Kenali 6 Ciri-Ciri Hosting Website Terbaik Sebelum Menggunakannya

Menentukan hosting website tidak boleh sembarangan, perlu hosting website terbaik untuk menunjang kelancaran proses berjalannya website Anda di masa depan, karena dengan menggunakan layanan hosting profesional masalah Anda akan dibantu oleh mereka.

Tidak hanya itu saja, masalah traffic kecepatan loading website juga bisa dipengaruhi jika Anda memilih penyedia hosting website yang buruk. Pastikan layanan hosting Anda memiliki ciri-ciri di bawah ini.

Ciri-Ciri Penyedia Hosting Website Terbaik

Pada penjelasan kali ini, Anda bisa mengetahui beberapa ciri-ciri yang bisa disebutkan dari rangkuman ini. Maka dari itu, akan lebih ideal jika Anda menyimaknya secara lebih jelas agar mendapat wawasan.

  1. Menyediakan Control Panel/ Cpanel Bagi Pengguna

Ciri pertama dari hosting website adalah mereka menyediakan control panel atau yang lebih dikenal sebagai Cpanel. tempat dimana pemilik website mengoperasikan website, mulai dari penyimpanan, html dan sejenisnya.

Cpanel ini bersifat krusial, karena jika hosting tidak menyediakan Cpanel pengguna akan kesulitan mengelola website. Apalagi mereka yang baru saja ingin belajar dan tidak terlalu faham dengan kinerja hosting dan sejenisnya.

Meskipun bersifat krusial sayangnya tidak semua penyedia hosting website terbaik memberikan layanan akses Cpanel, sebagai gantinya mereka menggunakan interface yang lebih sulit dipahami.

Ada beberapa fungsi penting yang ada pada CPanel guna mengoperasikan website, di antaranya:

  • Meng-upload, menghapus dan mengedit file
  • Menjadi tempat pengaturan akun email yang aktif di website.
  • Sebagai tempat membuat, menghapus dan mengubah folder website.
  • Sebagai tepat untuk membuat, menghapus dan mengubah subdomain website.
  • Menampilkan data statistik pada website.
  • Sebagai backup, database dan sejenisnya.
  • Menampilkan kondisi website, baik ruang penyimpanan dan sejenisnya.

Selain itu, mereka juga akan memberikan fasilitas web hosting uang mudah (user friendly) yang ditandai dengan penjelasan dan fitur yang sederhana tanpa neko-neko. Anda bisa mengetahui lebih banyak lagi.

Sehingga calon pengguna akan lebih mudah memahami bagaimana cara pemesanan, bagaimana cara penggunaan, hingga bagaimana cara mereka mengatasi permasalahan jika website sedang mengalami trouble.

  1. Memiliki Loading Website Cepat

Jaminan dari hosting website terbaik salah satunya ada pada seberapa cepat loading website ketika menampilkan data yang diinginkan pengunjung. Kecepatan loading ini akan mempengaruhi user experience saat mengunjungi website Anda.

Contoh saja sederhana, jika Anda membuka suatu situs dan ternyata proses loadingnya lama, maka Anda akan lebih memilih membuka website lain dengan informasi yang sama. Hal ini akan berpotensi menjadikan website Anda buruk di mata pengunjung.

Selain kecepatan loading, hosting website terbaik juga memiliki server yang stabil yang ditandai dengan rendahnya frekwensi downtime. Maka dari itu, sebaiknya pilih hosting yang memiliki uptime diatas 99%. jika memang terpaksa jangan gunakan jika persentase jauh dari 99%.

Untuk memastikan kualitas server, lakukan pengecekan pada spesifikasi server yang biasanya ada pada data center tiap penyedia hosting.

Data spesifikasi server yang akan disampaikan biasanya berupa data tentang teknologi server yang digunakan, kecepatan prosesor dari server, besar kapasitas RAM, hard disk, hingga seberapa cepat network speed mereka.

  1. Adanya Jaminan Keamanan Website

Jika Anda menggunakan hosting website terbaik, maka mereka akan menyediakan jaminan keamanan pada website Anda nantinya, sehingga Anda tidak perlu repot-repot melakukan serangkaian upaya agar website Anda tidak mudah diretas.

Sudah menjadi hal yang sangat umum jika layanan hosting memberikan layanan perlindungan website untuk Anda, mulai dari SSL, DDos, proteksi malware dan beberapa perangkat lainnya. Ada penyedia hosting yang sudah memberikan perangkat keamanan secara gratis dalam paket.

