Tata Cara Menggunakan Windows 10 Media Creation Tool

Sebagai sistem operasi komputer, Windows telah banyak melakukan inovasi untuk pembaruan. Salah satu yang dapat Anda gunakan untuk update yakni Windows 10 Media Creation Tool. Simak ulasan lengkap tentang Media Creation Tool berikut.

Baca juga: windows 11

Windows 10 Media Creation Tool itu Apa?

Microsoft memiliki utilitas resmi yakni media creation tool untuk upgrade sistem operasi Windows terbaru. Uniknya, tool ini tidak hanya bisa digunakan oleh pengguna Windows 10 saja. Apabila Anda menggunakan sistem operasi Windows 7 atau 8 juga bisa memanfaatkan menggunakannya untuk pembaruan ke Windows 10.

Windows 10 Media Creation Tool

Dengan catatan pengguna sudah mempunyai lisensi resmi dari sistem operasi Windows. Apabila Anda telah menggunakan Windows 10, Windows 10 Media Creation Tool membantu untuk pemasangan versi terbaru.

Sebagai contoh, ketika Anda ingin upgrade Windows 10 21H1 yang dirilis pada tahun 2021 lalu. Namun, pada versi baru tersebut Anda belum mendapatkan notifikasinya.

Umumnya di awal diluncurkan, upgrade hanya diperuntukkan bagi sebagian kecil pengguna saja. Sehingga jika Anda ingin mencoba versi baru, pengguna perlu instal untuk upgrade secara manual.

Cara pasang manual tersebut yakni memanfaatkan Windows 10 Media Creation Tool. Istimewanya adalah hal ini  tidak akan mempengaruhi file pengguna saat instal Windows 10 versi terbaru.

Apalagi dengan tool ini memungkinkan Anda untuk bisa membuat media instalasi. Pengguna bisa mencoba membuat USB drive.

Selanjutnya Anda bisa melakukan boot pada Windows 10 secara langsung dari aplikasi. Yang mana artinya Anda bisa booting tanpa harus download file ISO secara terpisah. 

Berdasarkan pada edisi Windows baru, konfigurasi akan terdeteksi dengan otomatis. Dimana pengguna juga dapat membuat flashdisk USB dan melakukan booting. Jika dibutuhkan, pengguna bisa juga menggunakan tool ini untuk download ISO image terbaru dari Windows 10.

Bagaimana Cara Menggunakan Tool ini?

Banyak orang mencari tutorial tentang bagaimana cara menggunakan Windows 10 Media Creation Tool untuk komputer. Anda juga mungkin membutuhkan panduan instal Windows 10 USB Installer dengan tool ini. Jika demikian, Anda sudah berada di artikel yang tepat.

Dalam panduan ini, terlebih dahulu akan dijelaskan cara upgrade versi Windows 10. Selain itu ada pula tata cara membuat Windows 10 USB Installer.

Windows 10 Media Creation Tool untuk Update PC

Windows 10 Media Creation Tool adalah salah satu tool untuk memperbaharui sistem operasi yang aman. Unduh Media Creation Tool untuk Windows melalui situs resmi.

  1. Langkah pertama, situs resmi untuk untuk download Media Creation Tool. Usai unduh lanjutkan dengan instal tool tersebut. Apabila Anda masih menggunakan Windows versi lawas, gunakan tool untuk upgrade.
  2. Kemudian, buka program dan klik opsi Upgrade this PC Now untuk memperbarui Windows 10 versi terbaru.
  3. Pada halaman selanjutnya, tool akan download Windows 10. Pengguna bisa melakukan minimize  untuk memperkecil jendela. Hal ini karena proses akan memakan waktu yang relatif lama, tergantung konektivitas internet Anda.
  4. Jika proses download selesai, Media Creation Tool akan melakukan verifikasi pada semua konfigurasi dan pengaturan. Apabila verifikasi selesai dilakukan, Anda akan ditawarkan dua opsi yakni apakah akan clean install Windows 10. 

Kemudian opsi simpan file jika Anda tidak ingin menghapusnya. Sebaiknya tetap pertahankan file Anda tetap utuh. Namun jika memilih opsi clean install Windows 10, tekan opsi Change what to keep.

