Review Samsung Galaxy Book 2 Pro 360, Laptop 15 Inch Teringan

kompirasi.com – Samsung Galaxy Book 2 Pro 360 mengambil yang terbaik lebih jauh. Laptop Samsung  terbaru ini mempertahankan faktor bentuk 15 inci yang luar biasa tipis dan ringan yang diperkenalkan Samsung tahun lalu, tetapi dengan harga yang lebih tinggi dengan tampilan yang lebih cerah, engsel yang lebih kuat, dan kinerja yang unggul.

Galaxy Book Pro 360 tahun lalu adalah kejutan yang disambut baik setelah bertahun-tahun laptop Samsung goyah. Nama yang bertele-tele dari Galaxy Book 2 Pro 360 menggiurkan, tetapi segala sesuatu tentang laptop ini sangat bagus.

Samsung memperbaiki dua keluhan dari tahun lalu dengan tampilan yang lebih cerah dan engsel yang lebih kuat sambil menjaga pengalaman lainnya pada tingkat tinggi yang sama.

Prosesor Intel Core i7-1260P Generasi ke-12 yang baru mengemas kinerja yang cukup ke dalam 2 in 1 setipis kertas, dengan masa pakai baterai hampir 12 jam untuk kemudahan penggunaan sepanjang hari.

Jika portabilitas bukan prioritas, pasti ada laptop 15 inci yang lebih kuat di luar sana, tetapi keserbagunaan, ukuran, dan kinerja laptop ini sulit untuk diikuti jika sobat perlu membawanya kemana-mana.

Sobat akan segera menemukan bahwa Galaxy Book 2 Pro 360 adalah salah satu laptop 2 in 1 terbaik di luar sana, tetapi baca terus untuk melihat apakah itu pilihan yang tepat untuk sobat.

Spesifikasi Samsung Galaxy Book 2 Pro 360

  • CPU: Intel Core i7-1260P
  • GPU: Intel Iris Xe
  • RAM: 16GB
  • Penyimpanan: 1TB SSD
  • Layar: AMOLED 15,6 inci, FHD (1920×1080)
  • Baterai: 11:59
  • Dimensi: 14x9x0,46 inci
  • Berat: 3.1 lbs

Kelebihan

  • + Desain portabel yang luar biasa
  • + Performa yang kuat
  • + Layar Super AMOLED yang jernih dan cerah
  • + Daya tahan baterai yang tahan lama
  • + Pena S termasuk

Kekurangian

  • – Ruang penyimpanan tidak cukup untuk S Pen
  • – Webcam yang mengecewakan

Konfigurasi dan Harga Samsung Galaxy Book 2 Pro 360

Samsung Galaxy Book 2 Pro 360 15-inci mulai dari Rp. 20 jutaan. Model ini mencakup prosesor Intel Core i7-1260p Generasi ke-12, RAM 8GB, SSD 512GB, dan layar Super AMOLED FHD (1920 x 1080) 15,6 inci. Semua konfigurasi Galaxy Book 2 Pro 360 menyertakan stylus S Pen di dalam kotak.

Unit ulasan kami menawarkan hingga 16GB RAM dan 1TB SSD untuk penyimpanan seharga Rp. 23 jutaan. Ini adalah yang tertinggi yang tersedia saat ini karena ini adalah satu-satunya peningkatan yang tersedia.

Jika sobat menginginkan laptop yang lebih kecil, Galaxy Book 2 Pro 360 13,3 inci mulai dari Rp. 18 jutaan. Seiring dengan perpindahan ke layar Super AMOLED 13,3 inci, ia juga turun ke SSD 256GB dari model dasar dengan RAM 8GB.

Untuk harga Rp. 21 jutaan, sobat dapat meningkatkan ke 16GB RAM dan 512GB SSD. Spesifikasi lainnya sama dengan model 15,6 inci. Harganya pasti di ranah 2 in 1 premium, tetapi kami menghargai opsi konfigurasi sederhana dan penyertaan S Pen, yang dapat ditambahkan oleh beberapa produsen.

