Review Lenovo Thinkpad E14, Laptop Bisnis Performa Tangguh

kompirasi.com – Laptop Lenovo ThinkPad E14 ialah salah satu laptop bisnis terbaik untuk pelaku usaha. Laptop ThinkPad terbaik ini tawarkan pilihan keproduktifan luar biasa dengan keyboard luar biasa, performa cepat, dan feature keamanan yang dalam. Tetapi ini mungkin hanya cocok untuk beberapa orang saja.

Tidak boleh jadi jack of all trades dan tidak kuasai apa saja. Konsentrasi pada lakukan satu perihal yang betul-betul sobat kuasai. ThinkPad E-series tidak penuhi tuntutan customer akan kemewahan dan kerangka.

Laptop ini terbagi dalam laptop bisnis dengan desain yang kuat, keamanan yang semakin kuat dibanding penjaga keamanan lokal, dan banyak daya untuk keproduktifan maksimal. Garis turunan tingkat lanjut ini kemungkinan tidak membuat daftar laptop terbaik, dan masih salah satu ThinkPad terbaik.

Mereka berada di sini untuk menuntaskan tugas, dan ThinkPad E14 beberapa langkah semakin maju dengan processor Intel Angkatan kesebelas, menjadikan netbook usaha yang paling oke dengan nilai uang pada dasarnya.

Spesifikasi Lenovo Thinkpad E14

  • CPU: Intel Core i5-1135G7
  • GPU: Intel
  • Storage: 512 GB PCIe SSD
  • Display: 14 inci, ukuran 1080p: 12,8 x 8,7 x 0,7 inci
  • Berat: 3,5 pounds

Kelebihan

  • + Rangka kokoh
  • + Keyboard dengan lampu latar keren
  • + Fitur keamanan yang kuat
  • + Nilai yang layak
  • + Chip Intel Generasi ke-11 Cepat

Kekurangan

  • – Desain monoton
  • – Speaker kecil
  • – Touchpad samping kecil
  • – Kipas bisa berisik
  • – Gambar webcam halus

Kompatibilitas dan Harga Lenovo ThinkPad E14

Lenovo memasarkan seri ThinkPad E sebagai “keproduktifan rendah”. Ingat susunan harga, ini sampai batasan tertentu betul, tapi sobat harus menyaksikan yang tersurat.

Harga MSRP di AS dimulai dari harga Rp. 20 jutaan yang mengagetkan. Ini edan ingat M1 MacBook Air kurang dari Rp. 7 jutaan, tetapi baca lagi. Lenovo mempunyai pemasaran reguler dan karena eCoupon dapat memperolehnya dengan harga berkisar Rp. 8 jutaan di saat pertama kali diluncurkan.

Pada harga segitu, sobat dapat memilih model vas dengan processor Intel Core i3-1115G4, RAM DDR4 8GB, dan SSD 256GB. Tetapi, di Inggris, harga dimulai dari harga sekitar Rp. 12 jutaan, yang lebih logis untuk harga yang sobat peroleh di AS saat memperbandingkan MSRP.

Versi yang kami tes mempunyai processor Intel Core i5-1135G7 dengan grafis terpadu, RAM DDR4 16GB, dan SSD PCIe 512GB dengan harga Rp. 15 jutaan.

Pilihan rekonsilasi di AS terbatas, hingga model kelas tinggi dibandrol ulangi pada harga lebih mahal yang tampilkan CPU Intel Core i7-1165G7, RAM 16GB, dan SSD 1TB. Tetapi, di Inggris processor i7 yang serupa, 32GB RAM, 512GB dan 1TB PCIe SSD semua ada pada harga yang lebih mahal lagi.

Desain Lenovo ThinkPad E14

Bila sobat pernah menyaksikan satu ThinkPad, sobat pasti sudah tidak asing lagi dengan laptop satu ini. Pasalnya trend ini bersambung dengan ThinkPad E14 baru, yang mempunyai desain yang hampir serupa dengan perintisnya.

Asus ExpertBook B9450 (12,6 x 8 x 0,6 inch dan 2,2 pon) dan HP EliteBook 845 G7 (12,7 x 8,5 x 0,7 inch, 3 pon) dengan 12,8 x 8,7 x 0,7 inch dan berat awalnya 3,5 pon. Tetapi dimensinya masih tetap membuat gampang untuk dibawa-bawa.

Penutup aluminium anodized pada bagian atas dan bawah membuat kesan-kesan pertama kali yang eksklusif. Tetapi, membuka laptop mengutarakan permukaan plastik hitam pada bagian dalam, dengan susunan matte yang bahkan juga tidak menjadi magnet sidik jari.