  1. Langkah terakhir, komputer Anda akan di restart. Lalu proses pemasangan Windows 10 versi terbaru akan dimulai.

Tutorial Membuat Windows 10 USB Installer 

Anda juga bisa membuat USB Installer menggunakan Windows 10 Media Creation Tool. Ikuti step-step membuatnya di bawah ini.

  1. Buka Media Creation Tool lalu klik tab menu Create Installation Media dan pencet Next.
  2. Anda akan dibawa ke halaman selanjutnya, dimana Anda harus memilih konfigurasi komputer. Apabila Anda ingin mengubahnya, hapus checklist pada opsi Use the recommended options for this PC.
  3. Kemudian silahkan lakukan perubahan yang Anda butuhkan. Setelah itu tekan tombol Next.
  4. Langkah selanjutnya klik pada opsi USB Flash Drive, lalu dan kembali pencet Next. Anda juga bisa download file ISO dengan memilih opsi kedua.
  5. Jika sudah, sekarang masukkan USB flashdisk (minimalis kapasitas penyimpanan 16GB), lalu biarkan tool mendeteksinya. Namun apabila tidak muncul, coba lepaskan pen drive Anda sebelum kembali dipasang. Pencet tombol Next  ketika Anda menemukan daftar di bawah Removable Drives.
  6. Kini proses download salinan Windows 10 akan berlangsung. Kemudian selanjutnya akan dibuat pula USB yang bisa booting Windows 10. Agan hanya perlu menunggunya hingga proses berakhir.
  7. Terakhir, saat flashing sudah selesai, silahkan lepaskan USB flashdisk Anda. Kini Anda Anda bisa menggunakan USB untuk memasang Windows 10 di PC mana saja.
✔️  Cara Belajar Quotex Trading Bagi Para Pemula

Kelebihan Menggunakan Windows 10 Media Creation Tool untuk PC

Anda tentu penasaran apa saja kelebihan menggunakan Media Creation Tool. Tenang saja, berikut ini ada sejumlah kelebihan yang tentunya menarik dari tool ini.

Perangkat Kompatibel

Windows 10 Media Creation Tool sangat mudah untuk dioperasikan. Sehingga sampai saat ini tool resmi dari Microsoft tersebut banyak digunakan.

Apapun jenis perangkatnya, baik PC maupun laptop, bisa memanfaatkan tool ini untuk upgrade Operating System. Bahkan Media Creation Tool bisa Anda operasikan di PC dengan processor 64-Bits maupun 32-Bits.

Dapat Membuat Media Instalasi 

Tool ini memungkinkan Anda untuk membuat media installer menggunakan USB flash drive atau DVD). Sehingga Anda bisa memasang Windows 10 di perangkat komputer yang berbeda.

Dengan kata lain, Windows 10 Media Creation Tool merupakan software yang tepat untuk Anda. Terutama untuk kebutuhan upgrade Windows ke versi baru maupun membuat media installer di USB flashdisk.

Akses Sangat Mudah

Media Creation Tool untuk Windows ini bisa Anda akses dengan sangat mudah. Setelah download, pengguna bisa menyimpan software tersebut di USB Drive.

Jika sudah menyimpan file, selanjutnya Anda akan mempunyai format EXE. Pengguna tinggal menjalankan proses pemasangan software.

Ketika proses instalasi sudah selesai, Anda akan diberikan opsi penyimpanan. Dimana pengguna diminta memilih lokasi penyimpanan baru pada Drive.

Update Sistem Opera PC Aman

Kini pengguna sistem operasi Windows tidak perlu khawatir untuk melakukan pembaruan komputer. Anda bisa dengan upgrade dengan aman menggunakan Windows 10 Media Creation Tool sekarang.

Cara update sistem operasi ini  sangat aman bagi pengguna. Dimana Anda tidak perlu takut perangkat akan dimasuki oleh virus atau malware

Pengguna akan terhindar dari virus saat instalasi karena Media Creation Tool adalah utilitas resmi Microsoft. Untuk mulai menggunakannya, Anda hanya harus menyiapkan koneksi internet yang baik. Dengan demikian proses instalasi pada perangkat Anda akan berjalan dengan lancar.

Windows 10 Media Creation Tool yakni software untuk mengatasi masalah upgrade OS dengan efisien. Cara menggunakannya pun relatif mudah. Dimana Anda hanya harus membuat Drive dalam USB Drive untuk installer.

Leave a Comment