Review Lenovo ThinkPad X1 Carbon Gen 8, Laptop Bisnis Portabel

kompirasi.com – Apakah sobat memerlukan laptop bisnis yang portabel? Maka Lenovo ThinkPad X1 Carbon Gen 8 harus ada di daftar sobat sekalian. Laptop bisnis Lenovo ini mendatangkan performa yang bisa lebih cepat untuk laptop bisnis terbaik.

Mengevaluasi laptop yang serupa tiap tahun bisa saja menjemukan. Meski memiliki arti feature baru, desain yang diperbaharui, atau performa yang bisa lebih cepat, sobat pastinya meninginkan kenaikan. Tetapi, tidak begitu hal dengan Lenovo ThinkPad X1 Carbon.

Kami betul-betul senang dengan Lenovo mengupdate chip dalam laptop ini dan jaga semua masih tetap sama dengan versi gen kedelapan yang baru. Segala hal yang jadikan mode awalnya sebagai laptop bisnis terbaik sudah kembali.

Thinkpad X1 Carbon baru mempunyai pilihan tampilan 1080p dan 4K yang fenomenal, keyboard yang tidak tertandingi, sasis yang ramping tetapi bertahan lama, dan banyak port.

Pendekatan Lenovo bila tidak hancur kemungkinan tidak sukses di lain kali, karena kompetitor yang lebih baru seperti HP Elite Dragonfly dan Asus ExpertBook B9450 tawarkan periode penggunaan batere yang semakin lama dalam sasis portabel yang sama.

Tetapi untuk sekarang ini, Lenovo ThinkPad X1 Carbon Gen 8 masih tetap jadi laptop terbaik untuk pelaku usaha dan sebagai salah satu laptop terbaik di pasaran.

Spesifikasi Lenovo ThinkPad X1 Carbon Gen 8

  • CPU: Intel Core i5-10310U; Inti i7-10610U
  • GPU: Intel UHD
  • RAM: 8GB; 16 gigabyte
  • Penyimpanan: 256GB; 512 GB
  • Tampilan: 14″, 1080p atau 4K
  • Baterai: 10:45 (1080p); 7:23 (4K)
  • Dimensi: 12,7 x 8,5 x 0,6 inci
  • Berat: 2,4 pon

Kelebihan

  • + Desain ramping dan ringan
  • + Opsi tampilan 1080p dan 4K yang cerah dan jelas
  • + Keyboard terbaik di kelasnya
  • + Kinerja cepat
  • + Daya tahan baterai yang layak (pada model 1080p)

Kekurangan

  • – Magnet sidik jari
  • – Grafik lemah

Konfigurasi dan Harga Lenovo ThinkPad X1 Carbon Gen 8

Sobat bisa membeli mode dasar Laptop ThinkPad ini dengan harga berkisar Rp. 23 jutaan di website Lenovo. Hadir dengan monitor 1080p, CPU Intel Core i5-10210U, RAM 8GB, dan SSD 256GB. Kami memakai website  Lenovo untuk tentukan harga unit pembahasan.

Mode yang tambah murah yang kami bahas mempunyai monitor 14 inch 1080p, CPU Intel Core i5-10310U (vPro), RAM 8GB, SSD 256GB, dan beberapa kenaikan opsional (camera IR, Windows 10 Pro) dan dibanderol sekitar Rp. 26 jutaan.

Mode 4K dengan CPU Core i7-10610U (vPro), RAM 16GB, dan SSD 512GB dibandrol pada harga Rp. 34 jutaan. Ini adalah pilihan termahal dan tambah murah dibanding konfigurasi 1TB dengan ongkos tambahan Rp. 4 jutaan.

Desain Lenovo ThinkPad X1 Carbon Gen 8

X1 Carbon ialah laptop stylish dan enteng yang memberi kesetimbangan hebat di antara seni kekinian dan feature ringkas. Nyaris sama dengan mode angkatan ketujuh awalnya, Lenovo cuma menggantinya sedikit untuk memberi laptop bisnis unggulan facelift yang ramah pengguna.

