✓ 4 MacBook Terbaik 2022 untuk Desain Grafis dan Pelajar

kompirasi.com – Dari MacBook Pro hingga MacBook Air, kami akan membantu sobat menemukan MacBook terbaik yang paling sesuai dengan kebutuhan. MacBook yang paling cocok untuk setiap orang berbeda, tetapi ada pilihan bagus untuk hampir semua orang di jajaran laptop Apple pada tahun 2022.

Apple mengantarkan era baru laptop dengan pindah ke chip M1 berbasis ARM pada tahun 2020. SoC Apple sendiri telah membawa peningkatan kinerja dan daya tahan baterai yang luar biasa ke seluruh keluarga MacBook. Kini dengan M1 Pro, M1 Max, dan M2, Apple hadir untuk mendukung apa pun kebutuhan sobat.

M2 MacBook Air dan Pro adalah beberapa laptop terbaik yang tersedia saat ini, dan model MacBook Pro 2022 yang diperbarui dapat terus diluncurkan bulan ini. Jika masih tidak ingin memilih laptop Apple untuk laptop gaming, tetapi ini adalah pilihan yang bagus untuk hampir semua kasus penggunaan, termasuk laptop kuliah atau laptop bisnis.

Rekomendasi MacBook Terbaik 2022

Apple mengubah laptop yang dulunya berkinerja buruk menjadi laptop tercepat, tertipis, dan teringan di pasaran. MacBook Air dengan M1 masih menjadi MacBook terbaik bagi kebanyakan orang. Turbocharged dalam desain yang familier dengan kinerja yang memecahkan rekor dan masa pakai baterai sepanjang hari.

Seiring dengan peningkatan kecepatan dan daya tahan, chip M1 menghadirkan aplikasi iOS dan iPadOS ke Mac untuk pertama kalinya. Model M1 tidak dihentikan setelah M2 MacBook Air dirilis, ini mempertahankan label harga yang rendah.

Namun tetap awasi penawaran MacBook terbaik yang dapat ditemukan secara teratur dengan harga lebih murah. Jika mencari MacBook Air M2 terbaru yang didesain ulang, kami menawarkan opsi lain untuk penggemar MacBook portabel yang membutuhkan performa lebih.

Jika membutuhkan kinerja tingkat tinggi secara konsisten, sobat dapat memilih MacBook Pro M2 13 inci dengan dua port Thunderbolt 4. MacBook Air tidak memiliki kipas, tetapi MacBook Pro memiliki sistem pendingin yang dapat menjalankan program yang berat selama berjam-jam tanpa khawatir akan kepanasan.

Kebanyakan orang dapat memecahkan masalah dengan Air, tetapi pengguna tingkat lanjut harus mempertimbangkan untuk meningkatkan ke Pro. MacBook Pro 14-inci dan 16-inci ditenagai oleh prosesor M1 Pro atau M1 Max.

Kedua opsi ini berlebihan bagi sebagian besar pengguna, tetapi menawarkan peningkatan menarik lainnya. Laptop membalikkan keputusan kontroversial yang dibuat Apple untuk MacBook Pro 2016 dengan kembalinya slot kartu SD, HDMI, dan pengisian daya MagSafe, dan masih menggunakan tiga port Thunderbolt 4.

Layar 120Hz yang menakjubkan adalah yang terbaik yang pernah ditawarkan Apple di laptop. Saran kami, jika sobat menggunakan aplikasi MacBook terbaik yang lebih mahal untuk melakukan tugas produktivitas dasar, tetap gunakan M1 atau M2 Air dan gunakan uang untuk meningkatkan penyimpanan atau RAM.

Kecuali jika membutuhkan ruang layar ekstra atau sering menggunakan aplikasi yang menuntut untuk pekerjaan video, pemodelan 3D, animasi, atau pekerjaan teknik, MacBook Pro 14 dan 16 inci lebih dari yang dibutuhkan kebanyakan orang.

