Review Asus ExpertBook B9450, Daya Tahan Baterai Paling Lama

kompirasi.com – Laptop Asus ExpertBook B9450 mempunyai ketahanan batere paling lama dari laptop mana saja yang sempat kami bahas selama ini. Memiliki sasis enteng, laptop Asus bisnis ini ialah alternative memikat buat sobat yang tidak ingin memilih ThinkPad X1 Carbon.

Hadirnya Asus ExpertBook B9450 membikin kami menimbang ulang referensi laptop bisnis terbaik saat ini. Dahulunya kami lebih memilih Lenovo ThinkPad X1 Carbon, tapi karena Expertbook B9450 sudah dikeluarkan oleh Asus, laptop 14 inch ini enteng dengan ketahanan hebat menjadi pilihan yang sangat pas.

Asus ExpertBook B9450 tawarkan daya tahan batere luar biasa yang sempat diuji oleh kami . Ditambah lagi, laptop ultraportabel ini mempunyai sasis simple tetapi begitu awet. Layar 1080p yang hebat, dan beberapa fitur keamanannya terhitung sensor sidik jari dan camera IR.

Tambahan penting yang lain terhitung keyboard yang menyala terpadu ke sektor sentuh dan bilah lampu di pinggir depan netbook. ExpertBook B9450 menjadi laptop bisnis yang prima, bila bukan lantaran performa dan kekhasan touchpad dan keyboard yang tidak stabil.

Akan tetapi, B9450 ialah laptop Asus terbaik yang dilaunching dalam beberapa bulan akhir dan sebagai alternative yang baik untuk laptop bisnis kelas atas seperti ThinkPad X1 Carbon dan HP Elite Dragonfly.

Spesifikasi Asus ExpertBook 9450

  • CPU: Intel Core i7-10510U
  • GPU: Intel UHD
  • RAM: 16GB
  • Penyimpanan: 1TB
  • Layar: 14 inci, 1920 x 1080 piksel
  • Baterai: 16:42
  • Dimensi: 12.6x8x0.6 inci
  • Berat: 2.2 pon

Kelebihan

  • + Merekam masa pakai baterai
  • + Sangat ringan namun tahan lama
  • + Desain biru tengah malam yang menarik
  • + Layar 1080p yang layak
  • + Kamera IR dan sensor sidik jari

Kekurangan

  • – Pencampuran kinerja
  • – Kekurangan touchpad dan keyboard

Konfirugasi dan Harga Asus ExpertBook B9450

Di saat penulisan pembahasan ini, ExpertBook B9450 bukan untuk dipasarkan. Unit khusus kami tercatat sebagai “Selekasnya Datang”. Pada harga model ini datang dengan CPU Intel Core i7-10510U, RAM 16GB, dan SSD 1TB.

Asus menjelaskan akan menjual ExpertBook B9450 dengan CPU Core i5, RAM 8 GB dan penyimpanan 512 GB, 1 TB atau 2 TB. Kami belum menyaksikan daftar dengan detail ini, tapi kami akan mengupdate pembahasan ini sesudah kami mengetahui harga pastinya.

Desain Asus ExpertBook B9450

Asus tentu sudah memberi mantra ajaib pada laptop ini, karena entengnya yang hebat tidak sesuai dimensi fisik perangkat yang memiliki ukuran 14 inch. Fantasi ini karena mungkin material magnesium alloy yang di-claim Asus lebih enteng dan kuat dari aluminium.

Bicara mengenai fenomena, beberapa warna unik dari Asus selalu menganakemaskan mata kita. ExpertBook terlihat seperti dilapis dengan batu catat abu-abu di kantor yang remang-remang sampai rekan sobat bisa curigai sedikit muslihat, menghidupkan senter di tutupnya.

Bila cukup menonjol untuk pelaku usaha yang lebih pendiam, penampilannya hebat. Tutup semi-kasar tampilkan simbol Asus chrome reflektif cermin. Membuka tutupnya dan sobat akan mendapati permukaan biru larut malam yang lebih berkapur.

Bezel plastik tipis ada di samping monitor 14 inch, tapi ada beberapa ruangan untuk webcam inframerah dengan penutup geser di atas panel. Saat sobat menulis, sobat akan menyaksikan jika ExpertBook B9450 sedikit terangkut dari belakang.

Ini karena engsel ErgoLift, yang memiringkan dek ke bawah untuk memberi pengalaman menulis yang semakin nyaman. Pada 12,6 x 8 x 0,6 inch dan 2,2 pon, ExpertBook B9450 lebih enteng serta lebih tipis dibanding Vaio SX14 (12,6 x 8,8 x 0,7 inch, 2,3 pon). Asus lebih enteng dari Elite Dragonfly (11,9 x 7,8 x 0,6 inch, 2,5 pon) walau sasisnya lebih lebar.

