Kelebihan, Kekurangan Aplikasi Facebook Lite untuk Android dan Cara Mengunduhnya 

Siapa yang tak kenal Facebook? Salah satu aplikasi besutan Marc Zuckerberg ini tentu sudah dikenal dan digunakan banyak orang. Tak hanya Facebook biasa saja yang bisa digunakan, kini bahkan tersedia aplikasi Facebook lite untuk Android. Versi Facebook yang satu ini tentu berbeda dengan versi yang biasa.

aplikasi Facebook lite untuk Android

Banyak kelebihan yang dimiliki Facebook lite sehingga membuatnya banyak dipilih dan digunakan. Meski memiliki banyak kelebihan sebagai penawaran keuntungan bagi pengguna, dalam Facebook lite juga terselip kekurangan yang menjadi kelebihan versi aplikasi yang satu ini.

Meski demikian, jumlah pengguna yang memilih Facebook lite tentu tetap diuntungkan dengan sejumlah kelebihan yang dimilikinya. Lalu apa saja kelebihan, kekurangan dan juga cara download aplikasi Facebook lite untuk Android ini? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Kelebihan Aplikasi Facebook Lite untuk Android

  1. Proses Loading Tidak Lama

Salah satu kelebihan Dari aplikasi Facebook versi lite ini adalah dari segi proses loadingnya. Facebook lite tidak membutuhkan proses yang lama, dengan demikian anda tidak perlu menunggu lama untuk proses loadingnya. Proses loading yang cepat tentu bisa membuat Anda merasa lebih nyaman bukan?

  1. Hemat Data

Tidak hanya proses loading nya yang memakan waktu cuma sebentar saja, kelebihan aplikasi Facebook lite untuk Android yang lainnya adalah perihal kehamatan datanya. Dengan adanya kelebihan ini, data yang Anda gunakan tidak akan cepat habis karena aplikasi ini tidak akan terlalu memakan banyak kuota ketika digunakan, hemat data bisa Anda rasakan bukan?

  1. Tampilannya Sederhana

Kelebihan lainnya adalah datang dari tampilan Facebook lite yang sederhana. Hal ini berasal dari fitur yang dimilikinya tidak sekompleks Facebook biasanya. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari tampilan aplikasi yang ribet dan menganggu. Cocok sekali digunakan oleh Anda yang memang tidak mau ribet dan ingin menggunakan aplikasi dengan tampilan sederhana.

  1. Tidak Ada Batasan Akses Jaringan

Lebih lanjut aplikasi Facebook lite untuk Android ini juga tidak mendesign aplikasinya dengan batasan akses jaringan. Dengan begitu semua jaringan bisa mengaksesnya dan bagi Anda yang bahkan tidak memungkinkan mengakses 4g atau 5g tenang saja, jaringan dibawah itu juga tetap bisa menggunakan Facebook versi lite ini.

  1. Ukuran Aplikasinya Tergolong Kecil

Selain sejumlah kelebihan di atas, masih ada kelebihan lain yang ditawarkannya. Yakni perihal ukuran aplikasinya yang tergolong kecil. Maka dari itu, untuk ponsel yang memiliki RAM kecil tidak perlu khawatir kehabisan ruang ketika menggunakannya.

Setiap ada kelebihan pasti tidak akan jauh dari kekurangan, pun begitu juga dengan aplikasi Facebook lite untuk Android yang juga memiliki kekurangan didalamnya. Kiranya inilah sejumlah kekurangan yang bersemayam dalam aplikasi tersebut.

Kekurangan Aplikasi Facebook Lite Untuk Android

  1. Kualitas dari Gambar Tidak Maksimal

Perihal gambar, baik mengunduh atau juga mengupload Facebook lite tidak bisa memberikan kualitas yang maksimal. Pasalnya aplikasi ini tidak sama dengan main application yang dimiliki oleh Meta. Meski demikian, kualitas gambar baik dari hasil pengunduhan maupun juga penguploadannya tidak terlalu buruk dan masih bisa dikatakan mumpuni.

  1. Fiturnya Kurang Lengkap.

Kekurangan lain dalam aplikasi Facebook lite untuk Android ini berasal dari fiturnya yang kurang lengkap. Ketidaklengkapan fitur ini tentu saja karena ukurannya yang tidak besar. Walaupun begitu, versi satu ini tetap bisa menghadirkan sejumlah fitur utama yang umumnya digunakan oleh para pengguna. Seperti news feed, videos, message dan juga notifikasi nya.