1. MacBook Air (M1, Late 2020)

MacBook terbaik untuk mahasiswa. Laptop ini tetap menjadi laptop yang layak bagi kebanyakan orang. Bagaimana dengan MacBook Air M2? Ini adalah laptop fantastis yang akan dibahas berikutnya dalam daftar ini.

Akan tetapi kenyataannya adalah sebagian besar pengguna tidak memerlukan peningkatan, dan model M1 mempertahankan harga awal di bawah Rp. 15 jutaan dan sering kali turun hingga di bawah Rp. 13 jutaan.

Performanya masih mengalahkan semua laptop Windows tipis dan ringan dengan harga yang relatif, menawarkan daya tahan baterai 14 jam 41 menit dalam pengujian kami. Untuk tugas komputasi umum, MacBook Air M1 lebih dari sekadar tantangan dan bertahan lebih lama dari penerusnya dengan sekali pengisian daya.

Jadi, mengapa membeli MacBook Air daripada Pro? Pro menawarkan kinerja berkelanjutan yang lebih baik, tetapi MacBook Air lebih murah dan tidak memiliki kipas, sehingga lebih senyap. Dan, tentu saja, model 13,3 inci termurah Apple memiliki tebal 0,6 inci dan berat 2,8 pon, menjadikannya yang paling portabel.

Kecuali jika menyukai desain lama, MacBook Air M1 tetap menjadi salah satu MacBook yang masih worth it, bahkan jika tidak didiskon. Dan sobat harus menjadikannya pertimbangan kuat bagi siapa pun yang mempertimbangkan MacBook terbaru 2022.

Spesifikasi
CPU: M1
GPU: M1 (terintegrasi)
RAM: 8GB/16GB
Penyimpanan: 256GB/512GB/1TB/2TB
Layar: 13,3 inci, 2560 x 1600 piksel
Dimensi: 12 x 8,4 x 0,6 inci Berat: 2,8 pon

Kelebihan

  • + Performa yang menakjubkan
  • + Daya tahan baterai yang luar biasa
  • + Sasis aluminium satu bagian yang ramping
  • + Speaker hebat dan keyboard ajaib

Kekurangan

  • – Lebih sedikit port

2. MacBook Air (M2, 2022)

Desain laptop Apple terbaru di bawah Rp. 22 jutaan. Kebanyakan orang akan senang dengan MacBook Air M1, tetapi tidak dapat disangkal daya tarik desain dan chip baru di dalam MacBook Air M2.

Takik pada layar bukanlah pilihan desain favorit kamu, tetapi perubahan lainnya akan menyenangkan melihat penambahan pengisian daya MagSafe, membebaskan dua port Thunderbolt 4 untuk penggunaan lain.

✔️  ✓ 9 Laptop 4K Terbaik 2022 yang Harus Dibeli Sebelum Nyesel!!!

MacBook terbaik untuk pelajar ini juga mendapat peningkatan kinerja yang bagus, dan masih memberikan 14 jam dan 6 menit dalam uji masa pakai baterai. Yang akhirnya menempatkannya dengan mudah di depan pesaing Windows-nya, yang konyol mengingat kinerjanya.

Fakta bahwa ia melakukan semua ini sambil berbisik pelan dan dingin tanpa kipas masih menakjubkan. Daftar peningkatan juga mencakup tampilan yang lebih cerah, susunan quad-speaker, dan webcam 1080p baru.

Yang pertama akan sangat disambut baik bagi mereka yang menggunakan Air M2 saat bepergian dan mungkin menghadapi kondisi pencahayaan yang kurang optimal. Pertimbangan terbesar untuk Air M2 adalah harganya jika perlu meningkatkan banyak dari model dasar.

Seperti yang kami sebutkan, Air M1 tetap di harga Rp. 15 jutaan, jadi sobat harus membayar lebih untuk model M2. Jika telah mencapai Rp. 22 jutaan untuk konfigurasi, sobat mungkin ingin mempertimbangkan dasar MacBook Pro 14-inci, yang akan dibahas nanti dalam daftar ini dan sekarang tersedia..

