6 HP Smartphone GSM Terbaik dibawah 1,5 Juta

6 HP Smartphone GSM Terbaik dibawah 1,5 Juta
6 HP Smartphone GSM Terbaik

Smartphone termasuk salah satu perangkat elektronik yang paling mahal. Bahkan, smartphone kelas menengah harganya sudah mencapai 3 jutaan. 


Tapi, bagaimana jika anggaran Anda hanya sekitar 1,5 juta saja untuk membeli satu smartphone? Adakah smartphone yang layak dibeli dengan harga serendah ini? Ada

Perusahaan produsen smartphone memiliki produk yang menyasar hampir setiap target pasar, termasuk pasar HP low-end.

Meskipun harganya murah, Anda masih bisa memilih fitur-fitur yang layak untuk Anda gunakan. Tentu, Anda tidak bisa mendapatkan HP 4G dengan harga dibawah 1,5 juta, apalagi jika Anda ingin kondisi HP baru, bukan refurbish atau rekondisi. 

Tapi, Anda masih bisa memilih salah satu dari 6 HP smartphone di bawah ini dengan harga layak dan kondisi masih baru. Sebelumnya, kenali dulu hal-hal yang harus jadi pertimbangan ketika Anda membeli HP di bawah 1,5 juta.

Pertimbangkan Hal Ini Ketika Beli HP di bawah 1,5 juta

Sistem Operasi (OS)

Sistem operasi Android Google telah berkembang pesat selama dekade terakhir dan sudah banyak HP smartphone yang mengadopsi OS ini sebagai OS bawaan mereka.


Beberapa HP smartphone sudah memiliki versi Android terbaru, sementara merek lainnya sudah cukup puas dengan OS generasi sebelumnya.

Beberapa handset memiliki kualitas lebih rendah seperti Android One atau Android Go yang memang dirancang untuk HP smartphone dengan daya rendah dan tentunya, lebih murah.


Pertimbangkan fitur seperti apa yang Anda butuhkan dari HP smartphone, lalu cek apakah OS yang ada dalam HP tersebut dapat mengakomodasi kebutuhan Anda. Beberapa HP murah sudah menjalankan versi baru Android, seperti Pie (9), Oreo (8), Nougat (7), atau Marshmallow (6).

Komponen

Selain sistem operasi, pertimbangkan prosesor, kamera, baterai, RAM, dan kapasitas harddisk penyimpanan untuk mencari HP smartphone di bawah 1,5 juta.

Kebanyakan orang cenderung menggunakan kamera HP dan bukan kamera DSLR atau camdig. Kalau fitur ini penting, pertimbangkan kualitas shooter HP pilihan Anda.

Selain itu, ada juga HP murah dual-SIM yang tentunya bisa semakin menghemat budget kalau Anda perlu menggabungkan dua nomor berbeda (satu usaha, satu pribadi, misalnya).

Keawetan baterai termasuk faktor yang harus Anda pertimbangkan. Meskipun banyak produsen HP smartphone murah yang membanggakan durasi pemakaian baterai sepanjang hari, seringkali faktanya jauh berbeda. Jangan sampai Anda jatuh ke dalam jebakan sales HP, ya

Tahun pembuatan/model

HP smartphone yang lebih murah bisa jadi model lama, yaitu model HP beberapa generasi sebelumnya. 
Pastikan Anda memeriksa ulang tahun rilis awal HP tersebut dan OS Android mana yang bisa dijalankan. 

Beberapa HP smartphone lama bisa menjalankan OS Android terbaru. Artinya, Anda juga bisa mendapat HP murah dengan performa lebih baik.

Artikel Lainnya: Cara Aktifkan Opsi Pengembang Xiaomi Tanpa Root Terbaru


Berikut ini adalah daftar HP smartphone di bawah harga 1,5 juta yang direkomendasikan oleh zencafe.net, termasuk HP dengan layanan 4G yang patut Anda pertimbangkan.

1. Motorola Moto E6

Motorola Moto E6
Sumber Gambar: gsmarena.com

Jarang Anda bisa menemukan HP smartphone terbaru dengan harga di bawah 1,5 juta. Tapi, Motorola Moto E6 bisa jadi pilihan Anda. Dengan layar HD 5,5 inci dan aspect ratio 18: 9, HP ini menyediakan touchscreen yang besar, jelas, dan responsif.


Ponsel ini memiliki prosesor Qualcomm Snapdragon Octa-Core dengan OS Android 9 plus kapasitas penyimpanan yang bisa ditambahkan hingga 256 GB untuk menyimpan foto, lagu, dan film dengan slot kartu MicroSD khusus. 


HP Motorola Moto E6 juga anti air, sehingga aman dari cipratan dan tumpahan. HP ini juga dilengkapi dengan fitur kamera pintar Google Lens untuk pengenalan teks. Sementara itu, kamera internal mampu mengambil gambar dengan ketajaman 13 MP. 

