Jenis Kamera CCTV dan Kelebihannya

Jenis Kamera CCTV dan Kelebihannya
Source Gambar: Pixabay.com

Perkembangan zaman yang sudah semakin maju membuat banyak perubahan pada berbagai hal, termasuk teknologi. Sekarang ini kita mungkin tidak akan merasa asing lagi dengan hadirnya kamera CCTV pada setiap gedung-gedung terutama gedung komersial ataupun supermarket.


CCTV ini sudah banyak digunakan oleh orang-orang karena banyaknya manfaat yang bisa diberikan kepada para penggunanya, seperti bukti apabila terjadi suatu kejahatan tertentu, kecelakaan, ataupun hal- hal berbahaya lainnya. Kamera ini juga dapat digunakan sebagai alat untuk kegiatan memonitor dan controlling suatu area yang tentunya sangat berguna untuk profesi security. Kami sudah berpengalaman memasang CCTV di kota Medan, dan bisa dikatakan security adalah faktor yang sangat dibutuhkan dalam rumah tinggal maupun tempat usaha.

Kehadiran kamera CCTV ini tentunya membawa banyak perubahan dan juga manfaat yang sangat menguntungkan bagi para penggunanya. Tahukah kamu? Jika kamera CCTV yang banyak digunakan di pasaran adalah jenis CCTV Dome dan Bullet Camera loh, selama menjadi penyedia jasa pasang cctv medan kedua kamera tersebut direkomendasikan karena itu harganya terjangkau dan mereka menyediakan varian bentuk yang banyak dan bisa kita sesuaikan dengan ruangan kita.

Nah, biar kamu semakin paham dengan kamera CCTV maka simak penjelasan tentang jenis-jenis kamera CCTV dibawah ini ya!

Jenis-jenis kamera CCTV yang beredar di pasaran memiliki jenis dan ukuran yang berbeda-beda pula.

Untuk kamu yang berencana ingin menggunakan kamera CCTV maka simak keterangan dibawah ini yuk!

1. CCTV Dome

CCTV dome

Asal mula penyebutan Dome berawal dari bentuk kameranya sendiri yang sangat serupa dengan bentuk kubah. Bentuknya yang seperti kubah ini ditujukan agar arah kamera CCTV nya tidak terlihat namun untuk kameranya sendiri terlihat oleh mata.


Jenis kamera CCTV ini yang paling laku dijual adalah kamera dengan tipe fix yang hanya mengarah ke 1 sudut ruangan saja dengan jangakauan fokus dan luas pandangannya yang beragam yang disesuaikan dengan spesifikasi lensa kameranya.


Jenis kamera Dome ini juga memiliki tipe kamera yang sangat laku yaitu tipe ‘’Speed Dome’’ yang dirancang dengan kemampuan PTZ dengan harga yang relative mahal bila dibandingkan dengan tipe kamera Dome yang biasanya.


Selain itu, kamera CCTV yang satu ini juga memiliki banyak kelebihannya seperti bentuk kameranya yang modis, cara penginstalan kameranya yang mudah, arah lensa kamera yang sulit untuk ditebak, tidak perlu membeli lensa tambahan, dapat mendeteksi tingkat cahaya pada suatu ruangan, memiliki LED Inframerah yang menyala ketika lampu padam, dan mudah untuk disambungkan ke televisi ataupun perangkat sambungan yang lainnya.

2. CCTV PTZ

cctv ptz

PTZ sendiri merupakan singkatan dari PAN TILT ZOOM. PAN sendiri memiliki arti bahwa kamera memiliki kemampuan untuk dapat bergerak ke kiri dan ke kanan, TILT memiliki arti bahwa kamera memiliki kemampuan untuk dapat bergerak ke atas dan ke bawah, sedangkan ZOOM sendiri memiliki arti bahwa kamera memiliki kemampuan untuk dapat memperbesar gambar bahkan hingga berkali kali lipat.


Umumnya, kamera ini digunakan pada kegiatan pemantauan suatu wilayah dengan jangkauan yang sangat luas seperti pada bandara dan lapangan. Kamera CCTV ini akan sangat mudah dalam memonitor suatu area hanya dengan menggunakan 1 kamera saja karena kamera ini sudah diatur agar bisa memutar dan dikendalikan secara manual melalui controller.


Selain itu, kamera ini juga dirancang dengan berbagai kelebihan yang bisa membantumu dalam kegiatan controller seperti kendali kontrol jaral jauh dengan zoom in atau zoom out, memiliki lensa kamera yang bisa berputar hingga 360 0 (horizontal) dan 180 0 (vertical),dapat bergerak otomatis sesuai perintah pengguna, dapat mendeteksi gerak-gerik yang mencurigakan dan menghasilkan resolusi gambar yang cukup tinggi.

3. CCTV Box

cctv box standar

Kamera CCTV yang satu ini memilki bentuk yang hampir mirip dengan bentuk box karena desain kameranya yang dirancang dengan bentuk kotak sehingga dinamakan CCTV Box. Kamera ini juga dapat melakukan zoom bila diposisikan pada suatu bidang tertentu.


Adapun kelebihan dari kamera ini adalah bisa melakukan kemampuan zoom bila diposisikan pada bidang vertical sehingga bisa menangkap gambar dengan jelas dan bisa diposisikan di luar jangkauan tangan.

4. CCTV Day and Night

day of night

Kamera cctv yang satu ini dapat digunakan pada berbagai jenis pencahayaan seperti namanya mulai dari gelap hingga terang. Kamera ini juga dapat merekam gambar dengan pencahayaan yang minim ataupun saat ada cahaya matahari yang langsung mengenai lensa kamera ini.


Keunggulan dari kamera cctv tipe ini adalah mampu beradaptasi dengan berbagai kondisi cahaya baik itu sinar matahari langsung, cahaya yang kuat, atau refleksi, memiliki jangkauan yang luas dan bisa dipasang pada berbagai lokasi pencahayaan yang berlebihan dan lokasi yang sangat gelap.

5. CCTV Spy

spy cctv

Kamera CCTV yang satu ini memiliki ukuran yang sangat kecil dan sengaja dibentuk pada ukuran kecil agar tidak mudah disadari keberadaannya. Kamera CCTV ini biasa digunakan untuk kegiatan spy dan memiliki banyak jenis dan rupanya.


Biasanya bentuk kamera ini bisa berbentuk pulpen, bross, hiasan dinding, dan barang lainnya yang ditempatkan pada area yang sulit disadari keberadaanya. Kamera ini memiliki kelebihan yaitu bentuknya yang sangat kecil memudahkan penggunanya melakukan kegiatan kontrol tanpa mudah disadari keberadaannya.


Dengan mempelajari jenis-jenis CCTV diatas mungkin akan membantumu dalam memilih jenis CCTV yang sesuai dengan bentuk rumah dan perencanaanmu sebelumnya. Selamat bekerja!

Arif Wibowo Hidayatullah
" Merangkai Sebuah Kata Itu Sangatlah Mudah, Tapi.. Merangkai Sebuah Mimpi Itu Sangatlah Sulit..." (Arif Wibowo)