  1. Perihal Load Konten Tidak Bisa Dilakukan Otomatis

Tidak hanya itu, untuk urusan load kontennya saja aplikasi ini tidak didesain secara otomatis. Jadi jika ingin meload sebuah konten, Anda harus melakukannya secara manual. Hal ini juga bersumber dari rancangan aplikasi yang sengaja dibuat dengan ukuran memori kecil, jadi load konten otomatis hanya bisa dilakukan jika menggunakan aplikasi biasa saja.

✔️  2 Cara Memblokir Kontak Di Telegram

Sejumlah kelebihan dari kekurangan dari aplikasi Facebook lite untuk Android di atas, bisa menjadi bahan pertimbangan bagi Anda untuk memutuskan apakah hendak menggunakannya atau tidak. Untuk bisa lebih melengkapi informasi Anda simak sejumlah perbedaannya dengan aplikasi standar yang disediakan oleh Meta yakni Facebook bisa berikut ini.

Perbedaan Facebook Versi Lite dengan Versi Biasa

  1. Dari Segi Tampilannya

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, aplikasi versi lite yang ditawarkan Marc Zuckerberg ini memang hanya mampu menyediakan tampilan yang tergolong sederhana. Berbeda dengan aplikasi utamanya yang memiliki tampilan dengan cukup kompleks. Meski demikian perbedaan tampilan ini tentu bisa disesuaikan dari kenyamanan Anda yang akan menggunakannya.

  1. Besaran Aplikasi

Tidaj hanya itu, perbedaan aplikasi Facebook lite untuk Android dengan versi aplikasi biasa. Lite memang sengaja dirancang untuk memiliki bobot yang lebih kecil, karena untuk bisa digunakan oleh para pengguna Android dengan kapasitas RAM kecil sekalipun. Berbeda dengan aplikasi utamanya yang memiliki bobot cukup berat karena lebih lengkap terkait fitur, tampilannya dan masih banyak lagi yang lainnya 

  1. Penggunaan Data atau Jaringan

Berbicara perihal kestabilan jaringan, aplikasi lite bisa dikatakan lebih stabil dibanding dengan aplikasi utamanya. Kembali lagi ke skala bobot Facebook lite yang lebih rendah maka kestabilan jaringan tidak begitu jadi masalah, pun demikian dengan penggunaan datanya yang terbilang irit atau hemat. Berbeda dengan Facebook biasa yang bisa diakses jika jaringan ponsel Anda stabil atau memadai.

Setelah mengetahui sejumlah kelebihan, kekurangan bahkan perbedaan antara aplikasi Facebook lite untuk Android dan yang biasa, maka jangan lewatkan juga cara atau step untuk mengunduhnya berikut ini.

Cara Mengunduh Aplikasi Facebook Lite Untuk Android

  1. Pastikan Jaringan Anda Memadai

Langkah pertama yang mesti dilakukan adalah memastikan jaringan Anda memadai untuk melakukan pengunduhan. Karena jika tidak maka akan sulit melakukan pengunduhan dalam kondisi jaringan tidak support bahkan tidak stabil.

  1. Buka Playstore

Tidak jauh berbeda dengan cara mengunduh aplikasi pada umumnya, untuk mengunduh aplikasi Facebook lite untuk Android juga demikian. Anda bisa langsung membuka playstore sebagai sumber pengunduhan aplikasi, dengan begitu Anda bisa langsung mengikuti langkah lainnya berikut ini.

  1. Cari Facebook Lite

Setelah membuka playstore tersebut, langsung saja Anda ketik dan cari Facebook lite di menu pencarian pada playstore tersebut. Tentu saja ini cukup mudah, karena Anda bisa melakukannya selayaknya mengunduh aplikasi seperti biasanya.

  1. Langsung Klik Unduh

Setelah sejumlah langkah tersebut, maka langsung saja Anda klik unduh untuk bisa melakukan download aplikasi yang satu ini. Jika sudah Anda hanya perlu menunggu proses pengunduhan hingga selesai, biasanya ponsel akan langsung melakukan penginstalan secara otomatis seketika setelah aplikasi Facebook lite untuk Android berhasil diunduh dari playstore.

Dengan demikian, itulah sejumlah informasi yang berkaitan dengan aplikasi Facebook lite untuk Android baik perihal kelebihan, kekurangan, perbedaan dengan versi biasa bahkan tentang cara mengunduhnya. Semoga Anda tak bingung dan penasaran lagi perihal apa yang ada dalam aplikasi Facebook lite tersebut. 

 

Leave a Comment