Simak Dan Ketahui! Beberapa Cara Instal Android Studio Yang Patut Anda Ketahui

Ada banyak software atau perangkat lunak yang sangat dibutuhkan untuk  membuat aplikasi android. Salah satu software yang paling mudah digunakan untuk membuat aplikasi antara lain adalah Android Studio. Tapi, sebelum menggunakan Android Studio Anda harus melakukan beberapa cara instal Android Studio.

Simak! Beberapa Langkah Atau Cara Instal Android Studio Yang Wajib Anda Ketahui

Untuk dapat mengunduh aplikasi yang satu ini Anda wajib menyediakan perangkat dengan spesifikasi yang cukup.

Baca juga: cara install emulator PS 

Namun, ada banyak orang yang belum mengetahui mengenai cara instal software ini. Berikut ini menjadi beberapa cara instal Android Studio yang paling mudah dilakukan. 

Ada dua cara yang harus Anda lakukan dalam menginstal Android Studio yang patut Anda ketahui serta simak antara lain adalah Setup Android Studio dan Instal SDK Android Studio. 

Setup Android Studio 

Download Android Studio

Salah satu dari beberapa langkah atau cara instal android studio pertama yang patut Anda ketahui serta simak antara lain adalah download Android Studio. Sebelum melakukan instalasi. Maka, Anda harus mencari link unduh Android Studio di jelajah internet.

cara instal Android Studio

Setelah Anda menemukan link tersebut. Maka, Anda dapat langsung membuka link tersebut intuk mengunduh file perangkat lunak ini. 

Instal Android Studio

Instal Android Studio menjadi langkah lainnya atau cara instal Android Studio lainnya yang patut Anda ketahui serta lakukan dengan tepat. Setelah file Android Studio yang Anda unduh di website berhasil dinuduh. 

Maka, Anda harus membuka file tersebut dan mengikuti beberapa instruksi instalasi yang diberikan. Instruksi pertama adalah akan muncul suatu halaman. Jika halaman tersebut telah muncul. Maka, Anda harus menekan tombol lanjut atau next untuk melanjutkan proses instalasi. 

Pilih komponen tambahan

Salah satu dari beberapa langkah atau cara instal android studio lainnya yang patut Anda ketahui serta simak antara lain adalah pilih komponen tambahan. Untuk menginstal atau mengunduh Android Studio Anda dapat memilih komponen tambahan yang ingin Anda tambahkan. 

Android Virtual Device juga sering dikenal sebagai AVD. AVD atau Android Virtual Device memiliki fungsi yang beragam. Salah satu fungsi AVD adalah untuk mengkonfigurasi perangkat yang akan Anda jalankan dengan emulator Android. Anda harus menyesuaikan komponen tambahan yang dipilih. 

Apabila Anda telah melakukan langkah atau cara instal android studio dengan baik. Maka, Anda dapat langsung menekan tombol lanjut atau next untuk melanjutkan langkah selanjutnya. 

Tentukan lokasi instalasi 

Tentukan lokasi instalasi menjadi cara lainnya atau langkah instal Android Studio lainnya yang patut Anda ketahui serta lakukan dengan tepat. Anda dapat menginstal perangkat lunak yang satu ini diberbagai lokasi. Misalnya, Anda dapat mengunduh perangkat lunak yang satu ini di lokasi C:\Program Files\Android\Android Studio.

Setelah melakukan langkah atau cara instal android studio yang satu ini dengan tepat dan benar adalah menekan tombol next untuk melanjutkan instalasi.

Install android studio

Tentukan nama aplikasi Android Studio

Salah satu dari beberapa cara atau langkah instal android studio selanjutnya yang patut Anda ketahui serta simak antara lain adalah tentukan nama aplikasi Android Studio. Anda harus tahu bahwa Anda dapat dengan bebas mengganti nama aplikasi Android Studii yang akan ditampilkan pada start menu. 

