Review Microsoft Surface Laptop 4 AMD, Laptop Baterai Awet

kompirasi.com – Surface Laptop 4 mungkin terlihat familier, tetapi chip AMD di dalamnya siap untuk masa keemasannya. Microsoft Surface Laptop 4 AMD adalah salah satu laptop terbaik yang dapat sobat beli. Laptop ini menawarkan kinerja dan daya tahan baterai yang belum pernah ada pada pendahulunya.

Jika ingin menemukan kembali laptop, Surface Laptop 4 bukan pilihan tepat . Singkatnya, model baru adalah Surface Laptop 3 dengan prosesor yang diperbarui yang tersedia dalam varian Intel dan AMD. Ya, masih ada lagi, tetapi versi TL;DR lebih cepat kinerjanya dan daya tahan baterainya lebih lama di laptop yang sama.

Mungkin kedengarannya tidak menarik, tetapi seperti yang dibuktikan oleh Surface Laptop 4, ada kalanya diperlukan beberapa penyesuaian untuk menyempurnakan produk yang belum dirilis, seperti pendahulunya.

Kecepatan dan daya tahan di bawah rata-rata, keluhan terbesar tentang model sebelumnya, diatasi dengan chip baru. Mengatasi kekurangan utama ini, Surface Laptop 4 15 inci dengan desain ramping, layar penuh warna, dan keyboard serta touchpad yang hebat akhirnya bersinar.

Tanpa sedikit kelalaian yang mengganggu, Surface Laptop 4 akan menjadi laptop Windows 10 bagi mereka yang menginginkan komputer jinjing dengan layar besar. Namun demikian, ia melakukan tugasnya dengan baik dan harus ada dalam daftar pantauan setiap pembeli sebagai salah satu laptop terbaik di pasar.

Spesifikasi Microsoft Surface Laptop 4 AMD

Spesifikasi
CPU: AMD Ryzen 7 4980U
GPU: AMD Radeon
RAM: 16GB
Penyimpanan: 512GB
Tampilan: 15 inci, 2256 x 1504 piksel
Dimensi: 13,4 x 9,6 x 0,6 inci
Berat: 3,4 pon

Kelebihan

  • + Sasis yang ramping dan kokoh
  • + Kinerja cepat
  • + Daya tahan baterai yang lama
  • + Layar 15 inci yang luar biasa
  • + Keyboard dan touchpad yang nyaman
  • + Speaker yang luar biasa

Kekurangan

  • – Port sedikit
  • – Tidak ada opsi grafis diskrit
  • – Bezel mungkin lebih tipis
  • – Sensor sidik jari akan menyenangkan.

Konfigurasi dan Harga Microsoft Surface Laptop 4 AMD

Sekarang sobat harus memilih antara Intel dan AMD. Microsoft menjual dua versi Surface Laptop 4 15 inci dengan CPU AMD Ryzen 7 4980U dan CPU Intel Core i7-1185G7. Keduanya tersedia dalam varian warna Platinum (Silver) atau Matt Black.

Unit ulasan AMD Ryzen 7 Matte Black berharga Rp. 25 jutaan dan dilengkapi dengan RAM 16GB dan SSD 512GB. Sobat bisa mendapatkan CPU Ryzen 7 yang sama dan penyimpanan 512GB seharga Rp. 22 jutaan, tetapi hanya dilengkapi dengan RAM 8GB.

Model termurah berharga Rp. 19 jutaan dan menurunkan penyimpanan ke SSD 256GB. Model Intel sedikit lebih mahal. Model Core i7 termurah memiliki RAM 16GB dan SSD 512GB dengan harga Rp. 26 jutaan. Hanya versi Intel yang tersedia dengan RAM 32GB dan SSD 1TB, tetapi harganya Rp. 35 jutaan.

Desain Microsoft Surface Laptop 4 AMD

Sebagai lambang minimalis, desain Surface Laptop 4 tetap tidak berubah. Ini menawarkan keanggunan halus yang sama dengan tutup aluminium anodized yang memamerkan logo Windows cermin di tengahnya. Ini bukan tampilan yang sangat menarik.

Tetapi ada sedikit penyempurnaan dalam kesederhanaannya, dan kualitas pembuatannya, seperti biasa, adalah yang terbaik. Kain Alcantara yang membantu membedakan seri Surface Laptop tidak ada pada model 15 inci, yang hanya tersedia dalam sasis logam pilihan Anda, baik hitam matte atau platinum (perak).

