Menarik, Begini Cara Mengatasi HP Lemot yang Bisa Membantu Anda

Cara mengatasi HP lemot alias lambat penting diketahui karena bisa terjadi kapan saja dan pada pengguna android apapun. Pengguna biasanya akan membeli hp baru ketika mengalami hal tersebut agar mudah dan cepat selesai. 

Penyebab hp yang lemot memang kebanyakan terjadi karena usia pemakaian yang sudah lama dan seringkali menjadi alasan para pengguna untuk mengganti dengan hp baru.

Baca juga: cara atasi hp kemasukan air 

Hal tersebut membuat kinerja perangkat, sistem memori dan baterai jadi tidak maksimal hingga menyebabkan lemot. Tetapi terkadang ada penyebab sepele yang menjadikan HP Anda lemot atau bahkan sebetulnya masih bisa digunakan secara maksimal jika Anda membersihkan cache nya. 

Banyak pengguna tidak menyadari dan malas untuk mengelola sampah perangkat yang bisa menjadi virus untuk Hp Anda. Padahal hal tersebut bisa disiasati dengan banyak cara mengatasi HP lemot dan aplikasi pendukung yang bisa menguntungkan bagi Anda. 

Lalu bagaimana cara untuk mengatasi Hp lemot tersebut ? Mari simak ulasan dibawah ini tentang cara dan solusi yang baik untuk Anda para pengguna Hp android.

Cara Mengatasi HP Lemot yang Mudah dan Cepat

Berikut beberapa cara mudah mengatasi HP Lemot yang bisa Anda ikuti, yaitu:

Menutup Aplikasi Yang Sedang Berjalan

Penyebab hp android Anda lemot salah satunya bisa jadi karena banyaknya aplikasi yang berjalan dalam satu waktu. Semisal, Anda sedang menggunakan aplikasi Instagram, Whatsapp, Twitter, Netflix atau Spotify, Youtube hingga Tiktok secara bersamaan.

Cara mengatasi HP lemot tersebut akan membuat sistem operasi dalam perangkat hp menjadi bekerja secara berat atau ekstra sehingga android Anda lemot. Maka dari itu, segera tutup aplikasi yang sedang berjalan bersamaan agar HP dapat digunakan dengan aman dan lancar hingga bertahan lebih lama.

Restart Ulang Hp

Berikutnya cara untuk mengatasi hp lemot yang paling mudah adalah bisa dengan menyalakan ulang hp Anda agar sistem operasi perangkat tidak terlalu berat. Anda bisa mematikan sementara ponsel tersebut agar beristirahat baru kemudian dinyalakan kembali dengan menekan tombol nyala ulang.

Hal tersebut dilakukan agar bisa mengosongkan cache atau sampah ketika Anda menggunakan hp tersebut. Bisa jadi hp Anda lemot karena banyaknya cache yang mengumpul, membersihkannya bisa membuat pengoperasian aplikasi dalam hp Anda menjadi lebih lancar.

Hapus Aplikasi Yang Tidak Digunakan 

Bukan hanya menutup aplikasi yang sedang berjalan, namun pengguna juga bisa menghapus apa saja aplikasi yang sekiranya jarang dan sudah tidak berguna lagi. Sehingga cara mengatasi HP lemot ini dapat menghapus cache dengan mudah. 

Terlebih cache yang terdapat dalam sebuah aplikasi itu akan mempengaruhi banyaknya sistem memori yang membuat hp Anda berat untuk menjalankan berbagai aplikasi secara bersamaan.

Cara satu ini bisa sangat membantu Anda untuk memilah aplikasi mana saja yang berguna dan menghapusnya agar memori Anda tetap memiliki ruang penyimpanan. Tentunya akan membantu sistem operasi berjalan dengan lancar tanpa adanya gangguan lemot.

Menghapus Cache Aplikasi 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa cache yang menumpuk akan membuat dan menghabiskan banyak ruang penyimpanan sehingga HP menjadi lemot dengan cara mengatasi HP lemot. 

Maka lebih baik cache aplikasi tidak digunakan hingga menghambat jalannya operasional hp Anda dihapus. Namun Anda perlu berhati-hati pada aplikasi yang mengelola data penting pada ponsel tersebut. Ketika akan menghapusnya pada menu setting kemudian pilih aplikasi dan hapus semua cache.

