Masih Bingung Mencari Hosting Terbaik? Ini Jawabannya

Memilih hosting terbaik akan memberikan banyak sekali keuntungan terutama terkait keoptimalan kinerja website. Saat ini penyedia hosting sudah sangat banyak dengan harga dan kualitas layanan beragam.

Memilih penyedia hosting menjadi hal yang tidak boleh Anda lakukan dengan sembarangan. Ada langkah mudah untuk mencari hosting terpercaya untuk mengoptimalkan kinerja website. Semakin bagus, maka kemungkinan server mengalami down sangat kecil.

Ciri-Ciri Hosting Terbaik yang Patut Diketahui

Memilih hosting untuk website perlu mempertimbangkan layanan serta kinerjanya. Apabila ingin memilih salah satu dari beberapa penyedia hosting, sebaiknya perhatikan beberapa hal pada penjelasan berikut:

1. Memudahkan Website untuk Berkembang

Semakin besar suatu website maka membutuhkan pengembangan lebih tinggi. Proses pengembangan ini perlu mendapatkan dukungan supaya dapat maksimal, salah satunya dengan menggunakan hosting berkualitas.

Kapasitas hosting lebih luas umumnya dibutuhkan untuk website yang ingin menjangkau target pasar lebih luas seperti kasus bisnis, media pemberitaan, atau sejenisnya. Apabila hosting tidak mendukung, maka website bisa mengalami down.

Membahas ciri-ciri hosting terbaik, memudahkan website untuk berkembang menjadi lebih besar menjadi salah satunya. Pemilik website dapat mengupgrade versi hostingnya menjadi lebih bagus.

2. Menjamin Keamanan Website

Kasus peretasan website sering terjadi belakangan ini. Pemilik website perlu melakukan perlindungan untuk mencegah hal tersebut terjadi. Sebab jika dibiarkan dapat menyebabkan kerugian termasuk memancing sistem Google menganggap website Anda sebagai ancaman.

Cara mencegah masalah peretasan adalah dengan menggunakan hosting yang menjamin keamanan website kliennya. Di dalamnya harus terdapat seperangkat pelindung seperti SSL, proteksi malware, DDos, atau lainnya.

Bukan hanya mencegah peretasan, perlindungan pada website juga bertujuan untuk mencegah adanya gangguan dari virus yang tersebar melalui internet. Untuk itu, Anda akan membutuhkan hosting terbaik untuk membantu.

3. Loading Website Cepat

Sebagian dari Anda mungkin sudah mengalami keterlambatan ketika membuka sebuah website. Fakta menyebutkan sebagian besar orang modern akan meninggalkan situs saat proses loadingnya berjalan terlalu lama.

Pengoptimalan kinerja website perlu dilakukan dengan memilih hosting terbaik. Proses loading bisa berjalan hanya dalam hitungan detik sehingga khalayak tidak kabur atau bahkan memblacklist website Anda.

Pemeriksaan kinerja website perlu dilakukan secara berkala untuk mencegah munculnya gangguan atau turunnya performanya. Maka dari itu, diharapkan Anda bisa lebih berhati-hati lagi.

4. Server Stabil

Tanda bahwa server stabil yaitu tidak sering muncul gangguan yang menyebabkan ketidaknyamanan pengunjung. Server tidak stabil merupakan masalah paling mengancam kemajuan website.

Sebenarnya meskipun menggunakan hosting terbaik masih ada kemungkinan mengalami down. Namun umumnya tidak berlangsung lama karena bisa diperbaiki dengan cepat dan kembali normal seperti biasanya.

Kestabilan server memberikan keuntungan besar untuk pemilik website. Oleh karenanya pilih penyedia hosting yang memberikan jaminan uptime mencapai 99%. Tujuannya agar Anda bisa puas dengan hasil dari pelayanannya.

5. Menyediakan Control Panel (cPanel) untuk User

Manfaat dari control panel ini adalah ruang untuk mengelola layanan web hosting. Dengan layanan ini, Anda bisa melakukan banyak hal seperti backup data, manajemen file, memeriksa database, dan lain-lain.

Kehadiran penel ini begitu penting karena pengguna dapat mengatur websitenya sesuai dengan kebutuhan. Hanya saja tidak semua penyedia hosting memberikan fasilitas berupa control panel.

Anda disarankan menggunakan hosting terbaik karena umumnya tersedia fasilitas berupa control panel. Dengan begitu pengguna bisa mengatur websitenya sesuai dengan kebutuhan target audiencenya.

Masalah Hosting yang Sering Dialami Pemilik Web

Para pemilik website harus waspada dengan kemungkinan-kemungkinan yang terjadi. Sebab meskipun telah memilih hosting paling rekomen, belum tentu terbebas dari masalah. Berikut masalah umum yang terjadi pada website:

1. IP Terblokir

Penyebab IP terblokir bisa jadi karena perangkat yang Anda gunakan terdeteksi melanggar syarat dan ketentuan dari layanan web hosting. Hal ini terjadi karena sistem perlindungan yang ditanam pada hosting.