Seperti umumnya dengan tersisa design piranti keras yang berkembang, dari LED merah yang menghias “i” ThinkPad dan pertanda simbol cermin di dalamnya, sampai pembaca sidik jari/tombol daya yang sedikit cengkung dikitari oleh cincin yang berpijar dan warna merah classic.

TrekPoint mendatangkan warna pada keyboard sobat supaya gampang dibaca. Semua berteriak “Pemakai Usaha”. Atau sobat mencari style? Laptop ini bukan yang terdepan. Tapi jika sobat memerlukan suatu hal yang ringkas, Lenovo Thinkpad E14 sudah memenuhi target itu.

Keamanan dan Daya Tahan Lenovo ThinkPad E14

Yang penting untuk pelaku usaha tentu saja ialah sisi keamanan, dan ThinkPad E14 mengatasinya secara baik dengan beberapa fiturnya yang mendalam. Dari sisi hardware, ada camera IR untuk pengenalan muka Windows Hello, sensor sidik jari opsional pada tombol daya untuk keamanan biometrik, dan Kunci Kensington untuk menahan pencurian.

Dalam, chip TPM 2.0 terpisah mengenkripsi data, dan piranti lunak ThinkShield yang diikutkan sediakan beragam feature keamanan. Tidak ada PC yang 100% aman, tapi ThinkPad ini ialah benteng yang sudah teruji.

Sudut pandang ini semakin tambah meluas ke sasis bersertifikat MIL-STD 810G yang bisa meredam jatuh, guncangan, dan temperatur berlebihan supaya sistem bisa mempertahankannya, apa saja rintangannya.

Port Lenovo ThinkPad E14

Dalam soal I/O, sobat bisa pilih port yang umum yang meliputi jaringan lama dan kekinian. Di pinggir kiri ialah port Thunderbolt 4, input USB 3.0 Type-A, HDMI 1.4, dan jack kombo earphone/mikrofon. Di samping kanan ialah port Ethernet RJ-45 dan port USB 2.0 Type-A.

Dengan slots kartu SD dan port USB-C ke-2 , kami mengharap dapat memperoleh hasil optimal dari hub USB Tipe-C terbaik dan isi daya satu dengan gratis, tapi serangkaian ini benar-benar pas untuk keproduktifan.

Tampilan Lenovo ThinkPad E14

Monitor 1080p 14 inch pada ThinkPad E14 cukup ceria dan jernih untuk beban kerja penting dan acara pesta minum setiap hari. Bezelnya cukup tipis pada bagian samping, tapi mempunyai dahi dan dagu yang lumayan besar yang membuat layar-lebar berasa sedikit terjepit.

Kami lebih menyukai rasio faktor 3:2 untuk menyaksikan semakin banyak tugas saya, atau 16:10 untuk membuat sedikit tinggi. Melihat trailer Mortal Kombat memperlihatkan ke kita detil dan pengertian yang mengagumkan dari panel IPS ini.

✔️  Review HP Envy 13 (2021), Laptop Murah Desain Kekinian

Kontras yang sedikit dangkal diperlengkapi dengan kecemerlangan monitor yang menambahkan kegemerlapan ledakan Gore dan kegemerlapan dalam gelap. Berwarna cukup terang untuk membikin video mencolok dan menolong editing photo setiap hari.

Out colorimeter memperlihatkan jika monitor ini menaklukkan rerata kelompok netbook premium (84%) saat meliputi gamut warna DCI-P3 dan 85,4% lebih bagus dibanding Asus ExpertBook (82,6%) dan HP EliteBook (77,8%).

Kecemerlangannya kompak pada 355 nits dibanding dengan rata-rata kelompok 390 nits. Dalam mayoritas keadaan kerja, itu baik saja dan melampaui kompetisi Asus ExpertBook B9450 (302 nits), tapi ketinggalan ada di belakang HP EliteBook 845 G7 (399 nits).

Keyboard, Touchpad, dan Trekpoint

Mengingat riwayat Lenovo, tidaklah heran bila ThinkPad E14, seperti umumnya ThinkPads, mempunyai keyboard yang baik sekali. Pengalaman menulis berada antara keyboard mekanis taktil dan pilihan chiclet perjalanan rendah.

Tombol memiliki ukuran besar ini mempunyai desain ergonomis berwujud piring yang akrab sobat kenali, dalam jarak antara tombol yang ideal dan banyak perjalanan untuk menghindari kecapekan bahkan juga sesudah sesion menulis yang lama.

Kami mencapai 80 kata per menit dengan ketepatan 95% pada test menulis 10fastfingers.com. Ini sedikit di atas rata-rata yang 78-wpm, tapi itu cukup membuat kami mengeluarkan usaha lebih di antara 10 dan 15 menit sesudah terlatih bekerja disekitaran TrekPoint yang cengkung. Itu di antara tombol G, B, dan H.