Spesifikasi
CPU: Apple M2
GPU: GPU Apple M2
RAM: 8GB
Penyimpanan: 1TB SSD
Tampilan: 13 inch, 1664p
Dimensi: 12x8.5x0.4 inci
Berat: 2,7 lbs

Kelebihan

  • + Desain ulang yang elegan
  • + Performa bagus
  • + Layar cerah dan penuh warna
  • + Papan ketik yang nyaman
  • + Daya tahan baterai yang luar biasa

Kekurangan

  • – SSD sedikit lebih lambat dari M1 Air

3. MacBook Pro (13-inch, M2, 2022)

Laptop Macbook terbaik untuk editing dengan masa pakai baterai yang awet. MacBook Pro M2 mungkin tidak mendapatkan desain ulang yang mewah dari MacBook Air baru, tetapi peningkatan internal menawarkan peningkatan kinerja yang jauh lebih besar daripada yang diharapkan banyak orang.

Tentu saja jauh di depan persaingan Windows 11 pada titik harga ini dan seterusnya. Meskipun menempatkan banyak daya ke dalam sasis yang ramping dan bergaya, Pro bertahan selama 18 jam dan 20 menit yang hampir tidak dapat dipercaya dalam pengujian baterai yang mensimulasikan pengujian dunia nyata.

Itu cukup baik untuk menjadi yang teratas dalam daftar laptop dengan masa pakai baterai terpanjang. M2 tidak hanya meningkatkan kecepatan dan daya tahan. Sekali lagi, dengan unit pemrosesan gambar yang ditingkatkan, webcam lebih baik dari sebelumnya dan berjalan pada arsitektur berbasis ARM Apple, sehingga sobat dapat menggunakan aplikasi iPad dan iPhone di Mac.

Ya, sobat dapat menjalankan semua game dan aplikasi iOS favorit di MacBook pro terbaru 2022 ini. Segala sesuatu yang lain tentang MacBook Pro harus terasa familier. Ini adalah desain yang sama yang telah digunakan Apple selama bertahun-tahun, dan Keyboard Ajaib menyenangkan untuk diketik.

Kami kecewa melihat TouchBar lagi, tetapi layar yang mengipasi dan tak berlekuk akan menjadi pemandangan yang sangat disambut baik oleh beberapa pembeli.

Spesifikasi
CPU: Apple M2 (8 inti)
GPU: GPU Apple M2 (10 core)
RAM: 8GB/16GB/24GB
Penyimpanan: 256GB/512GB/1TB/2TB
Layar: 13,3 inci, 2560 x 1600 piksel
Dimensi: 12 x 8,4 x 0,6 inci
Berat: 3.1 lbs

Kelebihan

  • + Performa keseluruhan dan game yang luar biasa
  • + Daya tahan baterai yang luar biasa
  • + SSD secepat kilat
  • + Webcam yang bagus
  • + Keyboard yang nyaman

Kekurangan

  • – Desain stagnan
  • – Tidak cukup port

4. MacBook Pro (14-inch, 2021)

Macbook terbaik untuk desain grafis dan para profesional. Laptop ini menggabungkan sedikit yang lama dengan sesuatu yang sama sekali baru untuk produk gurih yang telah lama ditunggu-tunggu oleh penggemar MacBook.

Desain MacBook untuk kerja ini ringan dan ramping, dengan banyak ruang untuk pembaca kartu HDMI dan SDXC penuh. Dan chip M1 Pro menawarkan kinerja yang lebih kuat untuk menang dengan mudah melawan pemain besar dari Intel dan AMD.

Harga awal Rp. 30 jutaan tidak terlalu bagus. Akan lebih baik jika Apple menawarkan opsi kelas bawah. Mungkin chip MacBook Pro M1 tahun lalu adalah opsi yang dikemas dalam perangkat keras baru. Tetapi untuk semua yang dibawa MacBook Pro 14, ini adalah investasi yang berharga.

Jika ingin menghabiskan lebih banyak, sobat dapat membuka kunci kinerja chip M1 Max atau memilih layar yang lebih besar MacBook Pro 16 inci. Selain ukuran layar dan baterai, tidak ada perbedaan dalam opsi perangkat keras tahun ini.

