Polotno Studio: Alternatif Canva 100% Gratis Tanpa Bayar

Kamu sedang mencari alternatif Canva? Kenapa tidak mencoba menggunakan polotno studio untuk membuat karya desain kamu? Bagi seorang desainer mungkin sudah tahu banyak tentang aplikasi canva. Canva banyak digunakan para desainer untuk membuat sebuah desain.

Mau itu di perangkat android, pc atau laptop. Walapun canva sangat populer di kalangan desainer, namun untuk mendapatkan seluruh fitur di canva pengguna harus melakukan upgrade canva biasa menjadi canva premium atau canva pro.

Tentunya untuk bisa mendapatkan seluruh fitur di aplikasi canva pengguna harus berlangganan menjadi canva pro dan bisa dikatakan kamu harus membayar untuk seluruh alat desainer yang ada di canva.

Ya.. bisa dikatan tidak semua desainer grafis sudah bisa menghasilkan dari hasil karya desain yang sudah mereka buat, nyatanya masih banyak desainer pemula yang belum bisa menghasilkan uang dari karya desain yang sudah mereka hasilkan sehingga untuk membeli canva pro rasanya sangat mustahil.

Tapi kamu tidak perlu khawatir lagi, karena sekarang kami punya alternatif pengganti canva, dengan menggunakan polotno studio kamu dapat menggunakan seluruh fitur atau tools desain secara gratis tanpa harus membayar.

Apa Itu Polotno Studio?

Polotno Studio

Polotno studio adalah platform desain grafis online open source yang menyediakan ribuan alat bagi seorang desainer, bisa dikatakan polotno studio ini situs desain online gratis yang hampir mirip seperti canva.

Baca Juga: 10 Game Desain Rumah Terbaik & Gratis Untuk Android

Untuk beberapa alat yang ada di polotno studio lumayan banyak ya, hampir lengkap seperti canva bedanya di canva harus bayar, sedangkan di polotno studio semua alat desain grafis disediakan secara gratis dan bebas digunakan tanpa harus bayar.

Canva VS Polotno Studio Mana Yang Lebih Baik Digunakan Untuk Membuat Karya Desain Grafis?

Mungkin kamu akan sedikit bertanya.. dan sedikit berpikir canva vs polotno studio manakah yang lebih baik digunakan sewaktu ingin membuat karya desain grafis? Diantar kedua platform ini menurut saya masih ada kekurangan dan kelebihan, bagi seorang desainer professional dan desainer yang sudah ada penghasilan mungkin canva menjadi aplikasi desain grafis favorit mereka karena mereka sudah ada penghasilan.

Namun bagi orang yang tidak mempunyai uang sama sekali, mungkin polotno studio menjadi rekomendasi dari kami untuk kamu yang seorang desainer pemula yang sedang ingin membuat karya desain namun tidak memiliki cukup biaya untuk membeli tools atau alat desain berbayar maka polotno studio dapat kamu gunakan untuk membuat karya desain.

Untuk kelebiha dan kekurangan polotno studio mungkin canva lebih unggul karena canva sudah lumayan populer di kalangan para desainer, dan canva sendiri juga sudah tersedia dalam bentuk aplikasi sehingga pengguna android dangan menggunakan canva di hp android sedangkan polotno studio belum mempunyai aplikasi khusus, ya jadi kamu hanya bisa menggunakan polotno studio lewat browser saja.

Namun mungkin seiring perkembangan, polotno akan membuat versi aplikasi desain mereka, sehingga mempermudahkan kamu untuk mendesain di android atau laptop.

Kelebihan Polotno Studio

  • Polotno Studio Dapat Digunakan Secara Gratis

Berbeda dengan canva keunggulan dari kedua platform ini sangat jauh berbeda, terutama dari segi harga, di canva kamu harus bayar untuk menikmati fitur atau tools desainer mereka, sedangkan di polotno studio seluruh alat desain yang mereka sediakan gratis tanpa harus bayar.

  • Memiliki Berbagai Macam Tools Atau Alat Desain Grafis Yang Cukup Lengkap

Bagi seorang desainer grafis pecinta gratisan, mungkin kelebihan polotno studio terletak pada alat atau tools desain grafis mereka, di polotno studio kamu dapat menggunakan seluruh alat desain grafis secara gratis mulai dari stiker atau icons, quote, elements, fonts, foto atau gambar premium gratis, dan template semua fitur dapat kamu gunakan secara gratis tanpa harus memikirkan biaya sedikit pun.