Keamanan dan Daya Tahan Asus ExpertBook B9450

Enteng tidak berarti kurang kuat. ExpertBook B9450 dipandang untuk ketahanan kelas militer untuk meredam keadaan ekstrim. Laptop Asus terbaru ini sudah lulus beberapa test MIL-STD 810G, terhitung penekanan panel, guncangan dan jatuh, dan temperatur dan kelembapan yang berlebihan.

✔️  Review Acer Nitro 5 2022, Laptop Gaming Murah Performa Hebat

Dalam, ExpertBook B9450 datang dengan chip Intel vPro opsional untuk manajemen jarak jauh dan keamanan yang semakin kuat, bersama dengan chip TPM 2.0 yang pastikan enkripsi data. Fitur keamanan hardware terhitung sensor sidik jari dan camera IR untuk login yang aman dan cepat lewat Windows Hello.

Port Asus ExpertBook B9450

Asus menghargakan tempatkan port HDMI pada laptop tipis semacam ini. Di sebelah kiri ExpertBook B9450FA ialah dua port Thunderbolt 3 dan mikro HDMI untuk akses internet kabel lewat RJ-45 Ethernet (dipasarkan terpisah).Di sebelah kanan laptop ada port USB 3.1 Type-A, kunci Kensington, dan jack earphone/mikrofon.

Tampilan Asus ExpertBook B9450

Layar non-sentuh 1080p 14 inch pada ExpertBook B9450 cukup ceria dan berwarna-warna, tapi keunggulan paling besarnya ialah susunan anti-silau. Karena hasil akhir matte, sinar yang masuk lewat jendela di sekelilingnya tidak alami permasalahan saat melihat video atau membuat artikel di cafe yang ceria.

Kami mengharap monitornya sedikit terang. Tetap, kami menikmati warna emas dan merah jemu yang berkilau di pakaian besi superhero di trailer Wonder Woman 1984. Tampilannya juga detil, karena sobat dapat menyaksikan cap kepala kecil pada bagian bawah peluru mengambang.

Menurut colorimeter kami, layar pada ExpertBook B9450 mempunyai 117% dari gamut warna sRGB, yang pas dengan panel pada Elite Dragonfly serta lebih warna dibanding panel pada SX14 (113%). Tidak satu juga dari laptop ini mempunyai tampilan sejelas rata-rata laptop premium (124%).

Sama seperti yang kami ucapkan, monitor ExpertBook B9450 tidak begitu terang. Pada 302 nits, tampilan melampaui monitor SX14 (428 nits), Elite Dragonfly (373 nits) dan netbook premium reguler (354 nits).

Keyboard dan Touchpad Asus ExpertBook B9450

Saat sebelum memperoleh pengalaman menulis yang baik di ExpertBook, kami ingin menyempatkan diri untuk mengeluhkan mengenai tombol power ini. Bukan hanya berada di samping tombol Delete, ukuran dan memiliki bentuk sama.

Seperti umumnya manusia normal, kita secara perasaan memencet tombol atas kanan untuk hapus watak atau spasi. Lakukan ini pada ExpertBook B9450 pada akhirannya akan ambil langkah berlebihan untuk mematikan laptop seutuhnya.

Nampaknya menjadi satu di antara langkah untuk membenahi kekeliruan tulis. Tetapi serius, Asus perlu menangani permasalahan ini. Asus mencabut tombol power dari keyboard saat sebelum melemparkan ExpertBook seperti frisbee saat tidak menyengaja mematikannya saat sebelum simpan artikel yang ada.

Tidak mengagetkan, tetapi bagus. Mereka memberi jumlah perjalanan yang baik sekali, dan tiap pukulan di kunci usai dengan pendaratan yang rata. Sobat tidak memperoleh kecepatan yang sobat peroleh pada keyboard ThinkPad, tapi tombol pada ExpertBook masih mempunyai rasa click yang pantas.

Saat berlutut, kami berasa jika kemampuan aktuasinya cukup terlampau tinggi, membuat pengetikan cukup lamban. Tidak berkaitan, tapi kami menyukai mempunyai tiga penataan lampu latar. Yang paling jelas dari penataan ini gampang disaksikan di bawah cahaya matahari langsung.