Supaya dapat melindungi website klien, hosting diberikan sebuah sistem perlindungan. Tingkat kekuatannya tergantung dari jenisnya, namun tetap terbukti cukup efektif untuk mencegah masalah berat muncul.

✔️  Windows 11 Rilis!! Kenali Fitur–Fitur Menarik Windows 11 Yang Wajib Kamu Coba

2. Masalah DNS

Bagi yang belum tahu, DNS adalah sistem yang menyimpan informasi nama host atau domain dalam bentuk database. Berdasarkan perannya, ketika DNS mengalami masalah maka akan berimbas pada kinerja website.

DNS yang error akan membuat website tidak bisa diakses atau proses loadingnya lama. Pemilik website perlu melakukan pengecekan pada bagian ini secara berkala untuk menghindari masalah lebih berat muncul.

3. Trafik Tinggi dalam Satu Waktu

Jangan langsung senang ketika trafik tiba-tiba tinggi, ini mungkin bukanlah pertanda baik. Sebab kondisi seperti ini membahayakan jika website Anda terdeteksi oleh sistem Google melakukan pelanggaran.

Bukan hanya itu, apabila dalam satu waktu pengunjung website melonjak, server dapat mengalami error atau kinerjanya melambat. Penyebabnya bisa karena topik artikel banyak dicari atau promosi yang dijalankan.

Cara Mengoptimasi Hosting untuk Memaksimalkan Kinerjanya

Hosting perlu dioptimasi untuk membuat kinerjanya semakin optimal. Penasaran dengan bagaimana caranya? Berikut akan disebutkan beberapa cara yyang sudah kami rangkum di antaranya:

1. Membersihkan Cache

Menumpuk cache bisa menyebabkan berbagai masalah termasuk menurunkan kinerja website. Pembersihan secara berkala merupakan cara paling jitu untuk tetap membuat server bekerja dengan baik.

Solusi yang banyak disarankan adalah menggunakan DB Cache. Plugin tersebut bisa mengatasi masalah jika sudah terlalu kompleks. Disebutkan sistemnya dapat mengurangi sampai 70% HTTP request.

Jadi selain menggunakan hosting terbaik, juga perlu mengoptimasi hosting dengan membersihkan cache. Catat waktu pembersihannya dan sebaiknya ketahui tingkat penggunaannya, apabila konsentrasi penggunaan tinggi maka harus segera menghapus cache.

2. Upgrade PHP

Dengan melakukan upgrade ke versi terbaru, ada banyak keuntungan yang didapatkan. Misalnya saja ruang penyimpanan menjadi lebih luas. Kecepatan loadingnya juga bertambah secara signifikan.

Disarankan untuk memilih hosting terbaik untuk mendapatkan layanan-layanan penunjang kemajuan website. Penyedia hosting umumnya memberikan layanan 24 jam dan siap memberikan layanan apapun itu.

3. Resize dan Compress Gambar

Kebanyakan pemilik website saat ini membuat artikelnya disertai gambar pada masing-masing poinnya. Ketika gambar yang diupload pada sebuah website terlalu banyak, ada kemungkinan menurunkan performanya.

Hal ini diakibatkan oleh menyusutnya memori penyimpanannya. Solusi terbaik untuk tetap membuat website bagus adalah dengan mengatur ulang ukuran dan mengkompres gambar supaya lebih kecil ukurannya.

4. Optimize Script

Tindakan ini dilakukan untuk mengurangi plugin yang digunakan pada suatu website. Sebelum menjalankan prosesnya, sangat disarankan mengecek plugin mana yang paling memakan sumberdaya terbanyak.

Ada baiknya selalu menggunakan hosting terbaik agar mendapatkan arahan dari pihak penyedia untuk membuat website semakin optimal. Anda bisa mencobanyak sendiri melalui cara ini.

Fungsi-Fungsi Hosting pada Website

Hosting digunakan bukan tanpa alasan, oleh karenanya Anda perlu mengetahui apa saja fungsi penting dari hosting. Penjelasan secara lebih lengkapnya adalah pada penjabaran sebagai berikut.

1. Ruang Penyimpanan Data

Fungsi utama dari adanya hosting adalah untuk menyimpan data. Besaran dari penyimpanannya tergantung jenis hosting yang digunakan. Sebaiknya ketika memilih hosting, pertimbangkan besaran penyimpanannya.

Bagi media besar sebaiknya menggunakan hosting yang menawarkan kapasitas hosting luas. Sebab data-data yang tersimpan bisa saja sangat besar terutama ketika pengunjung sedang melonjak.

2. Website Lebih Responsif

Membuat website lebih responsif adalah hal penting yang perlu diperhatikan. Kecepatan loading akan meningkatkan ketertarikan khalayak untuk mengunjungi website Anda. Sebaliknya, jika website tidak responsif maka seringkali akan ditinggalkan oleh pengunjung. \

Penggunaan hosting adalah cara terbaik untuk mengoptimalkan kinerja dari website. Membahas mengenai hosting, program ini memiliki banyak peran pada sebuah website. Untuk itu pastikan memilih hosting terbaik.

DAFTAR ISI :

Leave a Comment