Desain Samsung Galaxy Book 2 Pro 360

Kami belum siap untuk melihat sendiri betapa rampingnya tampilan Galaxy Book 2 Pro 360. Sekarang setelah mengatakannya, sobat mungkin berpikir tidak akan terkejut dengan itu, tetapi sobat salah. Book 2 Pro 360’s tebal 0,46 inci dan berat 3,1 pon terlihat sangat alami pada premium 13-inci 2 in 1, tetapi bingkai laptop 15,6 inci sedikit merusak otak.

Ketika kejutan awal hilang dan sobat melihat-lihat sisa laptop, seluruh paket masih menarik. Sasis aluminium yang memungkinkan ukuran dan beratnya yang tipis memberi sobat kecocokan dan hasil akhir premium yang diharapkan saat sobat membelanjakan Rp. 19 jutaan atau lebih untuk sebuah laptop.

Kami kecewa karena sidik jari sedikit menjadi mimpi buruk, setidaknya pada model ulasan grafit yang disediakan oleh Samsung. Warna perak atau merah anggur mungkin lebih baik. Kami bertanya-tanya bagaimana engselnya tahan ketika tutupnya dibuka.

Desain 2 in 1 yang sangat tipis sering kali mengarah ke tampilan yang berayun maju mundur seperti bayi baru lahir yang belum bisa mengangkat kepalanya. Tetapi kami terkejut melihat mereka bertahan pada permainan melalui pengetikan yang ketat.

✔️  Review Dell Inspiron 15 5000, Laptop Murah Kinerja Solid

Saat dalam mode clamshell, menusuk layar sentuh dengan jari atau stylus tidak tertahankan. Kami ingin beralih ke konfigurasi tenda atau tablet untuk ini, tetapi menggunakan laptop lama tidak masalah.

Layar akan ditutupi nanti, tetapi dengan bezel tipis di sisi dan atas, dagu yang cukup besar terlihat lebih besar dari yang sebenarnya. Kami ingin melihat lebih banyak produsen mengikuti rencana penghapusan bezel Dell, tetapi itu tidak akan mengganggu kecuali sobat menggunakan Dell XPS 13 baru-baru ini misalnya.

Berbicara tentang pesaing, mari kita lihat bagaimana mereka mengukur. Galaxy Book 2 Pro 360 berukuran 14 x 9 x 0,46 inci dan 3,1 pon. Surface Laptop 4 Microsoft memiliki berat yang hampir sama yaitu 3,4 pon dan bahkan lebih tebal pada 13,4 x 9,6 x 0,58 inci. HP Spectre x360 15 (14,2 x 8,9 x 0,8 inci, 4,2 pon) dan Apple MacBook Pro 16 (14 x 9,8 x 0,8, 4,8 pon) melengkapi grup pembanding.

Setelah bepergian ke Galaxy Book 2 Pro 360, merek Samsung minimal di bagian depan bagus dan bersahaja. Bagian bawah laptop yang agak membulat nyaman untuk dibawa atau digunakan dalam mode tablet. Memiliki notch di bagian depan sehingga Anda tidak akan kesulitan mengangkat penutup laptop.

Trypophobes mungkin tidak ingin melihat bagian bawah Book 2 Pro 360, karena Samsung menyediakan dukungan termal dengan banyak lubang kecil. Dikombinasikan dengan ventilasi tradisional di bagian belakang, desain besar, tipis, dan ringan ini membuatnya tetap sejuk.

Selain bezel bawah, satu-satunya keluhan adalah tidak ada silo untuk S Pen. Kami mengerti bahwa menjaga ukuran laptop ini dengan S Pen built-in akan mendekati keajaiban, tapi siapa tahu, itu Samsung.

Sebagai gantinya, sobat harus mengandalkan bagian magnetik penutup laptop untuk menahan S Pen, yang berfungsi sangat baik saat menggunakan laptop tetapi tidak bergelantungan saat membawanya di dalam tas laptop. Jadi jika tas jatuh, itu akan berguling-guling di lantai tas.