Kami merindukan bahan mewah dari dek. Logam halus tidak akan membuat sobat cemas seperti menjatuhkan gelas pagi atau memegang laptop dengan jari-jari yang kotor. Jika tidak stres dengan masalah ini, Surface Laptop 4 13,5 inci masih hadir dalam bahan sentuhan lembut.

Kami suka bentuk laptop ini. Tepi belakang meruncing secara agresif dan profil rendah memberikan bentuk baji yang aerodinamis. Baik pergi ke kantor atau bersepeda ke kafe, Surface Laptop 4 dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam ransel atau tas bahu.

Dalam hal portabilitas, Surface Laptop 4 adalah salah satu laptop 15 inci tertipis yang dapat dibeli, berukuran 13,4 x 9,6 x 0,6 inci dan berat 3,4 pon.

Lapotp ini secara signifikan lebih portabel daripada Dell XPS 15 (13,6 x 9,1 x 0,7 inci, 4,5 pon) dan MacBook Pro 16 inci (14,1 x 9,7 x 0,6 inci, 4,3 pon) dan sama rampingnya dengan HP Spectre x360 14. (14 x 9 x 0,6 inci, 3,5 pon). Membuka tutupnya menunjukkan cacat yang mencolok: bezel yang lebih tebal dari rata-rata.

Kami telah mengkritik Apple karena gagal memperbaiki bingkai di sekitar MacBook Air, dan saya juga tidak mau menyerah pada Microsoft.

Laptop pesaing seperti XPS 13 dan Spectre x360 14 menghilangkan hampir tidak ada batas di sekitar layar, mengurangi keseluruhan jejak laptop sambil memberikan pengalaman menonton yang lebih mendalam. Sampai Microsoft melakukannya, Surface Laptop tidak akan memiliki keunggulan modern itu.

Security dan SSD yang Dapat Diganti

Microsoft membenci kata sandi, dan kami tidak. Kata sandi sulit diingat dan tidak terlalu aman, dan sekarang ada cara yang lebih baik untuk mengunci sistem. Perisai pilihan pada Surface Laptop 4 adalah kamera IR yang menggunakan pengenalan wajah untuk masuk ke laptop melalui Windows Hello.

Tidak ada sensor sidik jari yang memalukan. Kamera IR sebagian besar dapat diandalkan dalam pengujian, tetapi 100% karena kami tidak mendaftarkan wajah. Kami harus kembali ke masa susah payah memasukkan kata sandi tanpa mencadangkan pemindai sidik jari kami.

Juga harus ditunjukkan bahwa chip TDP 2.0 yang terpasang pada Surface Laptop 4 memastikan bahwa semua data ke dan dari laptop dienkripsi dan dilindungi. Sekarang mari kita lihat SSD yang dapat ditukar yang diperkenalkan pada model sebelumnya dikembalikan di Surface Laptop 4.

Sobat dapat dengan mudah mengakses SSD dengan melepas sekrup Torx yang menahan panel bawah. Microsoft bangga membuat komponen ini mudah dilepas sehingga dapat memperbaiki atau meningkatkan penyimpanan.

SSD tidak benar-benar dapat diganti oleh pengguna. Sobat harus membawanya ke layanan perbaikan resmi Microsoft untuk menghindari pembatalan garansi.

Port Microsoft Surface Laptop 4 15 Inch

Microsoft belum mengubah port, jadi di sebelah kiri adalah port USB 3.1 Type-A, input USB 3.1 Type-C, dan jack headphone. Di sebelah kanan adalah port Surface Connect magnetik berpemilik untuk mengisi daya atau menghubungkan stasiun dok.

Port USB-A bagus untuk dilihat pada komputer yang begitu tipis, tetapi kami masih yakin bahwa Microsoft telah mengganti USB Type-C standar (dan Surface Connect) dengan port Thunderbolt 4 yang lebih mumpuni (yaitu, setidaknya pada model Intel).

Layar Microsoft Surface Laptop 4 Ryzen 7

Layar 15-inci, 2256 x 1540 piksel kembali dengan layar yang cerah dan hidup dan rasio aspek 3:2 yang unik. Ini adalah panel hebat yang tahan terhadap apa pun selain OLED.

Kami bisa melihat embel-embel tergantung dari kemeja bengkel compang-camping Vin Diesel yang dengan nyaman memamerkan bisepnya yang kokoh di trailer untuk F9 (film yang mengikuti Fast & Furious).

