Pentingnya Mengetahui Simbol Diagram

Sebuah diagram alur itu sudah pasti sangat dibutuhkan untuk supaya bisa menjelaskan mengenai satu sistem atau prosedur pada banyak orang. Simbol menjadi komponen yang paling penting pada diagram alur, karena semua isi dari diagram itu adalah simbol ya. Jadi jelas sangat penting untuk tahu dan paham mengenai simbol pada diagram alur dengan baik dan juga mendalam.

Akan tetapi banyak orang yang tidak tahu mengenai simbol tersebut, padahal sebenarnya itu adalah kunci untuk memahami flowchart. Tapi ada juga yang paham, namun hanya beberapa simbol yang memang sudah umum atau biasa digunakan dalam satu flowchart. Nah pada kesempatan ini kami akan jelaskan mengenai simbol dan juga fungsi penting tahu simbol diagram dengan baik.

Pentingnya Mengetahui Simbol Pada Diagram Alur

Apabila Anda membaca diagram alur, maka Anda itu harus tahu dulu apa saja simbol dan juga arti dari setiap simbol. Karena kalau Anda tidak memahami mengenai simbol itu, maka Anda tidak akan bisa memahami mengenai proses yang dijelaskan pada diagram alur tersebut. Nah berikut ini kami akan coba jelaskan mengenai fungsi penting untuk mengetahui simbol yang ada pada diagram alur. 

1. Mengetahui simbol pada diagram alur itu penting, karena dengan tahu simbolnya dengan baik itu akan membuat Anda bisa memaham diagram alur. Apabila Anda tidak memahami simbol dengan baik, maka sangat mungkin Anda gagal paham dengan diagram alur. Jadi jelas kan sangat penting untuk tahu simbol ini untuk pembaca diagram alur.

2. Dari sisi pembuat diagram alur pun tentunya harus mengetahui simbol yang ada pada kaidah pembuatan diagram alur. Ini adalah hal yang sangat penting, kalau tidak paham simbol tentunya bisa juga salah dalam membuat diagram alur. Kalau bagi pembuat tentunya harus lebih paham ya, karena kalau ada proses yang kompleks akan tetap bisa membuat diagram.

Artikel Lainnya: Jasa Parafrase Menurunkan Hasil Cek Turnitin

Jadi intinya bagi pembuat itu harus benar-benar tahu dan juga benar-benar paham soal simbol yang ada di diagram alur. Sebab bila sampai kurang paham itu akan bisa menyesatkan orang lho, jadi fungsi flowchart itu malah jadi tidak tercapai. Oleh sebab itu harus dipelajari betul soal semua simbol yang dipakai di flowchart.

Simbol Yang Ada Pada Diagram

Pada kaidah pembuatan diagram sendiri memang ada beberapa simbol yang memang menjadi pakem dan aturan dasar yang harus diikuti. Nah Anda harus paham betul soal semua simbol tersebut, dan juga arti serta penggunaannya dalam sebuah diagram alur tersebut. Dan berikut ini kami akan jelaskan beberapa simbol dan juga artinya pada sebuah diagram alur.

1. Flowline

Simbol yang pertama itu adalah flowline atau garis yang biasanya ada garis panahnya, dan arahnya disesuaikan dengan prosesnya. Namun tidak semua juga garisnya seperti biasa, ada juga yang garisnya itu putus-putus dengan penggunaan tertentu pada diagram alur. Dan ini menjadi titik utama dari sebuah flowchart ataupun juga diagram alur sistem tertentu.

✔️  8 Situs Buat CV Online Gratis Untuk Lamaran Kerja

2. Terminal

Simbol yang kedua adalah terminal, ini adalah juga menjadi salah satu simbol yang sudah pasti ada pada diagram alur. Terminal ini dipakai untuk mempergunakan memulai satu proses atau juga mengakhiri satu proses pada suatu sistem. Jadi ini akan ada di bagian pertama flowchart dan juga di bagian akhir flowchart atau juga diagram alur.

3. Proses

Simbol yang ketiga itu adalah soal proses, simbol proses itu adalah simbol yang sudah pasti ada di dalam sebuah flowchart. Karena isi dari flowchart itu adalah proses ataupun langkah, dan simbol proses itu biasanya paling banyak juga. Di dalam simbol proses itu ada sebuah kata-kata yang berisikan langkah dan juga proses dari setiap tahap di satu sistem.

Itu adalah 3 simbol yang memang paling utama dan harus selalu ada pada sebuah flowchart, dan sistem yang paling sederhana. Dan memang biasanya kebanyakan flowchart yang ada di berbagai tempat itu memang hanya ada 3 simbol itu saja. Demikianlah pentingnya paham simbol pada diagram. 

Leave a Comment