Port Samsung Galaxy Book 2 Pro 360

Galaxy Book 2 Pro 360 memiliki 5 port, yang cukup mengesankan mengingat ukurannya. Di sebelah kiri adalah port Thunderbolt 4 dan port USB-C, dan di sebelah kanan adalah jack headphone/mikrofon kombo, port USB-C lain, dan slot kartu microSD.

Ini bukan koleksi yang sangat beragam, tetapi senang mengetahui bahwa Samsung masih menyertakan jack headphone/mikrofon dan slot kartu microSD.

Ini adalah bonus yang bagus jika membutuhkan ruang penyimpanan ekstra atau jika sobat mengambil foto atau video dengan perangkat yang menggunakan kartu microSD. Jika membutuhkan lebih banyak port, hub USB Type-C dapat melakukan hampir semua hal dengan port Thunderbolt 4-nya.

Tampilan Samsung Galaxy Book 2 Pro 360

Resolusi 1080p layar 15,6 inci mungkin dipertanyakan, tetapi jangan bertaruh pada layar Samsung. Pengguna bermata tajam mungkin lebih suka panel 4K untuk ruang layar tambahan, tetapi itu akan mengurangi masa pakai baterai. Warna cemerlang dan kecerahan solid Book 2 Pro 360 akan memikat sebagian besar pengguna.

Samsung menggunakan teknologi Super AMOLED yang sama yang bekerja dengan sangat baik pada hp seperti Galaxy S22 dan memberi hasil terbaik dengan konten apa pun yang ditampilkan di layar. Samsung AMOLED dikenal dengan warna-warna cerahnya, dan itu pasti ditampilkan di sini.

Melihat trailer Stranger Things musim 4, layar Galaxy Book 2 Pro 360 dengan indah menangani citra yang sering membingungkan. AMOLED membuat semuanya tetap segar dan tajam dalam adegan suram Upside Down, di mana makhluk-makhluk berputar-putar terbang ke atas roller rink berwarna neon.

Colorimeter kami didukung oleh panel Galaxy Book 2 Pro 360, yang mencakup 88% gamut warna DCI-P3. Meskipun dengan mudah mengungguli MBP 16 (77%), Surface Laptop 4 (78%) dan rata-rata laptop premium (85%), HP Spectre x360 15 menangkap momen di bawah sinar matahari dengan layar OLED 4K yang memberikan kinerja luar biasa. . 147%.

Kecerahan adalah satu kekecewaan dengan Galaxy Book Pro 360 tahun lalu, tetapi Samsung memperhatikan keluhan kami dan memperbaikinya menjadi rata-rata 373 nits pada Book 2 Pro 360.

✔️  Review MacBook Air M2, Laptop Portable Desain Baru & Awet

Meskipun tidak cukup baik untuk mengalahkan MBP 16 (501 nits) atau rata-rata kategori (407 nits), ia mengungguli Surface Laptop 4 (334 nits) dan Spectre (345 nits). Yang paling penting adalah menghindari masalah bagi pengguna yang perlu bekerja di lingkungan yang cerah.

Keyboard dan Touchpad

Sayangnya, Samsung tidak menemukan cara untuk membuat kunci Galaxy Book 2 Pro 360 berdimensi saku kecil dan menyediakan jenis perjalanan kunci yang kami sukai di laptop. Ini adalah kompromi yang harus dilakukan untuk faktor bentuk yang tipis dan ringan.

Kabar baiknya adalah masih mudah untuk mengetik, dengan rata-rata 86wpm dari 10fastfiners.com dan akurasi 98%. Sekarang, jika akan mengetik ribuan kata setiap hari, sobat mungkin ingin melihat ke keyboard mekanis atau alternatif lain.

Terbentur lantai saat mengetik karena melakukannya setiap hari bisa membuat jari lelah dan pegal. Namun untuk tugas produktivitas ringan saat bepergian, tombol diputar kembali dengan baik untuk pengalaman mengetik yang menyenangkan dan akurat.

Pengguna yang sadar akan keamanan akan menyukai sensor sidik jari bawaan pada tombol daya di kanan atas keyboard. Ini bekerja dengan cepat dan andal untuk saya. Permukaan besar 5,2 x 3,5 inci Samsung Galaxy Book 2 Pro 360 pada touchpad menyaingi MacBook Pro dan lebih dari cukup untuk melakukan gerakan Windows 11.