Shelby Cobra yang indah berkilau dalam warna kobalt yang mempesona dan kontras dengan baik dengan latar belakang hijau dan coklat yang subur dari hutan di sekitarnya.

Panel-panelnya begitu tajam sehingga dalam adegan aksi yang hingar-bingar, sobat bisa melihat setiap pecahan kaca beterbangan dengan keras dari jendela toko dan terbang di atas truk polisi yang melaju kencang.

Ini bukan laptop 2 in 1, tetapi laptop ini memiliki layar sentuh. Kami pada dasarnya menggunakan touchpad, tetapi kadang-kadang ketika mengetuk atau membaca ikon, jari menggulir ke bawah dengan lambat. Panel sentuh yang sensitif merespons dengan andal dalam kasus ini.

Menurut colorimeter kami, tampilan Surface Laptop 4 menyumbang 78% dari gamut warna DCI-P3, jadi tidak setajam layar 4K XPS 15 (94%) dan panel 16 inci MacBook. Pro (81%). Ini tidak cocok dengan rata-rata (85%), tetapi mendorong lebih banyak warna daripada HP Spectre x360 14 (75%).

Hingga 334 nits, Surface Laptop 4 lebih gelap dari XPS 15 (434 nits), MacBook Pro (429 nits), Spectre x360 14 (365 nits), dan Premium Average (392 nits). Kedengarannya buruk, tetapi apa pun yang lebih dari 300 nits harus cukup terang untuk sebagian besar kondisi pencahayaan.

Keyboard dan Touchpad

Saat mulai mengetik tombol mewah di Surface Laptop 4 saya, jari-jari terasa seperti sedang duduk di sofa yang nyaman setelah lama berolahraga. Serius, Microsoft tahu cara membuat keyboard yang sangat bagus. Bahkan keyboard yang dapat dilepas yang dijual untuk Surface Pro 7 sangat bagus.

Apa yang membuat mereka begitu baik? Jarak tempuh 1,3 mm sudah memadai, tetapi alasan utamanya adalah sakelar tahan banting yang berfungsi sebagai batu loncatan untuk jari saat menavigasi dari satu huruf atau angka ke huruf atau angka berikutnya.

Tombol bergaya Chiclet dengan lampu latar memiliki ukuran dan jarak yang tepat sehingga dapat merasa seperti di rumah sejak mulai mengetik di Surface Laptop 4.

Kami mengetik 105 kata per menit dengan akurasi 97% pada tes pengetikan 10fastfingers.com, yang sedikit lebih lambat dari 109-wpm, rata-rata akurasi 95%, tetapi dengan lebih sedikit kesalahan.

Touchpad 4,5 x 3 inci terasa seperti sutra 22 mama di ujung jari Anda dengan Robin on Batman di keyboard. Berkat driver Precision, saya tidak mengalami masalah dalam menjalankan gerakan Windows 10 seperti menggulir dengan dua jari atau mengganti jendela dengan tiga jari.

Jika Microsoft mengejar Apple, ada ruang untuk membuat permukaan lebih luas, tetapi kami ragu orang dengan tangan yang lebih besar akan memiliki masalah dengan pengaturan saat ini.

Audio Microsoft Surface Laptop 4 AMD

Bersembunyi di bawah keyboard adalah speaker Omnisonic dengan Dolby Atmos untuk mendengarkan musik yang cukup keras untuk memenuhi kantor yang luas. Kami akui kami skeptis tentang pengaturan speaker di bawah keyboard. Meski begitu musiknya tidak hanya keras, itu terdengar hebat.

Saat drum masuk lebih dalam dari yang diharapkan di laptop tipis ini, kami secara naluriah mengangguk mengikuti ritme tempo cepat. Pukulan berat itu tidak mengusik vokalis yang lembut dan nyaman itu yang dengan mudah melompat dari tenor ke bariton dalam falsetto.

Kami bahkan terkejut dengan luasnya suara itu. Instrumen ini lebih terisolasi daripada speaker laptop ultra-tipis lainnya. Bagus sekali, Microsoft.

Kinerja Microsoft Surface Laptop 4 AMD

Apa yang bisa dilakukan satu tahun. Sejak Microsoft meluncurkan Surface Laptop 3, chip AMD telah beralih dari opsi anggaran khusus menjadi pembunuh Intel sejati.

CPU Ryzen 7 4980U (juga dikenal sebagai AMD Ryzen 7 Microsoft Surface Edition) dikombinasikan dengan RAM 16GB memberi daya pada Surface Laptop 4 dan memiliki kelas bobot yang berbeda dari chip di Surface Laptop 3.