Pada paket yang ditawarkan ada juga yang perlu membelinya ulang, semua tergantung dengan jenis paket apa yang Anda beli. Jaminan keamanan pada penyedia hosting website terbaik tidak hanya pada websitenya saja juga pada garansi uang kembali yang diberikan pada perusahaan.

✔️  Hosting Indonesia Terbaik 2018 untuk WordPress

Hal itu jika memang pelanggan merasa tidak puas dengan kinerja dari hosting yang sudah dibelinya. Setiap pelayanan perusahaan hosting memiliki peraturan yang berbeda-beda, hal ini agar oknum pengguna yang iseng tidak semena-mena membeli.

Seain itu juga meminta garansi uang kembali. Perhatikan kebijakan yang ditetapkan oleh mereka, mulai dari nominal yang akan dikembalikan, berapa lama prosesnya dan yang paling penting bagaimana sistemnya.

  1. Adanya Fasilitas Kemudahan Mengembangkan Website

Maksud dari kemudahan dalam mengembangkan website ialah berupa adanya fasilitas yang memadahi yang disediakan penyedia hosting untuk mencapai tujuan dari pengguna membangun website.

Hosting website terbaik akan memberikan fasilitas bagi penggunanya untuk bisa melakukan apa tujuan mereka, mulai dari membangun bisnis, menyimpan portofolio, membuat blog, berjualan online, website profil sekolah dan lain sebagainya.

Sebagai pengguna juga seharusnya juga bijak dalam memilih paket yang ditawarkan, jangan asal murah namun ternyata tidak sesuai dengan spesifikasi yang diperlukan.

Contoh saya, jika Anda ingin memulai website bisnis pastikan paket dari penyedia hosting memberikan kapasitas pengunjung yang luar, penyimpanan yang pas, dan beberapa hal lainnya yang sekiranya mendukung.

Jika memang paket bisnis Anda terus berkembang dan membutuhkan pembaharuan, pastikan untuk menggunakan hosting yang menyediakan fitur upgrade yang akan memudahkan pengguna.

  1. Menyediakan Kapasitas Yang Memadai

Hosting website terbaik pastinya akan menyediakan kapasitas penyimpanan yang memadai sesuai dengan fungsi dan kegunaan dari website yang Anda bangun.

Mereka biasanya akan menjelaskan di setiap masing-masing paket yang ditawarkan, karena kapasitas yang semakin banyak juga biasanya akan membutuhkan biaya yang banyak pula.

Oleh sebab itu, memperhatikan paket hosting yang akan dibeli juga menjadi perkara penting yang tidak boleh sembarangan dilewati, sebab harga yang Anda berikan akan sebanding dengan sejauh mana fasilitas yang akan diberikan oleh mereka.

Dengan Anda memahami jenis paket yang digunakan, kalian juga akan memahami bagaimana website Anda akan disini nantinya. Jangan sampai Anda memilih paket dasar tapi website yang Anda bangun adalah website bisnis yang membutuhkan fitur lebih.

Tidak hanya sampai disitu saja, jika Anda merasa kurang memerlukan kapasitas tambahan kalian bisa melakukan pembaharuan dengan membeli ‘kuota’ tambahan.

Biasanya kalian bisa melakukan konsultasi kepada pihak customer service & support yang sudah wajib ada pada penyedia jasa profesional. Mereka akan memberikan sederet solusi untuk mengatasi masalah website Anda.

  1. Jangan Lupa Cek Review Pengguna Sebelumnya

Untuk mengetahui apakah calon hosting yang Anda gunakan merupakan hosting website terbaik atau tidak, kalian bisa melihat bagaimana review dari pengguna sebelumnya. Perhatikan baik-baik bagaimana pendapat orang terkait dengan layanan hosting yang akan Anda gunakan nantinya.

Karena biasanya ulasan dari pelanggan adalah yang paling jujur. Sebab mereka mengungkapkan bagaimana pengalaman mereka ketika menggunakan layanan dari perusahaan penyedia hosting. Pertimbangkan setiap kekurangan dan kelebihan yang disampaikan,.

Pastikan semua kekurangan dari perusahaan penyedia website tersebut yang paling minim berdampak pada bagaimana website Anda nantinya. Pada intinya, hosting terbaik adalah hosting yang mampu mencukupi kebutuhan para penggunanya.

Dengan segala macam layanan yang diberikan kepada siapapun dan di manapun. Sekian informasi tentang ciri-ciri hosting website terbaik, agar Anda bisa membangun website profesional tanpa salah arah.

Leave a Comment