Kami punya permasalahan dengan touchpad. Kursor mengikuti sapuan dan pergerakan, tapi ketok untuk mengklik tidak selamanya memberi respon. Kami mengetok dua atau 3x untuk mengeklik touchpad. Itu terjadi kadang-kadang, tapi permasalahan touchpad bukan suatu hal yang semestinya terjadi di tahun 2022

Apa yang perlu sobar jumpai ialah touchpad dengan papan angka berpijar LED bawaan. Sayang dalam masalah ini kami kesusahan menghidupkan ExpertBook B9450. Kami harus mengetok icon di pojok atas kanan touchpad seringkali saat sebelum papan angka bersinar ada.

✔️  Review Dell Latitude 7320 Detachable, Pesaing Ketat Surface Pro

Hal sama berlaku untuk mengganti kecemerlangan dengan mengetok icon di pojok yang bersimpangan. Karena papan angka bawaan berperan secara baik, kami mengharap Asus bisa tingkatkan sensitivitas beberapa tombol ini di mode kedepan.

Audio Asus Expertbook B9450

Speaker double pada bagian bawah ExpertBook B9450 kedengar lumayan bagus, segala hal diperhitungkan. Speakernya lumayan keras untuk penuhi ruang kecil dan sobat tidak akan mendengar distorsi apa saja saat meningkatkan volume sampai 100%.

“Your Love (Déjà Vu)” oleh Glass Animals mempunyai sedikit dentuman di bass, dan instrument electronic dari lagu pop yang dinamis ini dipisah secara benar. Ya, suara David Bayley tipis dan treble, tetapi kami pernah dengar lebih jelek di laptop portabel yang lain. Karena bila sobat inginkan kualitas audio terbaik, pakai earphone peredam berisik.

Performa Asus ExpertBook B9450

Diperlengkapi dengan CPU Intel Core i7-10510U dan RAM 16GB, ExpertBook B9450 tangani test performa dunia riil tanpa berkeringat. Saat situs streaming TNT menyiarkan laga Liga Champions di antara FC Bayern dan Chelsea, tidak ada pertanda lag saat 15 tab Google Krom tambahan termuat di background.

ExpertBook lakukan hal sama saat saya memutar 4 video YouTube 1080p di tab itu. Tetapi, ada ketidaksamaan penting di antara CPU ExpertBook B9450 dan CPU netbook premium yang lain.

Processor Core i7-10510U dalam Asus ialah Core i7 empat pokok dibanding dengan Core i7-10710U enam pokok yang diketemukan di piranti seperti Dell XPS 13. Karenanya, perform ExpertBook B9450 tidak dalam kelasnya. Walau trade-off kemungkinan sebanding dengan kenaikan ketahanan.

Dalam test performa keseluruhannya Geekbench 4.3, ExpertBook B9450 cetak 13.653, lebih rendah dari score SX14 (14.887, Core i7-8565U) dan Elite Dragonfly (14.114, Core i7-8665U) pada processor angkatan paling akhir. Rerata kelompok ialah 15.863, rangking pertama di ke-3 netbook.

Sayang, processor 4-core berusaha di benchmark dunia riil, dan perlu 28 menit dan 24 detik untuk mengkonversi video 4K ke resolusi 1080p memakai test Handbrake. Kecepatan orang berjalan kaki melebihi SX14 (16:46), Elite Dragonfly (22:23) dan rerata netbook premium (19:52).

Di lain sisi, Asus memasangkan SSD berkecepatan tinggi di ExpertBook B9450. SSD 1TB M.2 PCIe NVMe dalam unit kami mengkloning 4,97GB dalam 6 detik dengan kecepatan 771,1MB/dtk. SX14 (727 MBps), Elite Dragonfly (424,1 MBps), dan rerata kelompok (601,9 MBps) semua lebih lamban dalam pengetesan ini.

Grafis Asus ExpertBook B9450

Perform grafis bukan kemampuan ExpertBook B9450, jadi sobat kemungkinan membutuhkan eGPU untuk mainkan games favorite Anda.

Grafis Intel UHD ExpertBook yang terpadu jalankan games balap Dirt 3 pada 23 frame per detik, yang jauh di bawah tingkat batasan pemutaran 30fps. SX14 (33 fps), Elite Dragonfly (31 fps) dan rerata netbook premium (60 fps) semua melalui tingkat krisis ini.

Daya Tahan Batere Asus ExpertBook B9450

Saat seorang menguji laboratorium menjelaskan jika ExpertBook B9450 bertahan sepanjang 16 jam 42 menit pada pengetesan batere, kami menatapnya sepanjang minimal tiga menit menanti sisi lucunya. Itu tak pernah tiba. Kami tetap tidak percaya dan bersikukuh jika harus jalankan test kembali. Asus menghina saat dia bertahan lebih dari 16 jam.

