Imagekit Review: Pengalaman Menggunakan CDN Gambar Di ImageKit.io

Imagekit Review: Pengalaman Menggunakan CDN Gambar Di ImageKit.io
Imagekit Review

Imagekit Review – Sebagai seorang blogger yang memiliki ratusan artikel dan memilik ribuan gambar ternyata mampu membuat sebuah blog sangat lambat, termasuk blog saya yang satu ini, awalnya saya berpikir untuk menggunakan CDN gambar untuk mempercepat loading blog saya, dan juga ingin menghemat kapasitas bandwith server web dengan cara menggunakan CDN Gambar.

Sudah kesana kemari belum menemukan penyedia CDN Gambar yang sesuai, bahkan saya sudah mencoba menggunakan berbagai macam cdn images namun belum juga mendapatkan hasil yang memuaskan, dan pada akhirnya saya menemukan sebuah iklan sewaktu membaca artikel di blog orang lain, ya iseng-iseng nyari refrensi CDN, sebenarnya CDN Imagekit ini saya temukan di iklan saja.

Dan dengan iklan yang bikin saya penasaran akhirnya saya buka situs imagekit.io dan mencoba menggunakan pelayanan cdn gambar yang mereka berikan melalui iklan, apa pengalaman yang saya dapat sewaktu menggunakan CDN Gambar Di Imagekit.io? yuk simak cerita dan pengalaman saya ini.

ImageKit.io: Penyedia Layanan CDN Gambar Gratis Yang Di Optimalkan Secara Otomatis

Saya sudah lama menggunakan CDN Gambar Imagekit.io kira-kira saya sudah menggunakanya kurang lebih dari 7 bulanan, dan hasilnya sangat memuaskan, mungkin kalian belum tahu tentang CDN Gambar yang satu ini, dan masih belum mengerti apa itu imagekit, nah maka dari itu izinkan saya mengenalkan imagekit.io ke anda.

Apa Itu Imagekit.io? Imagekit.io adalah sebuah layanan CDN gambar gratis yang sengaja di buat untuk membantu merek di dunia dalam mengoptimalkan gambar mereka dan memberikan pengalaman yang sangat luar biasa, proyek (penyedia) layanan ini didirikan pada tahun 2016 di bulan oktober dengan tujuan, untuk membantu perusahaan dan pengembang dengan cepat menerapkan pengoptimalan gambar dan pengubahan ukuran waktu nyata dalam aplikasi web mereka tanpa mengkhawatirkan skala dan menginvestasikan waktu dalam R&D.

Saat ini sudah banyak perusahaan yang memakai produk imagekit dan bahkan sudah ada lebih dari 500 perusahaan dan 30000 pengembang di 40+ negara yang memakai imagekit di situs mereka.

Pengalaman Menggunakan Imagekit

Setelah saya menggunakan imagekit, website saya terasa lebih cepat dan gambar saya yang awalnya pas dibuka terasa berat loadingnya, saat mengunakan imagekit terasa lebih ringan, tidak hanya itu awalnya saya tidak memakai cdn gambar, 1 bulan bisa menghabiskan 25-30gb bandwith, dengan menggunakan imagekit bandwith saya hanya termakan 10-15 Gb saja, dengan pemakaian sehemat ini tentunya tidak membuat server saya kehabisan resource bukan? serta membuat visitor (pengunjung) blog saya terasa nyaman sewaktu membaca artikel-artikel saya yang tidak seberapa ini:v.

Dari segitu fitur CDN Gambar imagekit, juga lumayan cukup lengkap, dan sangat membantu sekali untuk blog saya adapun fitur fitur yang diberikan imagekit sebagai berikut.

Fitur CDN Gambar Imagekit.io

  1. OPTIMIZATION
  2. NETWORK OPTIMIZATION
  3. DEVICE-BASED
  4. SECURITY
  5. NAMED TRANSFORMS
  6. MEDIA LIBRARY
  7. ADVANCED
  8. Purge Cache
  9. Usage Analytic
  10. URL ENDPOINTS

Semua fitur diatas bisa kamu dapatkan di versi gratis, namun sayangkan kamu hanya bisa menggunakan 20GB penyimpanan saja, kalau melebihi batas 20GB penyimpanan di imagekit kamu harus membayar, untuk daftar harga paket CDN Gambar imagekit bisa kamu lihat dibawah ini.

imagekit paket

FOREVER FREE PLAN

$0 $18/ month Up to 20GB per month Includes the following features

  1. Unlimited requests and transformations
  2. Media Library with free storage
  3. Complete set of image-related features
  4. Email support with 48-hr SLA

PREMIUM PLAN

$49 $/ month Includes 40GB per month Thereafter, $9 / 20GB bandwidth

  1. 1 custom domain like img.yourdomain.com
  2. Automated image analysis reports
  3. One-time 30 minute consultation with an image optimization expert
  4. Live chat & 12-hr SLA support tickets
  5. 5 user accounts for login

Bagaimana Cara Daftar Imagekit Dan Mengkonfigurasikan CDN Imagekit Ke WordPress? Untuk kamu yang tertarik menggunakan CDN Gambar dari imagekit dan ingin panduan cara konfigurasi CDN Imagekit di wordpress kamu bisa mengikuti panduannya di bawah ini.

