Beranda Berita Terkini Kopi Gayo: Jual Kopi Gayo Aceh Asli Di Kota Medan

Kopi Gayo: Jual Kopi Gayo Aceh Asli Di Kota Medan

86
0
Kopi Gayo: Jual Kopi Gayo Aceh Asli Di Kota Medan
Jual Kopi Gayo Aceh Asli Di Kota Medan
Kopi Gayo

Kopi gayo adalah salah satu jenis kopi yang cukup terkenal di kalangan Dunia, dimana kopi ini tumbuh di ujung pulau Sumatera. Kopi gayo adalah varietas kopi yang menjadi salah satu unggulan yang berasal dari Dataran Tinggi Gayo, Aceh Tengah, Indonesia atau disebut juga kota Takengon. Dimana pada 27 Mei 2010, Kopi Gayo mendapatkan “Fair Trade Certified” dari Organisasi Internasional Fair berupa sertifikat IG (Indikasi Geografis) yang diserahkan oleh Kemenkumham RI. Pada 10 oktober 2010 Kopi Gayo juga meraih peringkat tertinggi saat cupping score di acara Lelang Special Kopi di Bali. Hal ini tentu membuat Kopi Gayo sebagai kopi organic terbaik dunia.

Bagaimana Karakter dan Ciri Khas Rasa Kopi Gayo ?

Rasa Kopi Gayo

Karakter rasa kopi gayo yang kuat, serta tingkat keasamannya yang rendah dengan sedikit rasa rempah(spice), membuatnya sangat digemari terutama di Amerika Serikat dan Eropa. Karakternya yang clean membuat kopi ini sangat laku dijadikan sebagai campuran House Blend. Ciri khas kopi ini adalah cenderung memiliki rasa yang tidak konsisten. Hal ini terjadi karena letak daerah perkebunan kopi di daerah Dataran Tinggi Gayo ini memiliki ketinggian yang berbeda-beda dan varietasnya yang beragam sehingga membuatnya memiliki cita rasa yang berbeda-beda pula.

Perkebunan Kopi di Dataran Tinggi Gayo ini berkisar pada ketinggian tanah sekitar 1000-1500 meter diatas permukaan laut.

Kenapa disebut Kopi gayo ?

Karena kopi ini tumbuh di daerah pegunungan Gayo, dimana Gayo itu sendiri ialah sebuah suku bernama Gayo yang tinggal di daerah tersebut yaitu Takengon, Bener Meriah dan Gayo Lues. Dengan tekstur tanah yang bagus dan subur tentu membuat hampir semua para pekerja disana adalah sebagai Petani. Hal itu juga yang membuat para petani disana adalah penghasil kopi terbaik yang banyak dikenal dunia.

Bagaimana pemrosesan Kopi gayo ?

Secara garis besar, pemrosesan kopi gayo terdapat dua acara pengolahan yaitu pengolahan basah dan pengolahan kering.

Perbedaan dari kedua proses tersebut ialah pada proses kering pengupasan daging buah, kulit tanduk dan kulit ari dilakukan setelah biji kopi kering ( kopi gelondong ), sedangkan pada proses basah pengupasan daging buah dilakukan sewaktu biji kopi masih basah.

Berapa Harga Kopi Gayo Kami?

Kopi Gayo: Jual Kopi Gayo Aceh Asli Di Kota Medan

Untuk Pemesanan Kopi Arabika Gayo dapat dipesan melalui Jeroh Coffee

Kopi Gayo

Akun shopee : jerohcoffee

Wa/Telp : 082363666677

Berikut Review kopi dari produksi Jeroh Coffee yang berasal dari Kota Takengon, Aceh tengah, Aceh, Indonesia.

Metode dari pengolahannya adalah metode pengolahan basah. Secara Umum dimana kopi diproses  melalui 7 tahap yaitu Pengumpulan, Pulping, Fermentasi, Pencucian, Pengawetan dan Penyimpanan.

  • Pengumpulan

Hasil panen kopi dikumpulkan mejadi satu dan disimpan sampai seluruh hasil panen kopi siap untuk masuk ke proses tahap selanjutnya.

  • Pulping

Di proses ini biji buah kopi dipisahkan dari kulit terluarnya. Cara kerjanya adalah dengan dilakukan didalam air mengalir. Hal ini nantinya akan menghasilkan biji kopi tanpa kulit yang berbeda-beda.

  • Fermentasi

Pada proses ini bertujuan untuk melepaskan daging buah yang berlendir yang masih melekat pada kulit tanduk. Adapun di Jeroh Coffee kopi Arabika Luwak Liar yang dihasilkan sudah difermentasikan oleh hewan luwak liar sehingga petani tinggal mengumpulkan dan melanjutkan proses ke tahap pencucian dan seterusnya.

  • Pencucian

Pada proses pencucian bertujuan untuk memudahkan proses pemisahan daging buah dan proses pengeringan. Dimana dilakukan secara manual pada buah kopi dari bak fermentasi yang dialirkan dengan air melalui saluran dalam bak pencucian yang diaduk.

  • Pengeringan

Pengeringan dilakukan sehingga membuat kadar air berkurang dari 60% menjadi 53% tergantung varietas kopinya. Penegringan dilakukan pada sinar matahari hingga kadar air berkisar 12% sehingga dapat menjaga stabilitas penyimpanannya. Contoh seperti varietas Kopi Arabika Speciality  dari Jeroh Kopi memiliki kadar air sekitar 12% dan Arabika Premium memiliki kadar air 15%.

  • Pengawetan

Setelah selesai proses pengeringan kopi dicuci Kembali agar siap untuk proses pengawetan.

  • Penyimpanan

Proses penyimpanan bertujuan untuk mengawetkan kopi yang telah diproses sebelumnya. Dimana buah kopi yang disimpan dalam bentuk buah kopi kering atau buah kopi parchment kering. Biji kopi Kadar Air adalah berkisar 12% dan RH udara tidak lebih dari 74%.

Untuk Lebih Detail Proses Pengolahan setiap Kopi bisa cek akun Shopee dengan user jerohcoffee atau menghubungi wa 082363666677.

Berikut adalah jenis-jenis varian kopi yang disediakan oleh Jeroh Coffee :
  1. Gayo Arabica Speciality
  2. Gayo Arabica Luwak Liar
  3. Gayo Arabica Wine
  4. Gayo Arabica Full Wash
  5. Gayo Arabica Semi Wash
  6. Gayo Arabica Natural Wash
  7. Gayo Arabica Honey Process
  8. Gayo Arabica Pea Berry
  9. Gayo Arabica LongBerry
  10. Gayo Arabica Grade I
  11. Gayo Arabica Premium

Untuk pemesanan bisa berupa bubuk yang sudah jadi ataupun biji kopi hijau (green beans). Berminat silahkan hubungi kontak diatas, untuk rasa dijamin tidak mengecewakan karena dihasilkan langsung dari daerah Dataran Tinggi Gayo dan diproduksi langsung oleh petani.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here