Simbol baru pada tutupnya mengidentifikasi “X1” besar di bawah merk ThinkPad yang iconic. Tidak boleh cemas. “i” masih berpijar merah. Segala hal lainnya ialah sama. Dek mempunyai dua panggangan speaker di samping engsel double.

Warna merah ciri khas ThinkPad menunjukkan stik petunjuk (atau TrekPoint) dan tombol klik kiri dan kanan, dengan simbol ThinkPad diagonal di samping sensor sidik jari kecil di samping kanan touchpad.

Lenovo mengirimi dua mode untuk dilihat. Versi standard dengan susunan hitam matte dan versi karbon dengan anyaman serat karbon pada tutupnya yang menunjukkan bahan yang dipakai di dalamnya. Interior ke-2 versi ini warna hitam matte kompak dengan kilau mutiara di bawah penerangan tertentu.

Kenaikan ketahanan sidik jari adalah kenaikan yang ingin kami saksikan di mode masa datang. Laptop terlihat luar biasa sampai sobat menyentuhnya dan menaruh sidik jari sobat di atasnya. Sobat dapat sedikit kurangi bezel di sekitaran monitor X1 Carbon (khususnya bezel bawah).

Lepas dari ketaknyamanan kecil ini, X1 Carbon mempunyai salah satu desain laptop favorite kami, dan cuma HP Elite Dragonfly baru yang bisa berkompetisi di kelas bisnis. Kami menyukai tampilan ramping dan hasil akhir yang terselinap dari X1 Carbon, tapi ia mempunyai daya tarik yang tidak tertahan untuk tandingan birunya yang mengagumkan.

Lenovo ThinkPad X1 Carbon Gen 8 lumayan ringan untuk laptop 14 inch serta lebih enteng dari beberapa mode 13 inch. Pemakaian gabungan magnesium sudah menggerakkan trend laptop yang lebih enteng, dan kelas bulu-bulu Acer Swift 5 dan LG Gr 14 mempunyai berat sekitaran 2 pon.

Tidak seperti sejumlah kompetitornya, laptop ini terasa kuat. Diperkokoh dengan serat karbon, X1 Carbon tidak tergesek karena keyboard tertekuk, engsel berderit, atau bahkan juga sesudah dilap enteng.

Sama ukuran 12,7 x 8,5 x 0,6 inch dengan berat 2,4 pon, ThinkPad X1 Carbon kurang lebih memiliki ukuran sama dengan ExpertBook B9450 (0,6 inch, 2,2 pon) dan Elite Dragonfly (11,9 x 7,8 x 0,6 inch, 2,5 pon). MacBook Pro 13 inch (12 x 8,4 x 0,6, 3,1 lbs) berbobot yang lebih berat dibanding netbook ini.

Ketahanan dan Keamanan

Seperti semua ThinkPad, lenovo thinkpad x1 carbon gen 8 core i5 sudah jalani 12 tes ketahanan tingkat militer. Ini memiliki arti bisa meredam keadaan yang keras seperti ketinggian, temperatur di bawah 0, dan curahan atau tetes cairan.

Amankan interior X1 Carbon ialah chip dTPM 2.0 yang pastikan jika data sensitif dienkripsi saat sebelum dikirimkan. X1 Carbon mempunyai penutup webcam atau ThinkShutter untuk tutupi lensa tanpa memakai selotip buruk.

Benar-benar membahagiakan menyaksikan sensor sidik jari sebagai feature dasar, walau dikocak jadi satu dek karena ukuran yang kecil. Pilihan pelindungan keamanan terhitung camera IR untuk login Windows Hello dan ThinkPad PrivacyGuard, filter privacy untuk monitor yang menyengaja kurangi pemikiran.

Sobat dapat mengonfigurasikan X1 Carbon dengan peringatan privacy. Peringatan ini memberitahu sobat saat seorang menyaksikan monitor sobat dan aktifkan PrivacyGuard secara automatis.

Port Lenovo ThinkPad X1 Carbon Gen 8

Kami mengetok Lenovo untuk melepaskan slots kartu SD pada X1 Carbon lama kami. Untuk laptop portabel, laptop ini memiliki banyak port. Di samping kiri ada dua port Thunderbolt 3, port USB 3.1 dan input HDMI 1.4, jack earphone/mikrofon, Ethernet, dan perpanjangan jaringan untuk docking mekanis.