Cara Daftar CDN Gambar Imagekit.io & Konfigurasi CDN Imagekit Di WordPress

Daftar Imagekit.io

Langkah pertama untuk mendaftar CDN imagekit masuk ke halaman register imagekit kemudian isikan data informasi yang diminta setelah semua data yang diminta udah kamu isi Klik Sign Up.

Verifikasi Email imagekit

Kedua kamu akan mendapatkan email notifikasi “Email Verification Pending” buka inbox di gmail kamu kemudian klik Url verifikasi dari imagekit.io untuk mengaktifkan akun imagekit.io, setelah itu kamu coba login menggunakan akun yang barusan kamu buat tadi.

Artikel Lainnya: Cara Memasang DMCA Protection Di WordPress
Pemilik Imagekit

Di bagian Getting Started “TO TAILOR THE BEST EXPERIENCE, HELP US UNDERSTAND A BIT ABOUT YOU” di bagian Your Role pilih Founder/CEO dan di bagian Goal kamu pilih Faster CDN kemudian klik Next.

Id Imagekit

Langkah selanjutnya, setelah berada di Imagekit ID kamu buat url cdn gambar kamu, contohnya Cdnkompirasi dan untuk region pilih Singapore karena ini negara terdekat kita, hal ini agar kita mendapatkan lokasi server di singapore, kemudian klik next.

Proses Setup CDN Imagekit

Di bagian Finish Setup kamu kelik “Attach Existing Origin in imagekit.io nanti kamu akan diarahkan kehalaman selanjutnya.

Add New Origin

Selanjutnya Klik Add New Origin.

Cdn name imagekit

Selanjutnya kamu diminta untuk mengkonfigurasi situs kamu, masih di bagian add new origin, di menu origin name isi nama cdn server kamu contoh “CDN Gambar” dan di bagian menu origin type Pilih Web Folder – HTTPS (S) Server and magento, shopify, wordpress, etc dan untuk cms lainnya bisa kamu pilih sesuai yang kamu inginkan. dan untuk Base Url isikan url website kamu untuk advanced biarkan saja default kalau sudah klik Submit, nah untuk menu lainnya di bagian Imagekit dashboard biarkan saja default, namun disini ada faktor penting yang harus di lakukan, yaitu mengkonfigurasi imagekit cdn ke wordpress kamu.

Add New Url Endpoint

Untuk mengkonfigurasi cdn imagekit ke wordpress masuk kemenu Url Endpoint, copy url endpoint yang diberikan imagekit.io.

Plugin Imagekit

Step selanjutnya login wordpress kamu, kemudian masuk kemenu Plugin > Tambah Baru > Kemudian Tulis di kolom search plugin Imagekit, kemudian pasang dan aktifkan.

Artikel Lainnya: Cara Setting Plugin Wp Fastest Cache Terbaru & Fast Loading
Cname Imagekit

Setelah kamu sudah mengcopy url endpoints, dan sudah menginstall plugin imagekit, masuk ke menu settings di imagekit, kemudian di bagian Steps to confiugre imagekit.io, di menu Imagekit Url Endpoint (or cname) masukan url endpoints tadi dan kemudian biarkan saja seluruh pengaturan seacara default kemudian save.

Url Imagekit Di WordPress

Terakhir kamu check apakah CDN Imagekit sudah terpasang dengan benar caranya bisa dengan menekan CTRL + U Secara bersamaan dan lihat source gambarnya, kalau sudah muncul ik.imagekit.io sesuai url endpoints kamu berarti kamu sudah berhasil melakukan konfigurasi cdn imagekit.

Kesimpulan

Dengan menerapkan CDN imagekit di wordpress kamu, hal ini belum membuat blog kamu terasa semakin cepat, ada hal penting yang harus kamu lakukan lagi, yaitu mengkombinasikan Plugin Wp Fastest Cache, dan CDN Cloudflare (Tanpa Proxy kuning Alias menggunakan proxy abu-abu cloudflare) untuk refrensinya kamu bisa baca di artikel saya yang sebelumnya yang berjudul Cara Setting Cloudflare Dengan Plugin Wp Fastest Cache

Arif Wibowo Hidayatullah
" Merangkai Sebuah Kata Itu Sangatlah Mudah, Tapi.. Merangkai Sebuah Mimpi Itu Sangatlah Sulit..." (Arif Wibowo)