Tetapi, touchpadnya cukup kecil. Ukuran keyboard yang besar membuat kelihatan sempit. Tidak boleh salah pengertian. Rasanya nikmat. Pergerakan Windows 10 disokong, dan simpatisan TrekPoint beri pujian ditempatkannya penghapus merah kecil ini. Tetapi, kami lebih menyukai permukaan yang semakin besar untuk bekerja dengan 3,9 x 2,1 inch.

Audio Lenovo ThinkPad E14

Karena permukaan atas ThinkPad E14 dikuasai oleh keyboard, speaker stereo ditaruh di bawah pinggir kiri dan kanan. kelihatannya benar-benar keras untuk keperluan mendengarkan musik. Akan tetapi pada volume yang semakin tinggi suaranya terdistorsi dan bass benar-benar tidak ada.

Khususnya saat dengarkan beberapa lagu pedal double-bass yang berat seperti “OK, Time For Rencana B” punya Enter Shikari, sobat akan merasakan ini karena gemuruhnya berakhir bersamaan dengan derit glitch dan vocal jeritan yang secara cepat mulai banyak muncul.

Bukti dari 1 set speaker yang tidak bisa tangani beragam tingkat suara, dan tidak berhasil mendefinisikan untuk organ yang melambung saat bass yang dalam diawali, kamisudah dengar “Cocoa Butter Kisses” dari Chance Rapper secara jelas.

Earphone ialah kewajiban mutlak untuk memperoleh lebih dari sekadar pengalaman kecil yang dijajakan di sini.

Performa Lenovo ThinkPad E14

Harga jual besar dari iterasi ThinkPad E14 terkini ini ialah lompatannya ke processor Intel generasi kesebelas. Unit pantauan diperlengkapi dengan CPU Intel Core i5-1135G7 dan RAM 16GB, yang baik untuk mayoritas keperluan multitasking.

Hari kerja rata-rata kami umumnya terbagi dalam lebih dari 40 tab Google Krom, yang lebih sulit dengan memakai Photoshop untuk mengubah gambar khusus selainnya melihat video YouTube dan saluran Twitch saat makan siang.

Ada banyak pelambatan saat melakukan semuanya, tapi mayoritas waktu mekanisme mengendalikan diri pada hukuman ini.

Dalam test performa keseluruhnya Geekbench 5.4, E14 tampil oke dengan score multi-core 4.417. Ini memimpin performa Intel generasi kesepuluh dari Asus ExpertBook B9450 (2.960), tapi sedikit ketinggalan dari rata-rata netbook premium sejumlah 4.429.

Performa ini bersambung dalam tes transcoding video Handbrake kami, di mana ThinkPad E14 sukses mengonversi clip video 4K jadi 1080p pada 11:52. Ini secara berarti bisa lebih cepat dibanding rata-rata laptop bisnis 15:58 dan seutuhnya merusak ExpertBook 28:24.

AMD Ryzen 7 pada HP EliteBook 845 G7 menaklukkan kompetisi dengan score Geekbench 6.490 dan waktu Handbrake 8:24, tapi untuk mekanisme Intel yang dipasarkan beberapa ratus dolar tambah murah, E14 memiliki sendiri.

Ini sedikit terdegradasi oleh kecepatan menyimpan, sama dalam test transfer file. Kecepatan rata-rata E14 ialah 288 MBps, ketinggalan dari kelompok rerata 622,45 MBps.

Grafis Lenovo ThinkPad E14

Lenovo ThinkPad E14 bisa dipakai dengan grafis Intel UHD atau Irislah X, yang mengalami kesusahan dalam tes benchmark grafis sintetis 3DMark Fire Strike. Dengan hasil 2.340, laptop thinkpad terbaru ini melampaui beberapa kompetitornya, seperti Asus ExpertBook B9450 (734).

Tetapi, hasil laptop ini lebih rendah dibanding rata-rata laptop premium 4.774, seperti pada Civilization VI: Gathering Storm kreasi Sid Meier pada 1080p, rerata frame rate ialah 19 fps.

Kami menyaksikan hasil lebih baik saat mengetes grafis terpadu saat ThinkPad E14 cetak 11.169, menaklukkan rata-rata 10.868 dalam benchmark 3DMark Night Raid. Meskipun, sudah pasti sobat tidak beli ThinkPad cuma untuk bermain. Bila itu yang sobat cari, laptop gaming terbaik ialah opsi yang kompak.

Daya Tahan Batere Lenovo ThinkPad E14

Bagaimana performa ThinkPad E14 dalam test batere? Jawabnya ialah refleksi holistik dari sistem ini. Itu tidak mengagetkan, tetapi itu lumayan baik. Pada 10 jam dan 38 menit, itu sedikit melewati rata-rata laptop premium 10:15.