Jika daya tahan baterai menjadi perhatian terbesar, MacBook Pro 16-inci dengan M1 Pro lebih lama dari teman sekelasnya dengan kinerja yang hampir sama. Mereka yang membutuhkan semua kekuatan pemrosesan bisa mendapatkan MacBook Pro 16 inci dengan M1 Max.

Spesifikasi
CPU: Apple M1 Pro/Apple M1 Max
GPU: Apple M1 Pro (terintegrasi)
RAM: 16GB/32GB/64GB
Penyimpanan: 512GB/1TB/2TB/4TB/8GB
Layar: 16 inci, resolusi 3072 x 1920
Dimensi: 14,1 x 9,7 x 0,6 inci
Berat: 4,3 pon

Kelebihan

  • + Desain bergaya dan elegan
  • + Banyak port
  • + Performa luar biasa
  • + Daya tahan baterai yang luar biasa
  • + Tampilan luar biasa

Kekurangan

  • – Titik masuk yang mahal
  • – Tidak ada port USB-A

Cara Memilih MacBook Terbaik

Bagi kami, MacBook Air adalah pilihan yang mudah. Harganya Rp. 15 jutaan, tetapi berkat prosesor M1, ia menawarkan kinerja dan daya tahan yang sebanding dengan MacBook Pro. Ini juga yang paling portabel dan layar 13,3 inci yang ditingkatkan sangat cocok untuk menonton acara TV atau film.

✔️  17 Rekomendasi Laptop 14 Inch Terbaik 2022, Cocok untuk Pelajar

Pilih MacBook Pro 13 inci dengan M1 untuk performa yang lebih tahan lama dan lebih baik. Itu berlangsung 16 jam dan 32 menit dengan sekali pengisian daya, menetapkan tolok ukur yang mengungguli pesaing.

Kedua opsi ini harus mencakup setidaknya 90% pengguna. Tetapi jika membutuhkan layar yang lebih besar atau bahkan lebih banyak daya untuk aplikasi profesional, MacBook Pro 14 inci dan MacBook Pro 16 inci dengan chip M1 Pro atau M1 Max adalah pilihan yang sangat baik, meskipun harganya mahal.

Cara Menguji Laptop MacBook

Kami menempatkan MacBook melalui pengujian benchmark ekstensif, baik sintetis maupun nyata, sebelum jatuh ke tangan pengulas. Ini mengevaluasi segalanya mulai dari kecepatan dan masa pakai baterai hingga kecerahan tampilan, volume speaker, dan panas sistem.

Kami menggunakan kolorimeter Klein K10 untuk mendeteksi kecerahan dan gamut warna DCI-P3 layar laptop. Untuk benchmark kinerja, kami menjalankan laptop melalui berbagai benchmark termasuk Geekbench 5.4 dan tes grafis profesional 3DMark.

Untuk melihat kinerja dunia nyata, kami meminta laptop mengonversi video 4K ke resolusi 1080p dan menggandakan file multimedia 25GB. Tes grafis yang sebenarnya termasuk Assassin’s Creed Valhalla, Far Cry New Dawn, Sid Meier’s Civilization VI: Gathering Storm dan Shadow of the Tomb Raider pada resolusi 1080p atau lebih tinggi jika layar mendukungnya.

Kami juga menjalankan uji termal dengan memutar video layar penuh 15 menit, dan uji baterai terdiri dari penelusuran web berkelanjutan melalui Wi-Fi pada kecerahan 150 nits. Kami menganggap apa pun yang lebih besar dari kira-kira 10 jam sebagai hasil yang baik. Tentu saja, tes ini dilengkapi dengan tes langsung oleh pengulas.

Kesimpulan

Itulah tadi daftar MacBook terbaik yang bisa kami rekomendasikan kepada sobat sekalian. Tetap ikuti kompirasi untuk mendapatkan info terupdate lain. Mulai dari dongle MacBook terbaik, service MacBook terbaik, MacBook termurah, dan rekomendasi MacBook murah serta rekomendasi MacBook dibawah 10 juta.

Leave a Comment