5 Strategi Bisnis Untuk Mempromosikan Produk Secara Online Di Internet

5 Strategi Bisnis Untuk Mempromosikan Produk Secara Online Di Internet
Source Gambar: Pixabay Design By: jmexclusives

SIBAKUA – Sebagai seorang pelaku bisnis dan pengusaha yang baru saja memulai merintis bisnis kecil-kecilan, strategi bisnis menjadi hal yang sangat penting dilakukan. Kenapa Strategi bisnis sangat penting dilakukan? Karena tujuannya untuk mempromosikan produk atau barang anda secara online di internet.

Sebagai pebisnis milenial, kita diwajibkan untuk melakukan pemasaran digital secara online, saat ini ada beberapa teknik dan strategi promosi pemasaran yang biasanya dilakukan untuk meningkatkan penjualan produk, mau tau ap saja? berikut 8 strategi bisnis yang biasanya digunakan untuk mempromosikan produk anda secara online di internet.

5 Strategi Bisnis Untuk Mempromosikan Produk Secara Online

1. Mempromosikan Produk Lewat Web

Bagi anda yang mempunyai blog atau web, strategi bisnis yang paling utama itu, memasarakan dan mengenalkan produk anda melalui situs web, mau itu melalui situs web ecommerce yang ada di indonesia, seperti lazada, tokopedia, blibli dan situs belanja online lainnya, dengan teknik dan strategi ini 90% produk yang anda jual akan meningkat pesat.

Apakah ada contoh cara mempromosikan produk lewat web?

promosi produk lewat web – Kompirasi.com

Berikut sample yang saya berikan, gambar diatas adalah contoh mempromosikan produk lewat website, perlu kamu ketahui strategi ini sering diterapkan oleh pebisnis pemula, dan pebisnis professional, dengan cara kita melakukan promosi produk melalui web, volume penjualan produk yang kita pasarkan akan cepat laku, dan dapat dijangkau oleh masyarakat secara luas, apalagi saat ini masyarakat sudah banyak memakai ponsel android.

2. Memasarkan Produk Anda Melalui Iklan

iklan – Kompirasi.com

Strategi kedua yaitu memasarkan produk anda melalui iklan, perlu anda ketahui… kebanyakan orang memasarkan produk mereka melalui iklan terbukti 99% orang memakai strategi ini, kamu bisa melihat gambar yang saya upload diatas. Dari sekian pebisnis mereka mulai mempromosikan produk jualan mereka melalui iklan google ads, dengan cara ini tentunya kamu dapat mengenalkan dan memasarkan produk kamu dengan secara luas, maksudnya gimana min, contohnya saja begini coba kamu ketik kata kunci ini “Beli baju” dengan kata kunci ini pasti kamu akan melihat beberapa pesaing bisnis kamu bukan? ya tentu pasti ada lazada, tokopedia dan shopee di halaman pertama.

Nah untuk mengalahkan mereka di kata kunci yang mereka ambil, kamu bisa membidik kata kunci yang sesuai, sesuai produk yang kamu miliki di google ads, dengan ini, website kamu akan berada di page 1 pencarian, lihat saja beberapa situs yang melakukan iklan diatas, dengan teknik ini, mungkin mereka mampu mendatangkan pembeli kurang dari 100 orang perharinya.

Baca Juga : Contoh Usaha Makanan Serba 5000

3. Melakukan Promosi Melalui Sosial Media Facebook, Tiktok Dan Instagram

Anda pernah melihat pengguna sosial media meng share dan mempublish barang jualan mereka? mulai dari group, halaman, marketplace dan di seluruh sosial media lainnya? kalau pernah, coba kamu pikir… apa yang mereka lakukan? dan apa manfaat yang mereka dapat dari membagikan postingan produk milik mereka? tanpa kamu sadari ini adalah metode melakukan promosi melalui sosial media, dengan melakukan promosi di sosial media, tentunya pengguna internet dapat mengenal produk yang anda jual.

Tidak hanya itu saja, dengan strategi ini, kamu juga dapat mendatangkan pelanggan ke toko kamu.

4. Riset Kata Kunci Dan Main SEO

Sebagai seorang pebinis, strategi seo sangat penting, mungkin mendengar kata seo kamu tidak paham, ya maklum saja kamu mungkin mendengar kata seo saja sudah asing, apa itu SEO? SEO atau yang dikenal search engine optimization merupakan suatu teknik untuk mengoptimasi website agar mendapatkan rangking teratas di google pencarian.

Kalau anda memasarkan produk melalui web pribadi, anda wajib mempelajari teknik ini, karena dengan teknik ini saya yakin 100% anda akan mendapatkan pembeli secara real human, dan bukan bot, karena ini ada hubungkannya dengan mempromosikan produk melalui iklan, kenapa begitu? coba saya kamu perhatikan dan cari di google kata kunci tertentu, rata-rata website yang berada di halaman pertama, mereka menerapkan teknik ini, bisa dikatakan teknik ini tidak memakan banyak biaya, berbeda dengan kita mengiklankan barang di google ads, untuk mengiklan kan barang saja di google ads, kita diwajibkan bayar.

Namun tidak untuk teknik yang saya sebutkan ini, namun perlu kamu ketahui, belajar seo tidak lah gampang, kamu perlu pengalaman di bidang seo kurang lebih dari 1 tahun.

5. Membuat Dan Memasang Spanduk Atau Banner Seputar Produk Yang Anda Jual

Membuat dan memasang spanduk atau banner seputar produk yang saat ini anda jual, menjadi strategi yang tepat, karena dengan strategi ini, anda dapat mengenalkan produk yang anda jual ke masyarakat luas, terbukti teknik dan strategi ini masih ampuh hingga sekarang, kamu bisa lihat di sekitar mu, pasti ada berbagai macam spanduk, banner, pamflet yang dipasang di dekat pohon-pohon dan di berbagai macam jalan lainnya, dengan spanduk tersebut tentunya akan menarik minat masyarakat untuk mengenal lebih dekat terakit produk kamu.

Penutup

Nah itu saja strategi bisnis yang bisa saya berikan, semoga dengan adanya artikel ini kamu dapat terbantu, dan selamat berbisnis ya sobat kompi.

Arif Wibowo Hidayatullah
" Hanya Pencinta Senja" (Arif Wibowo)