2. Nokia 1.3

Nokia 1.3
Sumber Gambar: gsmarena.com

Nokia 1.3  memiliki desain cantik luar dalam dengan bagian depan berupa kaca yang ditopang oleh bagian belakang dengan tekstur 3D. Pilihan warna yang bisa Anda pilih adalah cyan, sand, atau charcoal.


Disamping itu, HP ini memiliki OS Android 10 Go terbaru dan layar HD + 5,71 inci yang besar. 
Nokia 1.3 ditopang oleh baterai 3,000mAh untuk performa maksimal sepanjang hari, lengkap dengan kamera yang menghasilkan gambar tajam meski cahaya redup.


Tombol Google Assistant khusus memberi Anda akses ke perkiraan cuaca, panggilan telepon, berita, dan lainnya melalui suara. Menariknya, Anda bisa memperbarui OS HP smartphone di bawah 1,5 juta ini ke Android 11 tahun depan.

3. ZTE Maven 3

ZTE Maven 3
Sumber Gambar: gsmarena.com

ZTE Maven 3 menjalankan Android 7.1 (Nougat) dengan baterai 2.035 mAh yang tidak dapat dilepas. Produsen HP smartphone ini menjanjikan kekuatan baterai sekitar 15 jam untuk streaming terus menerus serta 17 hari dalam mode siaga.


HP ZTE Maven 3 memiliki kamera minimal 5MP

4. Blu Vivo X5

blue vivo
Sumber Gambar: gsmarena.com

Vivo X5 termasuk pesaing tangguh untuk ponsel GSM dengan kisaran harga di bawah 1,5 juta. HP ini menggunakan layar kaca lengkung HD + 5,7 inci dengan OS Android 9.0 Pie.


Dengan baterai lithium-ion 2.800mAh, Anda bisa memakai ponsel ini sepanjang hari. 
Blu Vivo X5 menggunakan chipset octa-core dilengkapi dengan RAM 3GB, media penyimpanan 64 GB, dan kapasitas MicroSD hingga 64 GB. 


Kamera belakang 13 MP, ditambah dengan kamera depan 8 MP dan sensor sidik jari, membuat Blu Vivo X5 tampak seperti HP mahal.


Fitur lain yang tersedia antara lain akselerometer, sensor gravitasi, sensor jarak, dan sensor cahaya. HP smartphone ini mendukung layanan 4G LTE, 3G dan kompatibel dengan jaringan GSM.

5. Blackview BV5500 Pro

Blackview BV5500 Pro
Sumber Gambar: gizmochina.com

Blackview BV5500 Pro adalah HP smartphone 4G tahan air dengan rating IP 68, tahan guncangan, dan tahan debu.
Fitur di atas termasuk luar biasa, mengingat harganya yang di bawah 1,5 juta. Layar Corning Gorilla Glass dan rangka karetnya memenuhi standar militer AS dan ditargetkan untuk memenuhi kebutuhan Anda yang suka beraktivitas di luar ruangan. 


HP smartphone ini menjalankan OS Android 9.0, didukung oleh core-processor quad-core dan RAM 3 GB.
Selain itu kapasitas penyimpanan juga mencapai 32GB, lengkap dengan baterai 4.400mAh.


Blackview BV5500 Pro menawarkan daya tahan baterai selama 480 jam siaga dan 31 jam panggilan.
Ponsel ini memiliki dua kamera belakang, yaitu kamera utama 8 MP dan lensa 0,3 MP plus kamera selfie 5 MP.

Ada pula fitur face unlock untuk melindungi privasi Anda. HP smartphone ini juga mendukung dual-SIM nano dan bisa digunakan untuk jaringan GSM.


6. Blu Studio Mini

Blu Studio Mini

Ponsel berukuran 5,5 inci ini memiliki layar resolusi HD 720 x 1440 pada layar kaca curved display dengan rasio 18: 9. 
Dengan membli HP smartphone di bawah 1,5 juta ini, Anda mendapatkan memori 32 GB, RAM 2 GB, dan kapasitas penyimpanan tambahan dengan kartu Micro SD hingga 64 GB. 


Blu Studio Mini memiliki fitur prosesor Octa-Core 1.6 GHz dengan chipset ARM Cortex-A55 yang menjalankan OS Android 9 Pie. 


Disamping itu, HP smartphone ini memiliki kamera belakang sebesar 13 MP dan kamera selfie 8 MP lengkap dengan flash LED. Daya baterai sebesar 3.000 mAh serta kompatibel dengan 4G LTE dan 3G dan dapat digunakan di seluruh operator GSM.

Arif Wibowo Hidayatullah
" Merangkai Sebuah Kata Itu Sangatlah Mudah, Tapi.. Merangkai Sebuah Mimpi Itu Sangatlah Sulit..." (Arif Wibowo)