Beranda Tips Dan Trik Perbedaan Sistem Operasi Linux Dan Unix

Perbedaan Sistem Operasi Linux Dan Unix

509
0
Perbedaan Sistem Operasi Linux Dan Unix

Perbedaan Sistem Operasi Linux Dan UnixMembahas seputar dunia komputer pastinya kita tidak jauh dengan sistem operasi (OS) yang dimana tanpa sistem operasi tentunya komputer kita tidak dapat berjalan dengan semestinya.

Di dalam dunia komputer pasti kalian pernah mendengar sistem operasi selain windows dan pernah juga mendengar linux & Unix?

Apa Itu Linux Dan Unix ?
  • Apa Itu Unix ?

Unix adalah sistem operasi open source, dan sejarah nya diAwali dari sebuah project Multiplexed Information And Computing Service Pada Tahun 1955 dan sistem operasi ini dikembangkan dalam bahasa pemrograman C.

Perbedaan Sistem Operasi Linux Dan Unix
Perbedaan Sistem Operasi Linux Dan Unix

Unix : Unix merupakan sebuah sistem operasi komputer yang diawali dari project (Mulitiplexed Information and Computing Service) pada tahun 1965 yang di lakukan American Telephone and Telegraph (AT&T), General Electric (GE), dan Institut Teknologi Massachusetts.

Awalnya unix ditujukan untuk dipakai oleh internal bell system, AT&T kemudian melisensikan unix ke pihak luar pada tahun 1970 an.

  • Apa Itu Linux ?

Linux merupakan keluarga sistem operasi perangkat lunak bebas dan merupakan sistem operasi open source dan pembuat sistem operasi linux bernama Linus Torvalds, dan dalam sejarah mengapa linux bergambar pinguin yang duduk, kisahnya pembuat sistem operasi pada saat berlibur di suatu tempat di bagian selatan australia di taman perth beliau di gigit oleh sebuah pingin dan tangan nya terluka.

Nah dari situlah logo/maskot linux bergambar pinguin yang sedang duduk.

Perbedaan Sistem Operasi Linux & Unix

Untuk mengetahui apa perbedaan sistem operasi linux & Unix kamu bisa membaca daftar perbedaan nya di bawah ini

  1. Unix diciptakan untuk komputer besar seperti mainframe, atau sebuah super komputer. sedangkan sistem operasi linux merupakan varian lain dari unix yang lebih ditujukan ke personal komputer oleh pihak pengembang.
  2. Berbeda dengan sistem operasi linux karena bisa kalian dapatkan secara gratis, sedangkan untuk mengunakan sistem operasi unix kalian harus membeli produknya alias tidak gratis
  3. dari segi kinerja, dan tampilan berbeda ,dan peforma linux lebih cepat pada saat melakukan pemroresan, berbeda dengan unix performa nya kurang.
  4. jika digunakan untuk personal komputer (Pribadi) Unix banyak menghabiskan penyimpanan harddisk,sedangkan linux tidak terlalu banyak memakan penyimpanan harddisk
  5. di linux alat hacking cukup lengkap (menurut pribadi) dan sedangkan unix tidak selengkap linux

Kesimpulan

Nah itulah perbedaan linux dan unix, sekarang kamu sudah tahu kan perbedaan linux dan unix serta sejarah linux dan unix.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here