Saat membuka 24 tab di Chrome, tidak ada lag sama sekali. Empat di antaranya memutar video YouTube 1080p. Kami telah melakukan streaming pertandingan sepak bola Liga Champions Concacaf di satu layar dan menjelajahi web di layar lainnya, dan belum pernah melihat umpan langsung turun.

Sobat akan berlibur pasca pandemi, dan dapat membayangkan berapa banyak tab pemesanan hotel dan penerbangan yang telah dibuka saat merencanakan. Dengan Surface Laptop 4, sobat dapat menggunakan fitur pengumpulan Microsoft Edge untuk mengurutkan semua tautan favorit.

Sehingga dapat mengatur detail penerbangan, masa inap hotel, dan semua restoran termasuk tempat duduk di luar ruangan dan kebijakan masker. Ini mungkin tidak menggunakan chip Ryzen 5000 terbaru, tetapi Surface Laptop 4 berkinerja sangat baik dalam pengujian benchmark kami.

Bahkan, itu melebihi harapan dengan skor 6.748 di tes kinerja keseluruhan Geekbench 5.4. Ini mengungguli CPU XPS 15 (6.179, Core i7-10750H) dan H-series, dan perbedaan yang signifikan antara Spectre x360 14 (4.904, Core i7-1165G7) dan laptop rata-rata (4.276).

MacBook Pro 16-inci Apple (7.201, Core i8-9980HK) jauh lebih mahal daripada Surface, tetapi hampir tidak memenangkan putaran ini.

Menggunakan aplikasi transcoding Handbrake untuk mengonversi video 4K ke resolusi 1080p, Surface Laptop 4 mengalahkan rata-rata laptop seperti XPS 15 (10:06), Spectre x360 14 (17:02) dan Usain Bolt (16:19) . Olimpiade. Namun, MacBook Pro (8:00) berjuang untuk menyelesaikan pekerjaan dalam 8 menit.

Satu hal yang belum dipelajari Microsoft adalah kecepatan penyimpanan. SSD Samsung PCIe NVMe 512GB membutuhkan waktu 1 menit 12 detik untuk mengonversi file multimedia 25GB dengan kecepatan transfer 372,5MB per detik.

Ini lebih cepat daripada XPS 15 (298 MBps, 512 GB NVMe PCIe SSD) tetapi jauh lebih lambat daripada Spectre x360 14 (764 MBps, 512 GB M.2 PCIe NVMe SSD) dan rata-rata laptop (625,5 MBps).

Grafis Microsoft Surface Laptop 4 AMD

Grafik terintegrasi telah meningkat selama bertahun-tahun, tetapi laptop 15 inci tanpa GPU diskrit memiliki kelemahan besar. Surface Laptop 4 menggantikannya dengan mengandalkan AMD Radeon Graphics daripada kartu grafis yang tepat.

Benchmark kami dibuktikan dengan Surface Laptop 4, yang mencetak 3.424 dalam tes 3DMark Fire Strike. Itu jauh lebih rendah daripada XPS 15 (8.387, GeForce GTX 1650) dan bahkan Spectre x360 14 (4.937) dengan grafis Intel Iris Xe. Rata-rata adalah 4.125.

Peradaban VI Sid Meier: Gathering Storm sebenarnya berjalan cukup cepat, memainkan rata-rata 35 frame per detik pada 1080p di atas ambang batas 30fps. XPS 15 (48 fps) bermain jauh lebih mulus seperti yang diharapkan, dan HP Spectre x360 14 (20 fps) membuat saya ingin duduk di sofa dan memainkan konsol baru.

Bukankah memiliki GPU terpisah sebanding dengan manfaat portabilitas dan daya tahan? Aku akan menyerahkannya padamu. Jika mencari laptop dengan grafis yang bagus, kunjungi halaman Laptop Gaming Terbaik kami.

Masa Pakai Baterai

Performa lebih cepat dan baterai lebih lama? Pukulan KO 1-2 dari Surface Laptop 4 seperti Brown Bomber Joe Lewis. Surface Laptop 4 bertahan 12 jam 4 menit dalam uji baterai Laptop Mag, mengungguli 4K XPS 15 (8:01) dan MacBook Pro 16 inci (10:55) dan hanya beberapa menit untuk HP Spectre x360. 14 (12:11)

Sebagai referensi, Surface Laptop 3 15 inci hanya bertahan 8 jam, jauh di bawah rata-rata laptop premium 10:19.

