Memanfaatkan Website untuk Menjalankan Bisnis

Memanfaatkan Website untuk Menjalankan Bisnis
Sumber: Pixabay.com

Beberapa di antara kita mungkin sudah tidak asing dengan kata website. Kita tahu bahwa secara umum website menampilkan berbagai informasi dalam bentuk gambar, tulisan, maupun video yang kemudian bisa kita akses dengan bantuan jaringan internet. Di Indonesia, website mulai dikenal sekitar tahun 1998, di mana pada saat itu belum banyak orang yang memilikinya. Hanya perusahan-perusahan besar saja yang mampu membeli sebuah kecanggihan teknologi yang mahal. Sedang yang berada di kelas menengah ke bawah lebih memilih media lain sebagai sarana promosi.

Namun, sekarang ini website sudah bisa dijangkau hingga kalangan menengah ke bawah sekalipun. Seperti yang kita tahu, belakangan banyak sekali orang-orang berbondong-bondong ingin membuka usaha. Lantas dengan kecanggihan teknologi serta meningkatnya ilmu pengetahuan, membuka bisnis bisa dikatakan tidak sesulit dulu. Kita hampir selalu menjumpai orang-orang yang ada di sekitar mencoba peruntungan melalui jalur bisnis.

Website dan bisnis hari ini seperti dua hal yang sulit dipisahkan. Sebab, tidak bisa dipungkiri nyatanya bisnis membutuhkan website untuk bisa terus berkembang. Mengapa seperti itu? Di bawah ini beberapa manfaat website untuk mengembangkan bisnis. Mari kita perhatikan bersama-sama.

  • Menciptakan Kepercayaan Bisnis

Kepercayaan tidak bisa langsung timbul tanpa diciptakan. Begitupun dalam berbisnis, kita juga perlu menciptakan kepercayaan konsumen. Salah satu caranya yaitu dengan memiliki website bisnis sendiri. Dengan memiliki website resmi yang menampilkan informasi secara detail, lengkap, dan menarik tentu akan lebih mudah untuk membuat konsumen percaya dengan bisnis yang kita jalankan.

Konsumen hari ini adalah orang-orang yang cerdas dan teliti. Biasanya, sebelum membeli sebuah produk, mereka akan mencari tahu tentang produk tersebut hingga ulasan yang diberikan konsumen lain. Jadi, jika kita mempunyai website sendiri dan mengelolanya dengan baik, maka konsumen akan beramai-ramai membeli produk yang kita jual.

  • Media untuk Personal Branding

Personal branding adalah kegiatan membangun merek secara pribadi untuk mencitrakan produk atau jasa yang akan kita jual. Pencitraan ini dilakukan untuk membangun pikiran positif atas bisnis yang kita jalankan. Tanpa personal branding, tentu akan lebih sulit untuk bisnis kita tetap melekat di ingatan para calon konsumen.

Membangun personal branding ini tentu akan lebih mudah dilakukan manakala kita memiliki website sendiri. Kita akan lebih leluasa dalam mendeskripsikan produk ataupun jasa yang tengah kita tawarkan. Kita bisa menuliskan detail produk atau jasa yang kita miliki, sehingga para calon konsumen akan lebih memahami perihal apa yang akan mereka beli.

  • Lebih Hemat dalam Mempromosikan Bisnis

Dahulu, sebelum para pelaku bisnis belum mengenal website, mungkin cara mereka dalam mempromosikan produknya adalah dengan media konvensional. Media ini biasanya berupa koran, banner, spanduk, atau bahkan copy-an iklan yang ditempel di jalan. Cara tersebut memang bukan sesuatu yang salah, namun apabila dilakukan secara terus menerus maka hasil yang didapatkan menjadi kurang efektif dan efisien. Selain itu, banyak pula biaya yang harus dikeluarkan untuk mempromosikan produk dengan cara seperti itu.

Hal tersebut tentu berbeda dengan jika kita mempromosikan bisnis melalui website sendiri. Produk kita akan lebih mudah diketahui oleh lebih banyak dengan biaya pengeluaran yang lebih sedikit.

  • Bisa diakses 24 Jam

Berbeda dengan hanya berjualan di toko offline saja, di mana konsumen tidak bisa mengakses produk selama 24 jam, berbisnis dengan memanfaatkan jalan online akan lebih fleksibel. Meskipun toko offline tutup, konsumen tetap bisa mendapatkan informasi atas produk yang kita jual secara online.

Saat ini, kita tidak tahu pukul berapa konsumen sedang aktif berbelanja ataupun melihat-lihat sebuah produk atau jasa. Sehingga dengan bantuan website, mereka tetap bisa mendapatkan pengalaman berbelanja meski kita sebagai pemilik usaha tengah tidur ataupun sedang tidak ada di toko offline.

  • Menjangkau Pasar dengan Lebih Luas

Berjualan hanya dengan media konvensional membuat produk dikenal secara terbatas. Karenanya, kemajuan teknologi membuat terobosan untuk mengembangkan bisnis sehingga dapat dijangkau dengan lebih luas. Jaringan internet yang hari ini lebih mudah didapatkan membantu para pelaku bisnis dalam memasarkan produk ataupun jasa. Memiliki website pribadi adalah salah satunya. Dengan memiliki website, konsumen yang tertarik dengan produk kita akan lebih banyak jumlahnya.

Itulah tadi beberapa manfaat website untuk mengembangkan bisnis di era modern seperti ini. Jadi untuk teman-teman yang memang ingin memulai bisnis, cobalah untuk menggunakan juga cara-cara digital seperti memiliki website ataupun yang lainnya. Hal tersebut tentu tidak lain untuk kemajuan bisnis teman-teman sendiri. Website untuk bisnis sendiri tidak bisa sama satu dengan yang lainnya. Semua harus menyesuaikan kebutuhan bisnis yang teman-teman jalankan.

Jadi, tertarik membuat website agar bisnis semakin terpercaya di mata konsumen? Jetorbit siap membantu. Sebagai penyedia layanan hosting murah dan domain yang terpercaya, kami bersedia menjadi rekan teman-teman untuk menentukan jenis website yang sesuai kebutuhan. Jadi tunggu apa lagi? Untuk mengetahui informasi lebih lengkap tentang pembuatan website, silakan kunjungi laman Jetorbit.com!

Arif Wibowo Hidayatullah
" Merangkai Sebuah Kata Itu Sangatlah Mudah, Tapi.. Merangkai Sebuah Mimpi Itu Sangatlah Sulit..." (Arif Wibowo)