Jangan Lewatkan 8 Cara Mengganti Password Wifi Lewat Hp yang Harus Kamu Coba 

Memiliki koneksi internet tersendiri menjadi salah satu kebutuhan yang sepertinya sudah harus dipenuhi saat ini. Oleh sebab itu diperlukanlah cara mengganti password wifi lewat Hp yang cukup mudah. Mengapa harus tau cara mengganti password wifi ? berikut ini penjelasannya. 

Hal penting dari penggunaan wifi adalah adanya password, hal ini berfungsi untuk menjaga penggunaan wifi anda dari orang lain. Meskipun akses wifi ini terbilang cukup luas dan muatannya banyak tapi password ini sudah menjadi kunci utama dari sebuah wifi.

Baca juga: download aplikasi di laptop 

Coba saja jika hanya satu wifi namun dengan jumlah pengguna yang cukup banyak dan sudah diluar dari kapasitas yang telah ditentukan, tentu jaringan wifi akan menjadi lambat, oleh sebab itu anda perlu tahu cara mengganti password wifi lewat hp.

Untuk mempermudah pemahaman anda terkait password wifi ini yaitu melihat fungsi password yaitu supaya tidak semua orang bisa mengakses koneksi internet dari wifi tertentu. Namun sudah diketahui bahwa pada wifi sudah memiliki sistem keamanan bawaan.

Namun dengan kecanggihan teknologi saat ini meskipun wifi sudah memiliki password, bisa saja wifi anda ditebak oleh pengguna lain dengan cara tertentu, makanya anda perlu sering mengganti password dari wifi anda.

Cara mengganti password WiFi lewat hp

Untuk penjelasan lebih lengkap dan lebih terurai terkait bagaimana cara mengganti password wifi lewat hp yang mudah, praktis dan tidak ribet, bisa anda simak ulasannya berikut ini.

Cara Mengganti Password Wifi Lewat Hp

Awal kemunculan wifi ini untuk mengganti passwordnya hanya bisa dilakukan dengan menggunakan sebuah laptop, komputer, maupun PC. Namun saat ini dengan didukung kecanggihan teknologi untuk mengganti password wifi sudah bisa dilakukan menggunakan hp.

Melalui smartphone android saat ini siapapun sudah bisa mengganti password wifinya, dengan melalui beberapa langkah dan cara seperti berikut ini.

1.       Menghidupkan Akses Internet

Langkah pertama cara mengganti password wifi lewat Hp anda harus memastikan sudah memiliki koneksi internet yang telah terhubung dengan Hp android anda  menggunakan jaringan wifi yang akan diganti passwordnya.

2.       Menyiapkan Browser

Lalu langkah kedua setelah berhasil terhubung dengan jaringan wifi, anda bisa lanjut dengan membuka akses browser, nah disini anda bisa menggunakan browser kesayangan anda. berbagai jenis browser yang sudah tersedia saat ini seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, dll.

3.       Buka Alamat Untuk Proses Login

Buka pengaturan wifi

Setelah masuk ke browser, cara mengganti password wifi lewat hp bisa dilakukan dengan harus login ke wifi yang akan diganti passwordnya. Apabila anda menggunakan jaringan internet khusus IndiHome maka anda bisa mengaksesnya pada alamat yang sudah ditentukan.

Namun jika jaringan yang anda gunakan bukan dari IndiHome seperti TP-Link dan yang lainnya, anda bisa melihat informasi dan mendapatkannya pada alamat login yang terletak pada bagian router Wifi yang anda gunakan tersebut.

4.       Login Ke Wifi

Jika anda sudah selesai membuka alamat untuk akses login ke wifi tersebut, langkah selanjutnya dari cara mengganti password wifi lewat hp yaitu anda bisa melakukan login ke wifinya, yang terletak pada halaman login yang sudah ada.

Pada halaman login tersebut biasanya sudah ada kotak untuk mengisi username dan password, apabila passwordnya belum pernah diubah maka anda akan mengisi username dan password yang default.