Selama ini, ini ialah laptop terlama yang bertahan di dalam pengetesan batere kami, dan itu bahkan juga tidak dekati . Maka tentu ada yang keliru dengan pengetesan. Kami membawa ExpertBook ke cafe yang tidak mempunyai pengisi daya untuk menyaksikannya.

Laptop ini bisa menyelamatkan tugas. Kami membuat artikel, mengupdate spreadsheet, menghidupkan musik, dan berperan serta dalam panggilan video dengan tampilan kecerahan di antara 80% dan 100%. ExpertBook mempunyai tersisa daya 14% sesudah 9 jam usaha keras.

✔️  Review Asus ROG Flow X16, Laptop Gaming Unik dan Portabel

Webcam Asus ExpertBook B9450

Asus belum membuat webcam yang baik lebih dari satu dasawarsa, jadi tidaklah heran bila camera 720p B9450 mempunyai kualitas gambar di bawah standard.  Seperti umumnya, webcam external memberi kualitas gambar dan video terbaik untuk panggilan pertemuan atau mengobrol dengan bagian keluarga jauh.

Heat Asus Expertbook B9450

Laptop tipis condong jadi panas, dan B9450 ialah contoh khusus. Sesudah memutar video 1080p sepanjang 15 menit, sisi bawah sasis magnesium alloy dipanaskan sampai 109 derajat. Untungnya, tempat yang betul-betul disentuh kulit (sisi tengah keyboard dan touchpad) masih tetap di bawah 95 derajat, masing-masing capai 90 dan 78 derajat.

Software dan Garansi Asus ExpertBook B9450

Asus tidak memberatkan ExpertBook dengan program yang telah diinstall awalnya. Tetapi apa yang dipunyainya benar-benar bermanfaat. Program MyAsus Asus adalah program simpatisan terbaik. Ini mempunyai antar-muka kekinian dan penuh dengan fitur dan info yang bermanfaat.

Info garansi dan link ke dokumentasi simpatisan (terhitung dokumentasi untuk mendapati kekuatan kekeliruan monitor biru) berada di halaman muka. Sobat bisa lakukan semua tipe pekerjaan seperti jalankan test diagnostik, sesuaikan mode kipas dengan manual, mengganti model penampilan (Vivid, Eye Care).

Ada pula aliran langsung untuk support dukungan Asus dan banyak tutorial mengenai langkah pecahkan permasalahan umum. Yang paling penting, MyAsus selalu mengupdate B9450 dengan penyempurnaan software dan keamanan terkini.

Dibikin khusus untuk laptop seperti ExpertBook, program Business Manajer Asus tawarkan fitur tambahan keamanan seperti enkripsi hard drive. Ada pula program untuk menyambungkan ke Dock SimPro Asus.

Menimbang bagaimana Alexa terpadu dengan hardware, tidak jadi masalah apa itu telah diinstall awalnya di ExpertBook, tapi saat ini waktunya untuk singkirkan Keamanan Individu McAfee dan games casual yang tiba dengan Windows 10 Pro (Candy Crush Friends, Farm Heroes Cerita).

ExpertBook B9450 datang dengan garansi setahun yang bisa diperpanjang sampai 3 tahun. Saksikan bagaimana Asus melakukan dalam laporan Tech Dukungan Showdown dan Best and Worst Brands.

Kesimpulan

Asus lumayan dekat untuk membikin laptop yang prima, tapi ada beberapa hal kecil yang membuat ExpertBook B9450 tidak jadi perangkat seperti itu. Silahkan kita awali dengan peranan laptop yang betul. ExpertBook B9450 mempunyai sasis Midnight Pearl Polished paling bagus yang enteng dan bertahan lama.

Monitor 14-inci, 1080p relatif ceria dan tajam, dan susunan anti-silaunya membuat baik untuk pemakaian di luar ruang. Tapi sorotan yang terang dari ExpertBook B9450 ialah ketahanan baterenya yang paling lama, bertahan lebih dari 16 jam. Ini pantas untuk diulangi. Semakin lama dari laptop yang lain.

Asus dapat memperoleh kemenangan besar tahun ini, tapi permasalahan kecil menahan ExpertBook B9450 dikukuhkan ke Hall of Fame bintang 5. Antara kekeliruan ini ialah touchpad yang sulit dan tatanan letak keyboard yang menyebalkan.

Juga penting untuk memperlihatkan jika performa CPU Core i7 B9450 kurang dalam beberapa tugas tertentu. Lepas dari kekurangan ini, ExpertBook B9450 ialah laptop fenomenal yang bisa dipandang serius oleh X1 Carbon untuk menghasilkan uang.

Leave a Comment