Jika tidak memiliki cukup ruang, sobat dapat beralih ke layar sentuh yang bekerja dengan andal dengan ketukan jari Anda (atau S Pen untuk pekerjaan yang lebih presisi). Tragisnya kami tidak bisa membuat lebih dari figur tongkat.

Tulisan tangan kami buruk karena mengadopsi mengetik lebih awal sebagai metode utama untuk menuliskan ide. Namun untuk keduanya yang lebih berpengalaman, S Pen saat ini menawarkan kinerja terbaik di kelasnya dan desain yang nyaman tanpa lag yang nyata.

Audio Samsung Galaxy Buku 2 Pro 360

Galaxy Book 2 Pro 360 memiliki speaker stereo ganda yang disetel AKG yang menyediakan volume yang cukup untuk mengisi ruang mendengarkan seluas 18 x 12 kaki, tetapi tidak mencari terlalu banyak kedalaman. Ada sangat sedikit futures low-end.

Dengarkan “First Class” Jack Harlow dan sampel poppy “Glamorous” Fergie untuk memulai. Kedengarannya bagus dengan lirik yang hampir berbisik, tetapi ketika Harlow masuk, penyampaiannya tidak memiliki pukulan dan memiliki ketukan perkusi yang ringan.

Untuk lebih dari sekadar mendengarkan musik atau video cepat, sepasang headphone nirkabel adalah pilihan terbaik.

Kinerja Samsung Galaxy Book 2 Pro 360

Galaxy Book 2 Pro 360 ditenagai oleh prosesor Intel Core i7-1260P dengan RAM 16GB dan SSD 1TB, memberikan daya yang cukup untuk 2 in 1. Kami tidak membuang laptop gaming, tetapi CPU seri-P baru Intel tampaknya memberikan keseimbangan yang kuat untuk sebagian besar tugas.

Kami menjalankan Chrome untuk pekerjaan tes penyiksaan yang khas. Itu memuat 24 tab, termasuk tiga video YouTube dan dua aliran Twitch yang berjalan pada 1080p. Dengan senang hati menyajikan semuanya tanpa suara kipas yang terdengar.

Keterampilan menggambar yang mengecewakan di atas memaksa kami untuk mengandalkan kamera untuk upaya artistik. Jadi kami menjalankan Adobe Photoshop dan Lightroom untuk melihat cara kerja Galaxy Book 2 Pro 360.

Tampilannya yang jelas menawarkan pengalaman menonton foto yang luar biasa, dengan jeda sesekali dalam pemrosesan untuk menerapkan berbagai lapisan dan filter.

Hasil benchmarking serupa. Galaxy Book 2 Pro 360 mengelola skor kinerja keseluruhan 9.043 di Geekbench 5.4. MacBook Pro 16 (12.683, Apple M1 Max) secara alami menempati posisi pertama dalam grup kami, tetapi Samsung mengalahkan Surface Laptop 4 (6.748, AMD Ryzen 7 4980U) dan kategori rata-rata (5.267).

Untuk melakukan tes transcoding video Handbrake, laptop sobat perlu mengonversi video 4K ke resolusi 1080p. Di sini Galaxy Book 2 Pro 360 mencatat waktu 9 menit 34 detik. Ini jauh di atas rata-rata kategori (13:27), tetapi dalam kelompok sampel, Surface Laptop 4 (8:21) dan MBP 16 (4:48) memimpin.

SSD 1TB Samsung Galaxy Book 2 Pro 360 mengungguli kompetisi. Menguji transfer file 25 GB dengan kecepatan transfer 762 MB per detik. Ini lebih dari dua kali lipat Surface Laptop 4 (373 MBps) dan dengan mudah mengungguli Spectre (454 MBps). Itu hampir tidak mengalahkan rata-rata kategori (743 MBps).