Di samping kanan ialah slots kunci dan input USB 3.1 Type-A ke-2 . Bila sobat seorang nigga, sobat ingin dua port Thunderbolt 3 dibagi setiap pinggir laptop hingga bisa mengisi daya dari ke-2 sisi.

Tampilan Lenovo ThinkPad X1 Carbon Gen 8

Kami mengevaluasi mode 1080p dan 4K dari ThinkPad X1 Carbon. Semua monitor 14 inch sangatlah baik. Karena kami suka melihat video di monitor 4K, kami pilih panel Full HD. Kualitas gambar yang lebih bagus serta lebih irit daya dibanding pilihan UHD (selanjutnya kelak).

Bila sobat tidak suka mencolokkan ke stopkontak dan melihat banyak acara atau film di laptop, tentukan monitor 4K atau pikirkan pilihan media, panel 1440p dengan kecemerlangan 300 nits.

Kami benar-benar kaget jika warna pada panel 4K lebih terang dibanding di monitor 1080p. Saat melihat trailer No Time to Die, mata Daniel Craig meletus dalam warna aquamarine yang berkilau di monitor 4K. Warna biru tidak kelihatan lusuh, tapi tidak begitu mencolok pada panel 1080p matte.

Dibanding dengan warna abu-abu dan peach yang sempat kami saksikan di panel FHD, warna kulitnya, yang terlihat oranye/merah muda di monitor UHD, bahkan juga lebih mengagetkan.

Seakan-akan ia berdiri di ruang gelap dengan monitor 1080p, dan monitor 4K menerangi mukanya dengan sinar hangat, hasilkan warna yang kaya. Demikian juga, warna kulit gelap perlindungan terlihat lebih natural pada panel 4K, tapi pada monitor FHD.

Saat kami memperhatikan perbedaan bersebelahan ke teman kami, ia cenderung pilih monitor 1080p dibanding panel 4K dan secara tepat menyamai bedanya dengan photo yang diambil dengan hp Piksel dan Galaxy.

Yang pertama tangkap warna yang sebetulnya, dan yang ke-2 memberi suara yang terang dan jemu yang nyaman untuk mata. Walau penampilan 4K sedikit tajam, hasil akhir matte monitor 1080p lebih bagus dalam menebarkan refleksi.

Menurut kolorimeter kami, panel 1080p tangkap 101% dari gamut warna sRGB dan monitor 4K tangkap 135%. Tampilan kompetitor X1 Carbon, ExpertBook B9450 (117%), Elite Dragonfly (117%) dan MacBook Pro (114%) ada di score ini. Rata-rata untuk laptop premium ialah 122%.

Ke-2 monitor X1 Carbon cukup jelas untuk disaksikan di bawah cahaya matahari langsung. Monitor 1080p pancarkan kecerahan 364 nits, dan panel 4K capai 498 nits.

Mereka lebih bagus dibanding dengan ExpertBook B9450 (302 nits) dan X1 Carbon awalnya (336 nits untuk 1080p dan 432 nits untuk 4K). Elite Dragonfly (373 nits) membagikan score itu, dan MacBook Pro (495 nits) menaklukkan persaingan.

Keyboard, Touchpad, dan TrekPoint

Bila ingin mengetahui kenapa ThinkPad mempunyai pengemar setia, mulai dengan keyboard. Mengevaluasi ThinkPad TrekPoint Keyboard II nirkabel, jadi bukan rahasia kembali jika kami tertarik dengan kunci ini. Kami benar-benar terkesan dengan ThinkPad X1 Carbon karena tawarkan pengalaman menulis yang memberikan kepuasan dalam paket kecil.

Tombol pada X1 Carbon ramping dan taktil, memberikan imbas yang besar dan kuat dengan tiap penekanan tombol. Jari-jari dengan berhati-hati membal dari 1 kunci ke kunci selanjutnya saat sakelar plastis di bawah penutup tombol menolong mereka.

Kami dapat memilih di antara dua penataan lampu latar, dan pintasan panggilan pertemuan pada mode baru ini ialah tambahan yang disongsong baik. Saat ini sobat bisa secara cepat menjawab atau menampik panggilan dengan 1 ketukan.

