Panduan Lengkap Cara Membuat Website Blog untuk Pemula

Artikel kali ini membahas tentang cara membuat website blog dengan pembahasan sederhana agar memudahkan pemula. Blog merupakan sejenis media yang digunakan untuk membagikan informasi, baik untuk pribadi maupun untuk bisnis.

Selain sebagai media berbagi informasi, blog juga bisa menjadi ladang bagi pebisnis untuk meningkatkan traffic dari website mereka. Sehingga bisa dikatakan, blog bukan lagi hanya sebagai media namun juga sebagai lapak promosi.

List Panduan Lengkap Cara Membuat Website Blog untuk Pemula

Berikut urutan dan panduan lengkap cara membuat website blog untuk pemula yang bisa diterapkan, simak penjelasannya di bawah ini.

1.      Menentukan Platform Blog yang Akan Digunakan

Cara membuat website blog awal yang harus Anda ambil sebelum membangun blog adalah menentukan platform apa yang nantinya Anda gunakan. Hingga saat ini ada 6 platform yang bisa Anda pertimbangkan untuk membangun sebuah blog.

  • org, platform bog yang paling sering digunakan. Mereka menyediakan beragam kebutuhan dasar blog tanpa perlu dipungut biaya apapun. Jika untuk kepentingan yang lebih profesional Anda perlu membeli hosting dan domain.
  • com, hampir sama seperti sebelumnya. WordPress.org juga memberikan pelayanan gratis namun Anda hanya bisa menggunakan nama domain bawaan yang sudah dipasang secara default berupa “contoh.wordpress.com”.
  • Blogger, juga menjadi platform blog populer yang dimiliki oleh Google, sehingga mudah untuk diintegrasikan dengan produk google lainnya. Sayangnya Blogger tidak se-kompleks dua platform di atas.
  • Webbly, yang memiliki sistem drag and drop sederhana yang memudahkan pengguna. Namun tidak selengkap platform sebelumnya.
  • Medium, platform menarik hampir serupa dengan blog namun tidak, karena pengguna hanya menumpang di platform tersebut.
  • Tumblr, platform gratis dengan pengoperasian cukup sederhana dibanding dengan Blogger dan WordPress.

2.      Menentukan Niche/ Topik Pembahasan dalam Blog.

Jika sudah menentukan mana platform yang akan digunakan, cara membuat website blog selanjutnya Anda perlu memperhitungkan Niche apa yang akan kalian usung di blog kalian nantinya.

Niche ini berisi tentang topik pembahasan. Seperti topik bisnis, kesehatan, teknologi, hiburan dan seterusnya. Pilih yang paling dikuasai dan pastikan memiliki peluang keuntungan.

Sebagai catatan saja, untuk blog awal sebaiknya fokus dalam satu niche dahulu, agar memudahkan proses pendaftaran AdSense nantinya.

3.      Menentukan Jenis Hosting dan Layanannya

Langkah berikutnya dengan menentukan jenis hosting dan layanan apa yang akan digunakan, Setiap layanan hosting menyediakan beberapa paket yang berisi tentang fitur-fitur keunggulan serta penawan pelayanan yang mereka tawarkan.

Lakukan riset mendalam untuk memilih pelayanan hosting ini, karena jika di awal sudah salah memilih hosting makan seterusnya website Anda akan sulit berkembang.

Pilih paket yang sesuai kebutuhan, jangan berlebihan dan jangan kekurangan. Jika paket yang dibeli pas-pasan sedangkan target traffic jutaan jangan salahkan jika website Anda down nantinya dan sebaliknya.

4.      Menentukan Nama Domain

Setelah mengikuti cara membuat website blog di atas, berikutnya Adan perlu menentukan nama domain yang akan digunakan. Nama domain inilah yang akan menjadi nama website Anda.

Gunakan nama yang sederhana, bermakna, mudah pelafalan nya agar mudah diingat oleh calon pembaca. Pastikan juga nama yang akan Anda gunakan tidak pernah dipakai orang sebelumnya.

Karena jika ada nama yang sama nama yang Anda ajukan akan otomatis ditolak. Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya siapkan 3 – 4 calon nama domain.

5.      Mulai Menginstal Platform Blog (WordPress)

Cara membuat website blog adalah menginstal platform, kali ini platform yang akan digunakan adalah WordPress. Pastikan Anda sudah membeli hosting dan domain sebelum melanjutkan pada tahap ini.