Tetapi, bila HP EliteBook cuma lebih dari 13 jam dan ExpertBook lebih dari 16 jam, sobat tidak akan memenangi hadiah. Dalam kata lain, sobat tentu bisa menyelesaikan tugas harian.

Webcam Lenovo ThinkPad E14

Sobat kemungkinan berpikiran jika bezel atas yang besar akan memberikan Lenovo banyak ruangan untuk tempatkan webcam yang baik. Ini khususnya betul bila bisnis sobat bekerja khususnya di Zoom.

Rupanya sobat salah karena kata “photo di kentang” secara tepat memvisualisasikan gambar kabur yang kami peroleh dari camera 720p ini. Bahkan juga dengan penerangan yang bagus, hasilnya tidak baik.

✔️  Review Lenovo ThinkPad C13 Yoga Chromebook

Bila sobat sering melakukan banyak pertemuan video dan memerlukan photo berkualitas tinggi, sobat kemungkinan ingin melakukan investasi dalam kamera external seperti Logitech C920.

Heat Lenovo ThinkPad E14

Dengan sasis yang lebih kecil dan performa Intel generasi kesebelas di dalamnya, laptop ini menjadi panas saat memulai pekerjaan yang semakin banyak memakai CPU. Sirkulasi yang ideal di lantai dan disekitaran engsel akan menolong jaga permukaan yang bersinggungan dengan temperatur di bawah 95 derajat Fahrenheit.

Saat penekanan diaplikasikan, touchpad naik sampai 75 derajat, sisi tengah keyboard sampai 84 derajat, dan sisi bawah naik sampai 89 derajat, memperlihatkan jika pembuangan panas yang dipakai di sini berperan.

Ini bukanlah suatu hal yang tidak bisa sobat singkirkan dengan earphone peredam berisik yang baik, tapi earphone ini berputar-putar cukup teratur untuk mengundang perhatian sobat.

Software dan Garansi Lenovo ThinkPad E14

ThinkPad E14 datang dengan Windows 10 Home atau Pro, bebas dari bloatware yang terlampau agresif, terhitung games yang tak perlu seperti Candy Crush.

Pasalnya, yang kebanyakan orang perlukan hanya rangkaian software Windows standard, dimulai dari add-on yang semakin nyaman seperti Telephone Anda dan Skype sampai produk yang kurang bermanfaat seperti Xbox Games Bar.

Software Vantage Lenovo ialah alat management mekanisme khusus di sini, sediakan dashboard status yang terorganisir secara baik dan simpan semua penyempurnaan khusus BIOS dan Lenovo. Di sini sobat akan mendapati feature keamanan seperti pilihan untuk scan jaringan Wi-Fi yang tersambung untuk teror waktu riil.

Salah satu feature yang nampaknya membuat frustrasi ialah pengoptimal performa pintar yang bisa mengetahui kekuatan permasalahan dalam performa sistem dan sembunyikan pembaruan dibalik kenaikan service Rp. 450 ribu/tahun.

Jalan keluarnya bukan suatu hal yang bisa sobat kerjakan sendiri dengan software gratis, jadi jangan memaksa registrasi. Garansi ThinkPad E14 terbatasi sampai setahun dan diperlengkapi dengan service dan support konsumen setia. Ada pilihan untuk tingkatkan service, dan walau Lenovo terus akan memberikan info dari Vantage, ini seutuhnya opsional.

Kesimpulan

ThinkPad E14 mempunyai tujuan untuk melakukan satu hal secara baik. Jadi mesin yang paling produktif. Dan mereka sudah mencapai tujuan itu. Ini ialah laptop kerja yang baik dengan performa yang cukup buat menuntaskan beberapa hal penting secara cepat.

Laptop ini kecil dan lumayan ringan untuk dibawa bekerja di manapun, dan mempunyai hardware bertahan lama yang sobat harapkan dari ThinkPad, keyboard yang membahagiakan untuk menulis, dan rangkaian feature keamanan yang kaya.

Ada beberapa tempat di mana E14 labil. Berdasar pada sasis lama memiliki arti kehilangan kemenangan gampang seperti tawarkan rasio faktor 16:10 yang membuat beberapa orang, terhitung kami sendiri, berasa lebih bagus untuk tugas itu. Kipas membuat kerusuhan besar di bawah penekanan, I/O cukup terbatas, speaker kecil dan webcam tidak baik.

Tetapi disaksikan atas sesuatu yang dirancangnya, ini ialah laptop yang baik. Pilihan tingkat bujet yang oke yang bisa manfaatkan hardware dan sofware laptop bisnis ThinkPad bisa kami referensikan untuk menyiapkan mekanisme keproduktifan.

Leave a Comment