6 Ide Bisnis Online Untuk Mahasiswa Tanpa Modal

6 Ide Bisnis Online Untuk Mahasiswa Tanpa Modal
6 Ide Bisnis Online Untuk Mahasiswa Tanpa Modal

Ide Bisnis Online Untuk Mahasiswa Tanpa Modal, Kompirasi.com – Berikut ini adalah rekomendasi atau usaha yang cocok untuk mahasiswa tanpa modal selain dropship dan reseller yang bisa dicoba kapan saja, bagi yang ingin mendapatkan pendapatan tambahan dirumah.

Pesatnya teknologi digital membuat banyak orang membuka usaha online tanpa modal, salah satunya Ecommerce bussiness, dropship dan reseller. Karena bisnis tersebut begitu populer seiring tingginya penjualan produk secara online.

Bisnis e-commerce, dropship dan reseller adalah kegiatan menjual ulang barang dari supplier, dropship dan reseller kerap kali dipilih oleh pebisnis yang tidak ingin mengeluarkan modal banyak dalam memulai usaha. Namun, selain melakukan dropship dan reseller, Anda juga bisa mencoba 6 ide bisnis online lainnya yang juga berpotensi mendatangkan keuntungan yang besar.

6 Ide Bisnis Online Untuk Mahasiswa Selain Dropship Dan Reseller

Ide Bisnis Online Untuk Mahasiswa Selain Dropship Dan Reseller
Ide Bisnis Online Untuk Mahasiswa Selain Dropship Dan Reseller

1. Jasa Copywriting

Ide bisnis online untuk mahasiswa yang pertama adalah jasa copywriting, Era digital ini memiliki peluang pasar yang luas sehingga promosi bisnis kini gencar dilakukan melalui media digital seperti sosial media, Google Ads, Facebook Ads, dan sebagainya. Meski bisa melakukan promosi secara instan, tapi juga membutuhkan strategi khusus.

Artikel lainnya : 4 Ecommerce Business Models You Should Know

Strategi tersebut, yakni teknik copywriting. Sebuah strategi membangun brand awareness melalui kata-kata. Seperti yang diketahui, setiap iklan mengandung kata atau kalimat tertentu. Masalahnya, tidak semua pebisnis memahami strategi ini sehingga jasa copywriting adalah peluang bisnis besar.

Jasa ini hanya perlu membutuhkan skill copywriting dan tentunya laptop atau PC. Bisa dikatakan membuka peluang bisnis online besar dan tanpa modal. Kuncinya ada pada kreativitas dan kemampuan dalam copywriting serta digital marketing.

2. Jasa Desain Grafis

Selain jasa copywriting, ide bisnis online untuk mahasiswa selain dropship dan reseller yang dapat dicoba adalah membuka jasa desain grafis. Saat ini, hampir semua lini bisnis yang melakukan promosi atau sekadar membuat konten membutuhkan kemampuan desain grafis. Sekali lagi, tidak semua pebisnis memiliki skill tersebut. Untuk itu, pasar bisnis ini terbuka lebar karena akan selalu ada orang membutuhkan jasa graphic designer untuk membuat konten-konten menarik.

Selain jasa membuat website Anda juga bisa melakukan jasa pembuatan logo, dan banyak lainnya. Jadi skill ini juga wajib dimiliki para freelancer online.

Artikel lainnya : 8 Ide Bisnis Rumahan Untuk Mahasiswa Atau Pelajar

3. Kursus/Pelatihan Online

Bukan hanya bisnis online shop yang berkembang pesat, penyedia jasa kursus atau pelatihan online juga terus berkembang. Apabila dulunya orang harus melakukan training di lokasi secara langsung, kini semua bisa mengakses kursus atau latihan secara online.

Beberapa kursus yang banyak diminati, yakni pelatihan digital marketing, copywriting, content creator, dan pelatihan digital lainnya. Wajar saja jika banyak penyedia kursus ini ada karena banyak orang yang ingin melatih kemampuan digitalnya guna beradaptasi di era ini.

4. Jasa IT atau Programmer

Ide bisnis online untuk mahasiswa selain dropship dan reseller berikutnya, yaitu penyedia jasa IT atau programmer. Anda tidak harus ahli di bidang tersebut karena dapat merekrut karyawan lalu membuat sebuah agensi yang menyediakan jasa ini. Atau hanya mengumpulkan team ketika sudah mendapatkan sebuah project dari klien.

Anda juga bisa menyediakan jasa membuat website gratis secara personal, dimana untuk hal ini tidak diperlukan banyak angggota dalam team. Sehingga Anda dapat mengerjakan nya dengan sendiri.

Artikel lainnya : Cara Membuat Aplikasi Tanpa Coding Untuk Bisnis Online

5. Jasa Tutor Online

Serba-serbi digital menjadikan kegiatan mengajar bertransformasi secara daring pula, salah satunya tutor atau memberikan les. Ide bisnis online tersebut saat ini sudah ada banyak, tetapi peminatnya juga terus bertambah.

Anda bisa merekrut pengajar secara tetap atau freelance. Beberapa materi yang umum menjadi bahan tutor diantaranya Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, Kimia, dan beberapa mata pelajaran yang dinilai susah oleh sebagian besar siswa Indonesia.

6. Content Writer

Berbeda dengan jasa copywriting, Content Writer atau disebut jasa penulis artikel ini menyediakan layanan untuk membuat artikel guna keperluan website maupun perusahaan. Content Writer ini bertanggung jawab untuk manganalisa atau melakukan riset sebelum membuat tulisan. Bukan hanya menulis, menjadi content writer kamu juga harus memahami SEO.

Jasa penulis artikel saat ini tengah naik daun, hal itu seiring berkembangnya teknologi sehingga banyak pihak yang beralih ke bisnis digital. Para pemain bisnis digital tersebut tentunya perlu artikel untuk websitenya.

Artikel lainnya : 5 Strategi Bisnis Untuk Mempromosikan Produk Secara Online Di Internet

Untuk mempromosikan jasa penulis artikel juga cukup mudah, Anda bisa menjual jasa tersebut melalui forum-forum penulis artikel di media sosial. Yang perlu diperhatikan adalah kualitas artikel yang dihasilkan dan penerapan SEO pada artikel yang dibuat tersebut, karena pengguna jasa penulis artikel tidak hanya ingin menerima artikel, namun ingin menerima artikel yang sudah dioptimasi dengan SEO atau Search Engine Optimization.

Sekian informasi tentang ide bisnis online untuk mahasiswa selain dropship dan reseller yang barangkali bisa Anda coba di rumah. Bisnis tersebut tidak membutuhkan modal besar atau tanpa modal sehingga seharusnya dana tidak menjadi kendala untuk memulai bisnis online segera.

Nona Code
Just a woman with a lot of dreams.