5.       Membuka Menu Management

Setelah berhasil melakukan login, anda akan masuk ke halaman utama. Disini anda akan memilih menu management yang biasanya masing-masing router memiliki tampilan yang berbeda, namun disini anda bisa mencarinya terlebih dahulu.

6.       Menulis atau Memasukkan Password Baru

Beberapa rangkaian atau langkah-langkah diatas merupakan cara mengganti password wifi lewat hp yang cukup mudah sehingga anda tiba di langkah intinya, yaitu memasukkan password yang baru. Disini anda menunggu pada halaman Management yang terbuka.

✔️  Fitur Terbaru dan Cara Setting Aplikasi Youtube Untuk Android Khusus Anak-Anak

Lalu aka nada form yang anda bisa mengisinya dengan password yang baru, sebaiknya anda memastikan menggunakan password yang sulit untuk ditebak orang-orang agar koneksi wifi anda tidak lambat.

Untuk penggunaan wifi anda bisa melakukan kombinasi menggunakan huruf, angka, huruf besar, huruf kecil maupun symbol. Dengan penggunaannya ini maka password wifi anda akan menjadi susah untuk ditebak.

Namun anda perlu memastikan untuk mengingat password anda dengan baik, jangan sampai karena terlalu sulit sehingga anda pun susah untuk mengingatnya.

7.       Apply Password

Mengganti WiFi lewat hp

Di form halaman management sebelumnya, biasanya terdapat tombol apply. Jadi setelah anda memasukkan atau menuliskan password yang baru pada kotak yang ada, maka langkah selanjutnya yaitu anda bisa menekan tombol apply untuk mengganti password anda yang sebelumnya.

Nah setelah proses tersebut, maka anda sudah bisa memastikan bahwa password wifi yang lama sudah terganti dengan password wifi yang baru.

8.       Password Wifi Sudah Berhasil Diganti

Nah jika semua proses diatas sudah anda lakukan, selamat anda sudah bisa dan berhasil tahu cara mengganti password wifi lewat hp. Jika sudah berhasil terganti maka semua perangkat yang terhubung sebelumnya akan terputus secara otomatis.

Semua perangkat yang sebelumnya terkoneksi harus melakukan koneksi ulang jika ingin kembali terhubung. Otomatis perlu tahu dulu password barunya kan, jadi anda pintar-pintar saja memilih orang-orang untuk terhubung dengan wifi anda.

Hal ini termasuk dengan hp android yang anda gunakan untuk mengubah password wifi tersebut, untuk kembali terkoneksi juga harus menggunakan dan melakukan proses login lagi.

Cara tersebut sudah termasuk sebagai langkah termudah untuk mengganti password wifi dan hanya menggunakan smartphone saja. Dibandingkan dengan cara yang dulu harus menggunakan laptop, komputer maupun  PC. Cara yang satu ini sudah terbilang cukup mudah.

Hadirnya kemudahan yang satu ini patut disyukuri, agar siapapun yang sudah merasakan jaringannya melambat maka bisa langsung mengganti password wifi dengan menggunakan smartphonenya saat itu juga dan menggunakan langkah-langkah yang sudah dijelaskan diatas.

Meskipun wifi memiliki jangkauan yang banyak namun tetap saja akan melambat jika sudah berlebihan atau melampaui batasnya, tentu hal ini akan mengganggu aktivitas anda, terlebih jika anda menggunakannya untuk bekerja maupun melakukan pertemuan secara online.

Manfaatkan kecanggihan teknologi dengan sebaik-baiknya, cari tahu cara terbaik dan termudah. Bisa saja menolong segala masalah dan aktivitas anda untuk kedepannya dengan berbagai jenis solusi yang disiapkan.

Itulah penjelasan dan langkah-langkah dari cara mengganti password wifi lewat hp yang bisa anda gunakan di kehidupan sehari-hari baik itu dirumah maupun di tempat kerja. Semoga informasinya bisa bermanfaat dan membantu anda dari segala permasalahan yang terjadi. 

Leave a Comment