Ini dapat disebut keyboard laptop favorite, tetapi tidak untuk semua orang. Kunci-kunci ini mempunyai beberapa kendala untuk melatih diri. , tombol Fn dan Ctrl yang diganti harus ditata ulangi.

Kami menulis 118 kata per menit dengan ketepatan 99% pada test menulis 10FastFingers.com. Ini lumayan jauh dari kecepatan rerata 119-wpm saya, tapi lebih bagus dari tingkat kekeliruan 5% saya yang umum.

Touchpad 3,9 x 2,2 inch tidak besar, tapi mempunyai permukaan kaca yang baik dan karena driver Windows Precision yang handal, cursor bisa ikuti gesekan dan pergerakan yang tidak pasti, seperti gesekan tiga jari untuk berpindah di antara jendela.

TrekPoint ada dengan aman antara tombol G, H, dan B. Ini ialah produk yang serupa yang sudah dipakai Lenovo lama, jadi sobat akan tahu apa yang dapat diperoleh di sini.

Sebagai seorang yang memakai touchpad sendiri, kami bukan pengulas terbaik dari kubah karet kecil ini. Tetapi, sesudah sedikit latihan, kami tidak mempunyai permasalahan untuk menggerakkan cursor secara tepat atau menggulir halaman ke bawah dengan tombol click tengah.

Audio Lenovo ThinkPad X1 Carbon Gen 8

Keluh kesah khusus saya dengan mode X1 Carbon awalnya ialah kualitas speaker yang jelek. Lenovo melakukan perbaikan dengan memodernisasikan ke penataan speaker quad tahun kemarin. Saat ini suara datang dari speaker double di dek dan 2 speaker di bawah laptop.

Ke-2 speaker extra ini membuat semua ketidaksamaan. “Mother Forgot” punya Tora penuhi semua lantai atas dengan suara yang jernih dan kuat. Vocal detil dan tidak ada distorsi suara tinggi pada volume maksimal.

Pukulan drum tidak mempunyai pukulan rendah yang diperoleh dari service yang pantas, tapi Lenovo Thinkpad x1 Carbon gen 8 i5 yang ramping sukses memperoleh umpan.

Saat mendengarkan “Kyoto” Phoebe Bridgers, speakernya lebih keras. Telinga kami memblok beberapa suara tinggi yang tajam dan instrument jadi berlumpur sepanjang gabungan suara. Turunkan volume sampai 70% tingkatkan kualitas suara secara berarti.

Performa Lenovo ThinkPad X1 Carbon Gen 8

Kami mengetes ThinkPad X1 Carbon, yang mempunyai Intel Core i5-10310U dengan CPU vPro dan RAM 8GB dan mode kelas tinggi dengan Core i7-10610U dengan CPU vPro dan RAM 16GB.

Ke-2 nya bekerja baik, tapi alami semakin banyak kelambatan pada mode Core i5. Saat membuka 24 website di Google Chrome, streaming musik dari YouTube Music, dan memutar video YouTube 1080p, pilihan yang tambah murah alami beberapa pelambatan.

Kegagapan kadang-kadang tidak begitu mengusik dan laptop terus bekerja saat menambah semakin banyak tab. Mode Lenovo ThinkPad X1 Carbon Gen 8 i7 tangani beban kerja yang berat ini tanpa penangguhan. Karena bila sobat menelusuri situs memakai browser Chrome yang haus RAM, sebaiknya siapkan 16GB memory extra.

Ke-2 mode bekerja baik pada test benchmark sintetis. Versi Core i5 cetak 3.597 dalam test performa keseluruhan Geekbench 5.0, dan Core i7 cetak 3.939. Skor ini menaklukkan ExpertBook B9450 (2.960, Core i7-10510U), Elite Dragonfly (3.101, Core i7-8665U), tapi kurang dari MacBook Pro (4.399, Core i5) dan rata-rata kelompok (4.294).

Menariknya, X1 Carbon baru (15.467 untuk Core i5 dan 16.958 untuk Core i7) cetak hampir serupa dengan mode gen ketujuh awalnya (15.649 untuk Core i5 dan 16.545 untuk Core i7) di benchmark Geekbench 4.2.