  • Tanpa Iklan
✔️  Aplikasi Spionase Terbaik Untuk Ponsel Android Di Tahun 2022

Berbeda dari situs lainnya, polotno studio tidak menampilkan iklan sewaktu kita menggunakan alat desain yang sudah mereka sediakan, sehingga tidak menggangu pengguna.

  • Tanpa Perlu Bayar

Sudah jelas polotno studio gratis dan kamu tidak perlu membayar untuk menggunakan seluruh alat desain.

Baca Juga: 6 Ide Bisnis Online Untuk Mahasiswa Tanpa Modal

Kekurangan Polotno Studio

  • Polotno Studio Belum Tersedia Dalam Bentuk Aplikasi, Atau Sofware

Berbeda dengan canva, yang dimana canva sudah tersedia dalam bentuk aplikasi android dan software yang dapat digunakan dan dijalankan di perangkat komputer atau laptop dan android. Polotno Studio belum tersedia untuk perangkat tersebut, kamu hanya bisa menggunakan polotno studio hanya di situs resmi mereka, ya hampir mirip seperti pizap.

Cara Menggunakan Polotno Studio Di Laptop, PC & Android

Bagi kamu yang ingin tahu cara menggunakan polotno studio, kamu dapat menggunakan polotno studio di berbagai macam perangkat laptop, pc dan hp android karena polotno studio hanya tersedia dalam bentuk web atau situs berikut cara menggunakan polotno studio untuk membuat karya desain.

1. Buka Broswer Google Chrome kamu, bebas pakai browser apapun.

Polotno Studio

2. Buka Alamat Url Polotno Studio

Upload Foto Atau Gambar Polotno Studio

3. Setelah itu untuk memulai membuat sebuah karya desain, kamu kelik open untuk mengupload foto yang ingin kamu edit.

Pilih File

4. Kemudian kamu tinggal pilih file yang ingin kamu desain. Setelah itu klik open.

Atau juga kamu bisa mengupload gambar melalui form menu upload di fitur polotno studio.

Fitur Upload Polotno Studio

5. Cari menu fitur upload kemudian klik upload image.

Baca Juga: Apa Itu odoo? Mengenal Aplikasi Odoo ERP
Cari Nama File Kemudian Upload Gambar

6. Selanjutnya kamu cari nama file gambar kemudian kelik nama file lalu open.

Bagaimana Cara Menyimpan Desain Di Polotno Studio?

Setelah kita sudah membuat karya desain pastinya kita ingin menyimpan desain yang sudah kita buat kan? nah untuk cara menyimpan desain di polotno studio itu sangatlah mudah.

Download Polotno Studio

1. Kalau desain kita sudah selesai untuk menyimpan foto atau gambar di polotno studio kamu kelik form download.

Tentukan File Type JPG, PNG Atau PDF

2. Di Menu Download kamu tentukan file type desain kamu, bebas mau format jpg, png atau pdf kalau sudah tentukan size atau ukuran desain terakhir kelik download PNG, atau download jpg untuk menyimpan foto di polotno studio.

Polotno Studio Dapat Digunakan Untuk Apa Saja?

Saat ini sudah banyak orang atau pengguna internet yang menggunakan polotno studio mulai dari pebisnis kecil, pebisnis besar dll untuk membuat karya desain. Nah untuk daftar lengkapnya kamu bisa lihat dibawah ini.

  • Aplikasi desain

Apakah kamu ingin membuat editor untuk gambar media sosial, presentasi, kartu nama? kamu dapat menggunakan polotno studio untuk membuat gambar media sosial, presentasi, dan kartu nama dengan mudah.

  • Perusahaan percetakan

Bagi kamu yang memiliki bisnis percetakaan polotno studio sangat cocok kamu gunakan karena dapat dengan mudah desain untuk dicetak.

  • Perdagangan Elektronik

Kalau kamu seseorang yang memiliki toko online dan kamu memiliki client yang ingin menyesuaikan pembelian dan suka membuat desain kaos atau baju sendiri kamu dapat menggunakan polotno studio.

Kesimpulan

Nah mungkin artikel yang sudah saya berikan sudah lumayan lengkap, jadi mungkin kamu tidak ingin bertanya lagi tentang polotno studio, menurut kamu mana yang lebih bagus polotno studio atau canva? Yuk berdiskusi bersama kami di kolom komentar.

Leave a Comment