Ikuti langkah-langka berikut ini untuk melakukan instalasi WordPress:

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah masuk pada situs Cpanel yang sudah disediakan Hosting.
  • Kemudian cari menu Softaculous Apps Installer dan temukan logo WordPress disana.
  • Jika sudah klik WordPress dan klik Install Now untuk memulai instalasi.
  • Jika sudah, lanjutkan dengan mengatur instalasi dari WordPress dengan mengisi data berikut ini:
  • Buka bagian Software Setup, Pilih nama Domain dan biarkan kolom In Directory
  • Masukkan data situs pada kolom Site Name dan deskripsi blog pada Site Description.
  • Tentukan nama Username dan kata sandi yang nantinya akan digunakan untuk login pada situs.
  • Berikutnya pilih tema dan klik
  • Instalasi WordPress berhasil dilakukan
✔️  Panduan Cara Belajar Trading Saham, Dijamin Langsung Cuan

6.      Mengatur Konfigurasi Dasar WordPress

Langkah berikutnya adalah mengatur konfigurasi WordPress berupa pengaturan lebih lanjut untuk membuat blog agar terlihat profesional, berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan:

  • Login pada halaman dashboard WordPress. Bisa melalui akses Hosting atau pada link ini http://namadomainanda.com/wp-admin.
  • Kemudian Hapus postingan “Hallo World” bawaan dari WordPress dan halaman sample lainnya.
  • Buat kategori potongan dengan klik Post – Categories – Edit (Uncategorized) atau Anda juga bisa membiarkannya dan hanya perlu menambahkan kategori baru saja.
  • Berikutnya Atur juga pola tanggal dan waktu yang berlangsung dengan Klik settings – General – Time Zone (Ubah sesuai zona waktu) – Date Format – Time Format – dan simpan perubahan.
  • Langkah berikutnya Anda perlu mengatur post yang akan ditampilkan, mulai dari Jumlah postingan yang ditampilkan, summary dan sejenisnya. Untuk mengatur semua itu kalian masuk pada menu Setting – Reading – Blog Pages show at most (jika perlu perubahan).
  • Lanjutkan dengan pengaturan komentar, hampir sama dengan opsi sebelumnya buka menu setting – Discussion – pilih Comment must be manually approve – Save Changes untuk menyimpan perubahan.
  • Ubah susunan permalink, pilih link yang paling singkat namun masih termasuk SEO, biasanya opsi yang akan dipilih adalah Post Name.
  • Konfigurasi lainnya Anda bisa merubah Gravatar dan melengkapi profil WordPress.

7.      Buat Postingan Baru

Setelah semua sudah di atur, cara membuat website blog berikutnya adalah mengunggah postingan, pastikan postingan kalian menarik dan sudah berstandar SEO agar muncul di pencarian teratas.

Jangan pernah merasa puas mempelajari SEO Google untuk menunjang kualitas postingan Anda.

8.      Gunakan Google Analytics bersama Google Search Console

Hal yang paling krusial agar postingan Anda di index oleh Google, fungsi keduanya adalah untuk memonitor keadaan website. Google Analytics dan Search Console adalah combo yang akan membantu Anda mengelola Traffic website dan beberapa hal terkait lainnya.

Untuk bisa menguasai kedua alat ini Anda perlu terus belajar karena tidak akan cukup jika disampaikan dalam artikel ini, yang hanya akan menyampaikan cara membuat website blog dan beberapa sekilas informasi yang masing berkaitan.

9.      Optimasi Website

Cara membuat website blog berikutnya yang berfungsi untuk menunjang kinerja website agar terlihat lebih profesional dan memiliki kinerja optimal, Anda perlu melakukan optimasi pada beberapa bagian, diantaranya keamanan, agar website Anda tidak mudah dibobol.

Kemudian, kecepatan, SEO yang terus mengalami perkembangan serta desain blog yang sederhana dan user friendly agar pengunjung website Anda nyaman ketika mengakses blog yang Anda bangun.

10.  Konsisten

Kunci utama dari berhasil atau tidaknya website blog yang Anda bangun adalah konsisten. Mulai dari konsisten untuk memulai, konsisten untuk belajar dan konsisten untuk menjalankan.

Karena untuk bisa sukses di dunia blog, Anda perlu kesabaran dan menikmati proses yang sedang terjadi. Sebab semua tidak ada yang instan.

Dari 10 cara membuat website blog di atas, keberanian Anda untuk mencoba dan konsisten menjadi poin kunci yang akan sukses atau tidaknya website blog yang Anda bangun.

 

DAFTAR ISI :

Leave a Comment