✔️  Review Samsung Galaxy Book 2021, Laptop 13 Jutaan Terbaik

Masa Pakai Baterai

Daya tahan baterai Samsung Galaxy Book 2 Pro 360 sangat mengesankan, tetapi sedikit mengecewakan. Berlangsung selama 11 jam 59 menit dalam uji baterai yang melibatkan penelusuran web berkelanjutan melalui Wi-Fi pada kecerahan 150 nits.

Jadi bagaimana itu bisa mengecewakan? Model sebelumnya mencetak 13 jam dan 34 menit dalam tes yang sama.

Ini mengalahkan rata-rata laptop premium 10 jam dan 37 menit apakah itu dijatuhkan atau tidak, tetapi MacBook Pro 16 (15:39) dengan mudah mengunggulinya dan Surface Laptop 4 (12:04) nyaris tidak berhasil berlari lebih cepat. HP Spectre x360 15 (2:51) memiliki dek yang ditumpuk dengan tampilan 4K ini.

Anda tidak akan pernah ingin melihat fitur surut, tetapi Galaxy Book 2 Pro 360 masih menawarkan daya tahan baterai yang solid sepanjang hari, yang sangat mengejutkan mengingat ukuran dan beratnya dibandingkan dengan segmen lain.

Webcam Samsung Galaxy Book 2 Pro 360

Webcam 1080p Galaxy Book 2 Pro 360 telah ditingkatkan dari generasi sebelumnya, dan Samsung mengklaim itu dua kali lebih tajam dari model tahun lalu, tetapi hasilnya kasar bagi saya. Bahkan di kantor yang cukup terang, gambarnya berisik dan semua warna hilang saat pencahayaan redup.

Ada batasan untuk apa yang dapat dilakukan webcam dengan faktor bentuk kecil laptop ini, sehingga berfungsi untuk keadaan darurat. Tetapi jika sobat secara teratur melakukan konferensi video atau obrolan video di rumah, webcam eksternal adalah investasi yang berharga.

Software dan Garansi

Samsung Galaxy Book 2 Pro 360 dikirimkan dengan Windows 11 diinstal. Jika saat ini sobat menggunakan Windows 10 di laptop, sobat dapat membaca ulasan lengkap kami untuk mempelajari lebih lanjut tentang apa yang diharapkan dari sistem operasi Microsoft yang diperbarui.

Samsung memiliki kendali atas jumlah bloatware yang diinstal selama penyiapan, tetapi sobat tidak dapat menghindari hal-hal seperti Disney+, Alexa, Amazon, McAfee LiveSafe, dan tersangka umum lainnya.

Kabar baiknya adalah jika kekacauan mengganggu, sobat dapat dengan cepat dan mudah menyingkirkan semua yang tidak diinginkan. Galaxy Book 2 Pro 360 hadir dengan garansi terbatas satu tahun.

Kesimpulan

Samsung Galaxy Book 2 Pro 360 tidak terlihat jauh berbeda dari pendahulunya, dan jika sobat memiliki yang asli, tidak ada banyak alasan untuk melakukan upgrade di sini. Namun, jika model tahun lalu dimatikan oleh layar redup atau engsel yang lemah, Book 2 Pro 360 akan memiringkan skala.

Layar 15,6 inci laptop 3,1 pon masih mempertahankan kinerja luar biasa sambil menawarkan faktor bentuk 2-in-1 yang menjadikannya laptop impian untuk bepergian.

Selain itu, kinerja Geekbench pendahulunya meningkat lebih dari dua kali lipat. Kecuali sobat memiliki persyaratan yang sangat menuntut, laptop tipis yang memudar ini menawarkan kinerja lebih dari yang dibutuhkan.

Permintaan kami untuk silo S Pen hampir identik dengan permintaan saya untuk perjalanan yang lebih besar dalam faktor bentuk ini. Samsung harus melanggar hukum fisika untuk mencapai keduanya.

Itu meninggalkan webcam sebagai satu-satunya keluhan yang sebenarnya. Dan itu tidak ada hubungannya dengan semua orang dan diselesaikan dengan webcam eksternal. Jika sobat berada di pasar untuk laptop portabel 15 inci atau layar besar 2 in 1, Galaxy Book 2 Pro 360 berada di urutan teratas dalam daftar.

Leave a Comment