Ketahui, Urutan Pertama Cara Membuat Blog Adalah

Hal paling penting yang harus diketahui oleh blogger pemula adalah tahu urutan pertama cara membuat blog adalah tentang apa. Tujuannya, jika langkah pertama yang dilakukan berhasil, maka pada langkah selanjutnya juga akan bisa berhasil.

Namun masih banyak sekali hal yang dilewatkan oleh para blogger pada langkah awal pembuatan blog.

Tahapan Penting yang Sering Dilewati Para Blogger

Tahukah Anda? Banyak sekali ternyata para blogger yang masih berlum tahu mengenai langkah pertama dalam membuat blog yang bisa berkualitas dan memiliki trafic tinggi. Kesalahan ini banyak ditemui pada blogger pemula.

Hal ini karena kurangnya pengalaman dalam mengelola blog dan belum tahu strategi yang tepat untuk terjun serius dalam blogger. Sehingga urutan pertama cara membuat blog adalah hal yang dianggap biasa dan bisa dilakukan secara sembarangan.

Padahal, langkah awal dalam pembuatan blog akan berpengaruh terhadap blog hingga masa-masa selanjutnya. Jika pada tahap awal saja sudah mengalami kekeliriuan atau terjadi sesuatu yang tidak pas, maka kebelakangnya juga akan merasakan dampaknya.

Kesalahan yang sering dilakukan oleh para blogger pemula ini tidak lain adalah mengabaikan pemilihan topik atau tema untuk blog yang akan dibuat.

Hal ini menjadi kesalahan fatal jika terus dilakukan oleh para blogger pemula. Alasannya, ada banyak dampak negatif yang akan dialami jika Anda mengabaikan pemilhan topik yang tidak pas dalam membuat dan mengelola blog pribadi Anda.

Urutan Pertama Cara Membuat Blog Adalah Seperti Apa?

Sama halnya yang telah disinggung sebelumnya, bahwa urutan pertama yang tidak bisa diabaikan dalam proses membuat blog adalah memilih topik menarik bagi blog yang akan Anda jalannya hingga seterusnya.

Pemilihan topik atau yang sering disebut dengan niche pada blog ini sangat penting dan akan menentukan bagaimana performa dari blog yang dijalankan. Dan berikut ini akan dicantumkan beberapa pilihan topik menarik untuk blog pribadi Anda.

  1. Blog dengan Topik Review Produk

Hingga Kini konten dengan topik review produk masih memliki tingkat minat baca yang tinggi. Banyak orang lebih melihat kualitas produk dari review di blog. Sehingga memilih topik ini sebagai urutan pertama cara membuat blog adalah hal yang sangat tepat.

Blog yang memilih topik review produk juga sangat mudah dalam pembuatan kontennya. Dengan peluang yang sangat besar ini, tentu Anda harus lebih kreatif dan baik dalam membuat konten yang berisi topik satu ini.

Keuntungan yang bisa didapatkan dengan memilih topik review produk yakni mandapatkan banyak pengunjung. Selain itu, ada kemungkinan juga bahwa Anda akan mendapatkan endorse dari suatu brand jika konten yang dibuat berkualitas.

  1. Topik yang Menyajikan Perbandingan Suatu Produk

Hampir mirip dengan review produk, topik perbandingan produk sama-sama menjelaskan suatu roduk tertentu. Namun yang menjadi perbedaannya adalah, pada konten ini Anda harus membandingkan antar produk dari segi kelebihan dan kekurangannya.

Sebagai urutan pertama cara membuat blog adalah dengan memilih topik perbandingan produk, Anda diharuskan membuat konten dengan adil.

Untuk itu, buatlah konten yang jujur dengan spesifikasi yang tidak berat sebelah terhadap setiap produk yang dibandingkan dalam konten blog pribadi milik Anda. Hal ini akan sangat menarik banyak pembaca untuk mengunjungi blog tersebut.

  1. Konten Tutorial Melakukan Sesuatu

Anda tentu sering melakukan pencarian dengan kata kunci tutorial bukan? Jika ya, maka ini membuktikan bahwa topik tutorial untuk konten sebuah blog masih memiliki peluang yang sangat tinggi.

Bahkan, jika dibandingkan dengan topik lainnya, tutorial menjadi topik yang akan terus dipakai oleh siapapun, kapanpun dan dimanapun. Manfaat konten dengan topik ini juga sangat besar bagi para pembacanya.