Dalam test transcoding video Handbrake kami, ThinkPad X1 Carbon mengonversi clip video 4K ke resolusi 1080p. Mode Core i5 menuntaskan pekerjaan di dalam 19 menit dan 51 detik, sedikit lamban dari versi Core i7 (18:29).

Ke-2 mode melampaui ExpertBook B9450 (28:24) dan Elite Dragonfly (22:23), tapi ditaklukkan oleh MacBook Pro (12:43). Satu kali lagi, X1 Carbon lama (16:52 untuk Core i5 dan 17:40 untuk Core i7) ikuti mode baru.

Untungnya, X1 Carbon angkatan kedelapan tawarkan penyimpanan yang lebih cepat. SSD 256GB yang tambah murah mengonversi file 5GB dalam 6,5 detik dengan kecepatan transfer 783MB per detik. SSD 512GB dalam komposisi Core i7 usai dalam 5 detik pada 997,9MBps.

Ke-2 nya melampaui ExpertBook B9450 (771.1MBps, 1TB SSD), Elite Dragonfly (424.1MBps, 512GB SSD) dan X1 Carbon awalnya (424,1 untuk 256GB SSD, 508,9 untuk 512GB SSD). MacBook Pro, di lain sisi, ialah iblis kecepatan (2.060.2 MBps, 512 GB SSD), dengan rata-rata laptop premium 552.4 MBps.

Grafis Lenovo ThinkPad X1 Carbon Gen 8

Tidak boleh memainkan games dengan grafis intens di ThinkPad X1 Carbon. Laptop terlampau tipis untuk GPU diskrit yang pantas, jadi mereka memercayakan grafis UHD terpadu. Jalankan aplikasi harian akan baik saja, tapi saat menghidupkan benchmark Dirt 3, ia cuma sanggup capai tingkat batasan 30 frame per detik.

Sebagai perbedaan, ExpertBook B9450 (23fps, Intel UHD) lebih jelek dibanding X1 Carbon, dan Elite Dragonfly (31fps, Intel UHD) dan 7th Gen X1 Carbon (31fps, Intel UHD) tambah jelek. Peradaban Sid Meier VI: Gathering Storm amburadul saat dimainkan di X1 Carbon.

Game ini terganggu pada 8fps yang tidak bisa dimainkan, yang lebih jelek dibanding usaha tanpa ide yang sudah dilakukan oleh MacBook Pro (18fps, Irislah Plus). Dalam test sintetis, X1 Carbon cetak 1.221 dalam benchmark Fire Strike Ultra.

Satu kali lagi, ExpertBook B9450 (734 fps) berusaha sementara Elite Dragonfly (1.125) benar-benar pas dengan ThinkPad. Bila sobat menyenangi apa yang dijajakan ThinkPad X1 Carbon tapi memerlukan performa grafis yang lebih bagus, pikirkan untuk membeli Lenovo ThinkPad X1 Extreme Gen 3.

Periode Penggunaan Baterai

Dengan monitor 1080p, ThinkPad X1 Carbon bisa dipakai selama seharian sesudah pengisian daya sepanjang 10 jam 45 menit. Sobat tidak memperoleh ketahanan yang serupa pada mode 4K, namun pada tes periode penggunaan baterai yang berjalan sepanjang 7 jam 23 menit (menelusuri situs lewat Wi-Fi pada 150 nits), itu cukup sukses.

Ini ialah hasil bagus, tapi tidak mengagetkan. Kompetitor baru seperti ExpertBook B9450 (16:42) dan Elite Dragonfly (12:25) bertahan semakin lama secara berarti dengan sekali pengisian daya dibanding FHD ThinkPad X1 Carbon.

MacBook Pro terkini (10:21) tawarkan runtime yang hampir serupa dengan Lenovo, ke-2 nya sebagai rata-rata kelompok paling tinggi (9:03). Kami ingin menyaksikan beberapa saat kembali di X1 Carbon, khususnya mode 4K, tapi hasilnya masih tetap kompak.