Non Aktifkan Sinkronisasi Otomatis

Sinkronisasi otomatis akun adalah dengan mengatasi HP lemot yang berikutnya, karena sinkronisasi akun yang berbeda-beda pada aplikasi di hp akan membuat hp bekerja secara jauh lebih berat. Apalagi hal ini juga akan mengakibatkan kapasitas baterai menjadi mudah habis dalam waktu yang singkat, untuk itu Anda bisa matikan sinkronisasi otomatis tersebut.

✔️  5 Cara Melihat Password WIFI di Laptop dengan Mudah

Mengoptimalkan Memori

Salah satu cara mengatasi HP lemot bagi pengguna yang mengalami HP lemot sebaiknya menghapus aplikasi yang tidak berguna dengan memilah data yang tersimpan di ponsel, dengan begitu memori Anda akan optimal. 

Data yang bisa Anda hapus seperti foto, video, dokumen, hingga pesan suara dari penggunaan sebuah aplikasi. Hal ini dilakukan karena jika dibiarkan menumpuk maka file-file yang tak berguna itu hanya akan menyerap kapasitas memori ponsel Anda. 

Kinerja HP yang melambat bisa jadi karena Anda tidak menyortir data yang tak perlu tersebut, atau bisa dengan menyimpan di tempat penyimpanan lain. 

Memeriksa Koneksi Internet

Cara mengatasi hp lemot berikutnya bisa jadi bukan hanya karena sistem operasi perangkat ponsel Anda, namun hal ini bisa karena koneksi internet yang digunakan sedang tidak mendukung. 

Sinyal yang didapat terkadang bisa naik turun sesuai dengan lokasi Anda berada dan kartu internet Anda apakah mendukung atau tidak. Hal ini membuat banyak aplikasi yang digunakan menjadi lamban berjalan karena tidak adanya sinyal untuk akses internet. 

Maka itu memastikan koneksi internet Anda baik perlu diperiksa karena mungkin WiFi yang digunakan eror atau paket data internet yang habis.

Update Perangkat Lunak

Setiap ponsel didukung dengan perangkat lunak dan perangkat keras, keduanya memiliki peran dalam mendukung supaya HP tidak lemot. Dengan cara mengatasi HP lemot ini bisa dipakai untuk perbaharui perangkat lunak karena bisa jadi lemot terjadi dari sistem yang lawas.

Mengatasi hp lemot berikutnya ini biasanya sistem pada ponsel akan menginformasikan jika software versi terbaru dari suatu ponsel sudah muncul. Hp Anda bisa otomatis mengupdate perangkat lunak tersebut atau Anda harus melakukannya pada menu setting pada ponsel Anda.

Instal Aplikasi Pendukung atau Launcher Pihak Ketiga

Sistem operasi android dapat dijadikan untuk launcher pada pihak ketiga yang membuat home screen memiliki tampilan beda dari bawaan pabrik. Hal tersebut tentu dapat membantu ponsel supaya kinerjanya lebih cepat.

Kemudian beberapa launcher yang dapat Anda coba sebagai berikut Nova launcher, Go launcher X dan apex launcher. Cara mengatasi HP lemot ini membuat pengguna menjadi lebih nyaman dalam mengoperasikan ponsel nya.

Ubah Kembali Pada Setelan Pabrik

Mengatasi hp lemot yang terakhir ini bisa Anda lakukan jika semua cara sudah dicoba namun hp tetap saja lambat dalam penggunaannya. Maka Anda perlu mengembalikan setelah hp ke versi setelan pabrik, atau versi awal ketika Anda membeli ponsel tersebut.

Tetapi jika Anda melakukan cara ini maka Anda perlu mengetahui bahwa semua data pada perangkat ponsel akan hilang. Sehingga Anda harus memback up atau memindahkan dahulu data-data penting ke tempat penyimpanan lain seperti flashdisk, hardisk, atau bahkan kartu memori agar aman dan Anda tak perlu kebingungan jika ingin mencarinya kembali.

Itulah beberapa cara mengatasi hp lemot yang bisa menjadi referensi bagi Anda jika mengalami kelambatan dalam pengoperasian sistem pada HP android Anda, pastinya sesuaikan dengan masalah yang dimiliki oleh masing-masing pengguna.

Leave a Comment