Sehingga salah satu saran yang tepat mengenai urutan pertama cara membuat blog adalah dengan memilih topik tutorial.

  1. Blog dengan Konten Wisata atau Cerita Perjalanan
✔️  Cara Menggunakan Proxy di Telegram

Topik selanjutnya yang sangat banyak diminati ialah konten blog dengan topik terkait rekomendasi tempat wisata atau cerita perjalanan. Anda bisa memulainya dengan membuat konten mengenai wisata yang ada di Indonesia hingga ke daerah-daerah khusus.

Terlebih jika Anda membahas topik terkait tempat wisata yang baru dibuka. Biasanya, orang akan mencari informasi sebanyak-banyaknya sebelum berkunjung ke tempat wisata yang baru dibuka tersebut, sehingga ini menjadi peluang blog Anda akan mendapat banyak klik.

Sebagai urutan pertama cara membuat blog adalah dengan memilih topik wisata, maka Anda harus tahu banyak terkait informasi seputar bahasan ini.

  1. Konten dengan Topik Membuat Sesuatu

Konten ini menjelaskan terkait apa saja yang harus dipersiapkan sebelum seseorang membuat sesuatu. Anda bisa memulainya dengan contoh topik membuat kerajinan tangan atau yang lainnya.

Bahasan ini juga sangat luas seperti membuat obat tradisional secara mandiri dirumah, membuat masakan dengan resep tertentu maupun membuat produk kecantikan alami seperti bedak beras alami dan masih banyak lagi.

  1. Profil Tokoh

Pilihan lain urutan pertama cara membuat blog adalah dengan memilih topik profil seorang tokoh.

Konten ini bisa Anda isi dengan menyebutkan secara detil terkait seorang tokoh yang sangat menginspirasi. Konten dengan topik yang seperti ini nyatanya masih banyak diminati. Seperti saja jika Anda menulis biografi seorang tokoh besar negara.

  1. Checklist

Konten yang berisi topik ini memberikan manfaat bagi para pembacanya agar tidak melupakan sesuatu saat hendak berpergian atau melakukan suatu hal.

Seperti saja Anda membuat topik dengan bahasan “keperluan yang harus disiapkan sebelum bepergian ke pantai”. Selain itu, Anda juga bisa memilih bahasan lainnya menggunakan topik yang masih sama.

Dengan memilih topik yang menarik bagi para pembaca maka Anda akan mendapatkan banyak keuntungan.

Keuntungan yang Didapatkan Blog dengan Topik yang Menarik

Keuntungan melakukan secara benar terkait urutan pertama cara membuat blog adalah blog Anda menjadi lebih berkualitas karena topik konten yang menarik.

Dengan memilih topik yang tepat dan seragam pada satu blog pribadi Anda, maka ini telah sesuai dengan kaidah SEO. Sehingga, blog Anda akan menang dalam persaingan dengan blog-blog yang lainnya.

Selain itu, peluang bagi Anda untuk mendapatkan uang dari blog yang Anda kelola juga semakin besar. Itulah mengapa pemilihan topik menjadi hal yang tidak bisa diabaikan dalam pembuatan blog pribadi.

Akibatnya Jika Anda Salah Memilih Topik untuk Konten Blog

Setelah mengetahui pentingnya melakukan urutan pertama cara membuat blog adalah dengan memilih topik yang baik, maka Anda harus melakukan cara tersebut untuk meningkatkan kualitas blog Anda.

Tentunya berbalik dengan keuntungan yang didapatkan, justru kesalahan dalam pemilihan topik pada konten blog akan membuat blog Anda menduduki peringkat bawah dibandingkan dengan blog lainnya.

Anda juga akan kalah dalam persaingan pencarian di Internet yang menyebabkan trafic turun dan penghasilan dari blog juga tidak bisa didapatkan dengan maksimal.

Selain itu, Anda juga akan kesulitan untuk bisa mendapatkan iklan dari google adsense yang merupakan peluang besar agar Anda bisa memperoleh uang dari aktivitas blog tersebut.

Membuat dan mengelola blog untuk menghasilkan keuntungan sebesar-besarnya perlu dilakukan dengan pemahaman yang banyak akan dunia blogger mulai dari urutan pertama cara membuat blog adalah yang seperti apa, hingga strategi pengelolaannya.

 

Leave a Comment