Webcam Lenovo ThinkPad X1 Carbon Gen 8

Webcam 720p ThinkPad X1 Carbon tangkap video dan foto yang pas pada keadaan penerangan yang akurat. Satu helai rambut kelihatan dalam selfie yang diambil di kantor yang gelap. Tetapi ada selimut keributan visual yang tutupi muka dan warna kulit terlihat pucat dan tidak bernyawa.

Di bawah penerangan yang lebih bagus, lensa tangkap rambut pirang yang kotor dan dari usaha penyamakan yang gagal sampai kulit terbakar matahari merah muda yang lembut di muka. Tapi bahkan juga pada keadaan terbaik, kamera tidak bisa berkompetisi dengan salah satu webcam external terbaik, seperti Logitech HD Pro C920.

Unit pembahasan kami diperlengkapi dengan camera IR untuk masuk dengan muka lewat Windows Hello. Ini bekerja dengan sempurna, masuk ke laptop secara instant bahkan juga saat menggunakan topi. Kami mereferensikan pengeluaran tambahan sekitar Rp. 500 ribuan untuk meng-upgrade ke camera IR.

Heat Lenovo ThinkPad X1 Carbon Gen 8

Unit 1080p dan 4K kami merekam temperatur yang sedikit tinggi sesudah memutar video Full HD sepanjang 15 menit, tapi masih tetap relatif dingin bahkan juga di bawah beban kerja yang berat.

Touchpad pada mode 1080p dan 4K masing-masing dipertahankan pada 73 derajat Fahrenheit dan 79 derajat Fahrenheit. Pada mekanisme FHD (86 derajat) dan UHD (89 derajat), sisi tengah keyboard ada di bawah tingkat batasan kenyamanan 95 derajat, hingga jari pun masih tetap sejuk.

Tempat terpanas di ThinkPad X1 Carbon, dek di dekat bezel monitor bawah, capai 102 derajat pada mode 4K. Ini cukup membakar, tetapi tidak begitu mencemaskan.

Software dan Garansi

Lenovo Vantage ialah salah satu software bermerek yang telah diinstall awalnya di ThinkPad X1 Carbon, dan pantas untuk diteruskan. Di Vantage, di antaranya, sobat bisa mengambil penyempurnaan BIOS terkini, mengecek status garansi, dan mengganti penataan waspada dan daya.

Mengambil ruangan penyimpanan pada X1 Carbon ialah Miraxmax, tehnologi penginderaan perhatian yang memakai camera IR untuk mengetahui muka, mata, dan penglihatan. Sobat bisa mengamankan monitor secara automatis membuat perlindungan document penting.

Kami benar-benar terkesan dengan software sesudah memakainya selama seharian. Aplikasi penting yang lain ialah mekanisme speaker Dolby Atmos, yang memungkinkan sobat pilih dari preset audio terhitung musik, film, dan games.

ThinkPad X1 Carbon jalankan Windows 10 Pro dan secara mengagetkan bebas dari program yang tak perlu (tidak ada Candy Crush, hore!). ThinkPad X1 Carbon datang dengan garansi setahun.

Kesimpulan

Lenovo ThinkPad X1 Carbon Gen 8 ialah penyempurnaan kecil untuk laptop yang telah fenomenal. CPU Intel vPro Angkatan kesepuluh yang baru tawarkan beberapa kenaikan performa, tapi itu kurang cukup untuk mereferensikan kenaikan bila sobat telah mempunyai mode gen 7.

Bila laptop bisnis sobat sudah lelet dan membutuhkan yang baru, laptop Lenovo bisnis ini harus ada di daftar paling atas. Laptop ini tawarkan sasis ultra-ramping tetapi bertahan lama, pilihan tampilan luar biasa, keyboard terbaik dalam kelasnya, dan performa cepat.

Kompetitor seperti Elite Dragonfly dan ExpertBook B9450 bertahan semakin lama saat diisi daya, tapi X1 Carbon mempunyai ketahanan batere yang bagus (pada mode 1080p). Jadi ThinkPad X1 Carbon Gen 8 dapat disebut sama dengan perintisnya, tetapi minimal untuk sekarang ini masih tetap menjaga tempatnya sebagai laptop bisnis terbaik di pasaran.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA