Situs Bawaslu DKI Jakarta Diretas, Hacker Sampaikan Pesan Selamat Dirgahayu RI Ke-75 Tahun

Situs Bawaslu DKI Jakarta Diretas, Hacker Sampaikan Pesan Selamat Dirgahayu RI Ke-75 Tahun
Situs Bawaslu DKI Jakarta Diretas Hacker

Situs Bawaslu DKI Jakarta Diretas – Dihari kemerdekan pada tahun ini setiap warga negara indonesia lagi melaksanakan dan mengikuti upacara pengibaran bendera merah putih, namun berbeda dengan salah satu peretas tanah air indonesia, mereka memiliki cara mereka sendiri dalam merayakan hari kemerdekaan RI.

Salah satunya hacker berkode nama ./An9el4-137 hacker indonesia yang satu ini merayakan kemerdekaan Republik Indonesia dengan meretas situs jakarta.bawaslu.go.id. Pelaku memang tidak merubah tampilan utama situs bawaslu DKI Jakarta, Namun sewaktu kami mengunjugi situs jakarta.bawaslu.go.id situs nampak normal dan tidak ada hal yang aneh di situs tersebut.

Bawaslu DKI Jakarta

Namun sewaktu kami menambah url di belakang domain menjadi https://jakarta.bawaslu.go.id/el.php ada file peretasan yang terlihat jelas, ada seseorang hacker yang berhasil menyusup ke situs Bawaslu DKI Jakarta dan pelaku melampirkan sebuah file deface ke dalam directory utama situs Bawaslu DKI Jakarta secara ilegal tanpa sepengetahuan admin web.

Screenshot 1

Hacker berkode nama ./An9el4-137 juga menyampaikan pesan ” Dirgahayu Republik Indonesia Yang Ke-75 Tahun” Aku Hanya Berharap Semoga Indonesia Semakin Jaya & Pandemic Ini Bisa Segera Berakhir. Dan Diakhiri Hastag ” IndonesiaLawanCovid19 #IndonesiaPastiBisa “

Baca Juga: Database Seluruh Anggota Polri Bocor, Hacker Jual Database Seharga 17 Juta Rupiah

Sampai saat ini file hacker tersebut masih ada, dan pihak admin Bawaslu DKI Jakarta nampaknya belum menyadari situs mereka di susupi oleh hacker indonesia, kejadian peretasan di situs bawaslu juga bukan yang pertama kalinya terjadi, sering sekali situs pemerintah menjadi target peretasan di acara-acara besar seperti 17 agustusan, dan di hari-hari penting lainnya.

Semoga pihak admin segera menyadari bahwa situs mereka diretas dan segera melakukan perbaikan dan melakukan penutupan bug di situs milik mereka, agar tidak terjadi peretasan yang kedua kalinya oleh pihak hacker yang tidak bertangung jawab.

Sekian dan terimakasih dan selamat beraktifitas kembali.

Penulis: Shu (Kompirasi.com)

Arif Wibowo Hidayatullah
" Merangkai Sebuah Kata Itu Sangatlah Mudah, Tapi.. Merangkai Sebuah Mimpi Itu Sangatlah Sulit..." (Arif Wibowo)