Webcam Microsoft Surface Laptop 4 AMD

Microsoft menjanjikan kualitas gambar dan video yang lebih baik pada kamera 720p sebagai hasil dari keajaiban software. Kami pernah mendengar tentang ini sebelumnya. bukan? Ya, saya sedang melihat Apple. Untungnya, dalam hal ini, Surface Laptop 4 sudah menggunakan salah satu webcam laptop terbaik yang pernah kami uji.

Apakah ini lebih baik dari yang sebelumnya? Kami tidak bisa mengatakan dengan pasti. Yang bisa kami katakan adalah bahwa kami tidak ragu untuk menggunakan webcam terintegrasi untuk menyelenggarakan pertemuan online.

Terus terang aneh bahwa kami tidak secara naluriah menghubungkan Logitech C920 yang tepercaya sebelum menekan tombol “Join Meeting” selama pertemuan pagi

Lagi pula, kualitas gambarnya tidak sempurna, tetapi wajahnya detail dan noise visualnya tidak semenyebalkan biasanya. Kamera bahkan menangkap rona kemerahan dan pirus sepeda Trek sebagai latar belakang.

Heat Microsoft Surface Laptop 4 AMD

Surface Laptop 4 adalah kucing keren di bawah tekanan. Ini memuncak pada 98 derajat Fahrenheit di panel lantai, yang sedikit di atas ambang batas kenyamanan 95 derajat.

Bagian yang benar-benar menyentuh kulit, seperti touchpad (83 derajat) dan keyboard (90 derajat), tetap nyaman meskipun memutar video 1080p berdurasi 15 menit.

Software dan Garansi

Sebagai reviewer smartphone, tidak ada yang lebih menyegarkan daripada memiliki hp Pixel dengan Android murni. Hal yang sama berlaku untuk Windows 10 di Surface Laptop 4. Ini adalah sistem operasi Microsoft terbaik tanpa program pra-instal yang tidak perlu. Beberapa aplikasi Windows 10 asli lebih berguna daripada yang lain.

Microsoft Whiteboard dapat digunakan untuk membuat catatan di layar sentuh, tetapi menggunakan stylus lebih baik. Word, PowerPoint, Publisher, dan aplikasi Microsoft 365 hebat lainnya sudah diinstal sebelumnya tetapi memerlukan langganan.

Kemudian, selama memiliki salah satu konsol Microsoft seperti Xbox Series X, ada aplikasi Xbox yang patut dikunjungi. Apa yang seharusnya memiliki daya tarik yang luas adalah browser Edge baru, peningkatan besar untuk Internet Explorer, dan alternatif yang sangat bagus. dengan krom. Surface Laptop 4 hadir dengan garansi satu tahun.

Kesimpulan

Model khusus kami adalah tentang AMD seperti halnya tentang Microsoft. Ketika Surface Laptop 3 diluncurkan dengan chip AMD Ryzen 3000, kami agak malu. Pada saat itu, AMD memberikan sedikit ancaman bagi Intel, dan chip seluler mereka berkinerja sangat buruk.

Seperti yang kemudian kami ketahui, ketika AMD meluncurkan CPU Ryzen 4000 mereka di CES 2020, Microsoft setahun lebih maju. Ini adalah chip seri Ryzen 4000 yang memungkinkan Surface Laptop 4 mencapai potensi penuhnya.

Surface Laptop 4 mengatasi kelemahan utama yang ditemukan di Surface Laptop 3 dengan memberikan kinerja yang lebih cepat dan masa pakai baterai yang lebih lama. Dengan CPU yang tepat, Surface Laptop 4 tiba-tiba menjadi laptop dengan sedikit keanehan.

Desain ramping dan kokoh lebih bergaya dari sebelumnya, panel 15 inci cerah dan hidup, serta keyboard dan trackpad terbaik di kelasnya. Kecuali jika Microsoft dengan keras kepala mengabaikan masalah kecil yang mengganggu seri Surface Laptop.

Hanya ada satu port USB Type-C (tidak ada dukungan Thunderbolt), input Surface Connect eksklusif bersifat eksklusif, dan bezel layar sudah lama tertunda untuk buzzcuts. Sobat akan berpikir ini adalah masalah yang mudah diperbaiki.

Tapi kami mengakhiri ulasan yang sebagian besar positif ini dengan perasaan bahwa itu hanya sedikit goyangan dan putaran yang dibuat Microsoft untuk menjadikan Surface Laptop 4 laptop yang luar biasa.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA