini sudah ada penjelasan terkait hosting terbaik, antara lain:

  1. Cloud Hosting

Hosting jenis ini bisa digunakan untuk beberapa server yang berfungsi sebagai penyeimbang performa website dan uptime. Server hosting ini sudah tersebar di beberapa tempat bahkan terbagi di beberapa titik.

Cloud hosting sudah menggunakan teknologi cluster, jadi dapat berjalan hanya dengan satu server saja. Jadi para pengguna hosting ini tidak perlu cemas jika mengalami kendala.

Apabila terdapat server yang down maka hosting akan tetap berfung dan tidak terpengaruh oleh apapun. Jadi Hosting terbaik untuk bisnis online profesional ini sangat cocok untuk website yang mempunyai fungsionalitas dan traffic tinggi.

  1. Shared Hosting

Shared Hosting dikenal sebagai salah satu hosting yang bisa digunakan oleh lebih dari satu website. Sama seperti namanya, shared berarti berbagi, jadi hosting ini tidak hanya bisa digunakan oleh satu website saja namun beberapa website lainnya.

Jenis hosting ini juga cocok untuk pemula yang sedang menjalani kebutuhan personal pada website. Contohnya saja, membuat portofolio atau blog pribadi.

Dikarenakan, hosting ini bisa digunakan lebih dari satu website maka biaya yang harus dikeluarkan oleh pengguna juga akan dibagi. Sehingga Hosting terbaik untuk bisnis online profesional ini lebih murah dibandingkan dengan lainnya.

  1. WordPress Hosting

Hosting ini hanya bisa digunakan untuk website yang menggunakan platform WordPress sebagai CMS. Namun, hosting ini sudah banyak digunakan oleh website profesional maupun blogger.

WordPress Hosting sangat cocok untuk profesional maupun pemula, karena memiliki banyak kelebihan. Misalnya saja, seperti mudah dikelola, harganya terjangkau, pembaruan otomatis, dan lainnya.

Kriteria Memilih Hosting untuk Website

Ada beberapa kriteria Hosting terbaik yang bisa Anda ketahui. Di bawah ini sudah ada penjelasan lengkap tentang kriteria Hosting terbaik untuk bisnis online profesional, agar tidak salah.

  1. Kecepatan Server (Speed)

Hosting bisa dikatakan baik, jika mempunyai kecepatan dan performa yang tinggi dalam mendukung sebuah server. Ada beberapa faktor yang bisa diperhatikan, antara lain seperti kapasitas penyimpanan atau storage, bandwidth, serta plugin optimasi kecepatan website.

  1. Keamanan Jaringan (Security)

Kriteria selanjutnya, Anda bisa melihat hosting tersebut bagus dari keamanannya. Cari tahu apakah hosting tersebut sudah memiliki perlindungan dari serangan Malware atau belum.

Anda juga harus cari Hosting terbaik untuk bisnis online profesional yang dilengkapi SSL, website security dan lainnya. Hal ini sangat penting agar bisa menghindari sesuatu yang tidak diinginkan pada website.

  1. Layanan Pendukung (Support)

Berikutnya, Anda juga harus lebih memperhatikan layanan support yang tersedia pada penyedia hosting. Contohnya saja seperti layanan support via chat, email maupun telepon. Hal ini tentunya berguna sekali untuk website jika ada kendala.

  1. Uptime dan Skalabilitas

Kriteria berikutnya, penyedia website harus memberikan uptime sebesar 99,9%. Hal ini dilakukan agar website Anda bisa langsung diakses kapan saja dan selalu aktif.

✔️  6 Daftar Hosting Terbaik Indonesia 2016 yang Wajib Diketahui

Selain itu, Hosting yang baik juga bisa meningkatkan performa website. Sehingga website dapat berkembang lebih baik lagi. Oleh karena itu, pilihlah penyedia hosting yang memiliki berbagai macam paket sesuai kebutuhan.

Cara Hosting Terbaik untuk Bisnis

Selain kriteria yang telah dijelaskan di atasnya, Anda juga harus bisa memperhatikan beberapa hal ini. Berikut cara memilih Hosting terbaik untuk bisnis online profesional, antara lain:

  1. Sesuaikan dengan Kebutuhan dan Jenis Website

Pertama, Anda harus menyesuaikan hosting dengan kebutuhan. Misalnya saja, Anda ingin membuat bentuk website seperti apa? Apakah website tersebut hanya digunakan untuk pribadi atau bisnis online?

Semua pertanyaan yang ada di atas harus bisa Anda pikirkan secara benar agar tidak salah langkah. Anda harus tahu tujuan buat website tersebut apa.

Dikarenakan setiap Hosting terbaik untuk bisnis online profesional mempunyai kriteria yang tidak sama. Jadi bisa disesuaikan dengan budget dan tujuan Anda.

Contohnya saja, jika Anda ingin membuat suatu website pribadi atau blog maka harus memilih hosting yang berasal dari Cloud atau WordPress. Namun, jika Anda ingin lebih serius atau untuk bisnis online maj beli hosting yang gratis domainnya.

  1. Sesuaikan Fitur dan Konten Website

Umumnya, penggunaan website sangat berpengaruh terhadap konten dan fitur yang tersedia. Apabila website Anda untuk kepentingan pribadi, maka tidak membutuhkan fitur banyak.

Kemudian, Anda juga bisa menyesuaikan tema konten yang akan ditampilkan di website. Biasanya, konten website yang bagus tidak hanya tulisan, namun bisa berupa video, gambar, animasi, dan lain sebagainya.

Apabila website Anda termasuk situs berita, maupun toko online, maka harus menyediakan fitur konten yang lebih variatif dan kompleks. Jadi semakin banyak konten dan fitur yang dimiliki, maka Anda memerlukan kapasitas lebih besar.

  1. Menentukan Platform

Cara memilih Hosting terbaik untuk bisnis online profesional berikutnya, Anda harus bisa menentukan platform mana yang akan digunakan. Apabila platform tersebut digunakan untuk blog, maka bisa memilih WordPress.

Saat ini WordPress sudah banyak digunakan oleh pemula maupun profesional. Selain WordPress juga ada platform lainnya yang bisa digunakan seperti WIX, Joomla, Drupal serta CMS lainnya.

Hosting yang telah disebutkan ini juga mudah digunakan untuk berbagai macam platform yang Anda pilih. Namun, Anda sangat disarankan memilih hosting khusus yang digunakan oleh platform pilihan.

Contohnya saja, website Anda sudah menggunakan WordPress, maka disarankan juga menggunakan Hosting WordPress. Hal ini tentunya agar website Anda performa website Anda lebih maksimal.

  1. Memperhatikan Potensi Traffic Website

Jika Anda memiliki website yang berpotensi traffic tinggi, maka tidak boleh menggunakan shared hosting. Apalagi bila website tersebut dijadikan sebagai portal berita atau toko online yang mempunyai pengunjung setiap harinya.

Jadi Anda harus bisa menentukan hosting yang menggunakan resource cepat dan besar. Hal ini dilakukan agar website tidak down dan traffic lebih tinggi.

Sementara itu, jika untuk untuk portofolio, dokumentasi pribadi, serta blog, maka Anda bisa menggunakan shared hosting. Hosting terbaik untuk bisnis online profesional ini memiliki kapasitas yang lebih kecil dibandingkan dengan lainnya.

  1. Lokasi Target Calon Pengunjung Website

Berikutnya, jika pengunjung dari website Anda mayoritasnya adalah Masyarakat Indonesia. Maka disarankan memilih hosting yang data center dan lokasi servernya di wilayah yang sama.

Hal ini dikarenakan sebagian besar perusahaan hosting mempunyai data center atau server di luar negeri. Jadi Anda harus memastikan terlebih dahulu target pengunjung atau audiens website.

Ini juga berguna agar website tetap cepat dan stabil. Selain itu, bila website Anda mendapatkan kendala maka tidak perlu khawatir karena langsung ditangani oleh tim support. Hosting terbaik untuk bisnis online profesional memang sudah mudah digunakan.

DAFTAR ISI :

Leave a Comment