Akan tetapi, untuk Anda yang ingin mendapat kemudahan pada saat mencari aplikasi yang satu ini. Maka, sebaiknya Anda harus menamakan aplikasi tersebut seperti Android Studio saja. Setelah melakukan cara instal android studio yang satu ini setelah baik dan benar. Maka, Anda dapat langsung melanjutkan proses instalasi lagi. 

Mulai proses instalasi 

✔️  2 Cara Install Driver Android

Mulai proses instalasi menjadi cara terakhir atau langkah instal Android Studio terakhir yang patut Anda ketahui serta lakukan dengan tepat. Setelah menentukan nama aplikasi sesuai keinginan Anda. 

Maka, Anda dapat langsung memulai proses instalasi Android Studio. Apabila proses instalasi telah mencapai 100 persen. Maka sudah dipastikan bahwa Android Studio telah terpasang. Itulah cara instal Android Studio terakhir yang wajib Anda lakukan. 

Instal SDK Android Studio

SDK adalah seperangkat alat dan program perangkat lunak atau software yang digunakan oleh pengembang untuk membuat aplikasi dalam situs atau website tertentu. Berikut ini panduan atau instruksi yang harus Anda lakukan untuk menginstal SDK Android Studio. 

Instal SDK Android Studio 

Setelah, Anda berhasil melakukan beberapa cara instal Android Studio tersebut. Maka, Anda harus membuka aplikasi yang telah terpasang tersebut. Aplikasi yang telah terbuka akan menyediakan intruksi yang Anda harus ikuti. 

Intruksi instal SDK yang pertama kali akan muncul adalah suatu halaman yang wajib Anda simak. Setelah menyimak halaman yang diberikan tersebut. Maka, selanjutnya Anda harus menekan tombol next atau lanjut yang ada di halaman tersebut. 

Pilih tipe instalasi 

Pilih tipe instalasi menjadi cara Instal Android Studio SDK selanjutnya yang wajib Anda lakukan. Akan ada dua tipe instalasi yang dapat Anda pilih. Berikut ini menjadi beberapa tipe instalasi yang dapat Anda pilih. 

  1. Standard: untuk pilihan tipe instalasi yang satu ini Anda akan mendapatkan sebuah default pengaturan dan instalasi tambahan yang akan diberikan perangkat lunak yang telah Anda unduh tersebut. 
  2. Custom: untuk pilihan tipe instalasi yang satu ini Anda dapat memilih pengtyran dan komponen yang ingin Anda tambahkan saja. 

Fungsi dari memilih tipe instalasi custom adalah agar aplikasi tambahan yang tidak ingin Anda gunakan terinstal. Setelah melakukan pemilihan Anda dapat langsung menekan tombol lanjut atau next. 

Pilih tampilan perangkat lunak

Cara instal Android Studio SDK selanjutnya yang wajib Anda ikuti adalah pilih tampilan Android Studio. Ada dua pilihan tema yang dapat Anda pilih menjadi tema Android Studio. Berikut ini menjadi dua pilihan tema Android Studio. 

Bertema hitam dan bertema putih. Setelah Anda memilih tema sesuai keinginan Anda untuk tampilan Android Studio. Maka, Anda dapat langsung menekan tombol next atau lanjut yang ada di halaman tersebut. 

Pilih komponen SDK

Cara instal android studio ini hanya akan mucul apabila Anda memilih tipe instalasi custom. Beberapa komponen tersebut dapat Anda sesuaikan dengan keinginan Anda. Setelah menyesuaikan komponen yang akan Anda gunakan. Maka, Anda dapat langsung lanjut ke cara berikutnya. 

Tentukan ram

Sebaiknya, Anda menentukan atau menggunakan RAM sebesar 4 GB atau lebih agar proses running emulator ketika dijalankan tidak lambat. 

Proses pengunduhan SDK Android Studio 

Setelah selesai melakukan beberapa cara instal Android Studio di atas. Maka, selanjutnya Anda dapat langsung memulai proses pengunduhan. Setelah memulai proses pengunduhan tersebut. Maka, Anda 

Hal tersebut menjadi beberapa langkah atau cara instal android studio yang wajib Anda lakukan untuk dapat menggunakan aplikasi yang satu ini. 

Leave a Comment