Tips Agar Lolos Kartu Prakerja Setelah Gagal Lebih Dari 3 Kali

Tips agar lolos kartu prakerja setelah berkali kali gagal
Tips agar lolos kartu prakerja setelah berkali kali gagal

Pengalaman pribadi untuk tips agar lolos kartu prakerja setelah berkali-kali gagal. Tips yang akan kita bahas kali ini terbukti ampuh untuk saya yang sebelumnya gagal 14 kali dari gelombang 1 sampai 14 dan baru lulus di gelombang ke 15.

Nah.. Artikel kali ini akan membahas tutorial cara agar lolos prakerja walau sudah berkali-kali gagal dan juga menjelaskan sedikit pengetahuan saya tentang alasan kegagalan teman-teman pada saat proses evaluasi kartu prakerja.

Baca Juga: 15 Bot Telegram Terbaik dan Berguna Untuk Kamu

Kamu tidak perlu bersedih dan merasa dunia seakan tidak adil kepada dirimu karena ada hal umum yang perlu kamu ketahui berkenaan dengan alasan kegagalan kamu dalam proses seleksi kartu prakerja.

Hal Yang Mungkin Menjadi Alasan Kamu Gagal Prakerja

Sebelum kita lanjut ke tutorial tentang tips agar lolos kartu prakerja disini saya akan memberikan gambaran terkait beberapa hal yang saya temukan yang bisa saja menjadi alasan kegagalan kartu prakerja kamu. Berdasarkan hasil riset saya dari berbagai akun prakerja yang ada pada teman dan keluarga di sekitar saya, saya menemukan beberapa alasan yang kegagalan pada menu “Riwayat Gelombang” yaitu:

1. NIK terdaftar sebagai penerima bantuan sosial

tips agar lolos kartu prakerja dan gagal prakerja karena menerima bantuan

2. NIK terdaftar sebagai pelajar/mahasiswa

gagal prakerja karena berstatus pelajar atau mahasiswa

3. NIK terdaftar bantuan BPJS Ketenagakerjaan

gagal prakerja karena bpjs ketenagakerjaan

4. NIK terdaftar di Data Pokok Pendidikan (DAPODIK)

gagal prakerja karena terdaftar di dapodik

5. Kuota kelulusan prakerja yang terbatas di setiap provinsi

kamu belum berhasil lolos gelombang kartu prakerja
Hanya alasan ini yang punya peluang untuk lolos

Tips Agar Lolos Kartu Prakerja Setelah Lebih dari 3 Kali Gagal Dan Sudah Terbukti Dari Pengalaman Saya Sendiri

Setelah mendaftar prakerja dari gelombang 1 hingga gelombang 14 dan mengalami kegagalan. Saya tetap tidak putus asa untuk mendaftar di gelombang ke 15 pada tanggal 18 Maret 2021 yang lalu. Nah… Perbedaannya, pada kali ini saya mencoba melakukan sedikit tips yang ternyata sangat ampuh dan berhasil membuat saya lolos prakerja di gelombang ke 15.

gagal prakerja dari gelombang ke 1 atau pertama sampai 15
perjuangan saya lolos prakerja untuk ikut pelatihan desain

Baca Juga: Cara Download Video Tiktok Tanpa Watermark di Bot Telegram

Penasaran bagaimana ampuhnya tips agar lolos kartu prakerja walaupun sudah gagal berkali-kali? Untuk kamu yang akan berjuang di gelombang 16, 17, 18, 19, 20, 21 dan seterusnya, yuk disimak cara yang mungkin juga akan berhasil meloloskan akun prakerja kamu.

1. Buka halaman utama situs resmi prakerja

Nah… Jangan sembarangan buka situs yaaa…! Pastikan situs prakerja yang kamu buka adalah situs resmi yaitu Situs Resmi Kartu Prakerja yang tampilannya tampak seperti gambar dibawah ini.

halaman situs resmi kartu prakerja

2. Scroll kebawah hingga menemukan formulir pengaduan

Setelah kamu membuka situs resmi kartu prakerja, maka gulir atau scroll layar kamu ke bagian bawah tampilan situs prakerja hingga menemukan tampilan yang tampak seperti gambar dibawah ini.

tips agar lolos kartu prakerja dengan formulir pengaduan

Setelah menemukan dimana letak gambar diatas ini, klik 2 kali pada bagian “Link” di formulir pengaduan yaaa…!

3. Isi formulir pengaduan dengan sebenar-benarnya

Setelah melewati cara kedua untuk tips agar lolos kartu prakerja diatas, kamu akan menemukan tampilan formulir pengaduan seperti dibawah ini.

tips agar lolos kartu prakerja dengan formulir pengaduan

Kamu dapat mengisi formulir tersebut dengan nama lengkap, nomor handphone, alamat email dan pastikan kamu memilih status sebagai “calon peserta” untuk dapat lanjut ke tahap selanjutnya.

4. Pilih opsi sudah 3 kali tidak lolos kartu prakerja

Pada gambar dibawah ini, saya sudah memberikan tips apa saja pilihan yang harus kamu pilih sebelum masuk ke kolom deskripsi pertanyaan/kendala. Pastikan kamu memilih tipe “pertanyaan”, kategori “status lolos atau tidak lolos” dan sub kategori “sudah 3x tidak lolos”.

tips agar lolos kartu prakerja dengan formulir pengaduan

Selanjutnya, jelaskan semua keluh kesah dan rasa penasaran kamu tentang kegagalan akun prakerja kamu yang sudah lebih dari 3 kali. Kamu juga bisa memberikan bukti berupa screenshot atau gambar lainnya yang menjadi pendukung tentang kejelasan status lolos kamu.

5. Ceklis bagian pernyataan dan juga captcha saya bukan robot

pernyataan tidak lolos prakerja lebih dari 3 kali

Tips agar lolos kartu prakerja yang terakhir adalah mengklik centang pernyataan dan captcha “saya bukan robot”. Kemudian klik kirim pesan agar formulir pengaduan kamu ditindak lanjuti oleh tim prakerja.

Saya melakukan tips agar lolos kartu prakerja ini pada gelombang 15 lalu dan Alhamdulillah, saya langsung lolos di gelombang 15 dan sudah bisa mengikuti pelatihan desain serta bahasa asing yang sangat saya sukai. Meskipun cara ini belum tentu berhasil di kamu karena faktor keterbatasan kuota lolos prakerja di setiap provinsi yang ada di Indonesia, tapi kamu wajib mencoba karena cara ini bisa memperbesar peluang kamu untuk lolos jika kuota daerah kamu masih mencukupi di gelombang selanjutnya.

Semangat berjuang sobat prakerja! Semoga kamu yang gagal dari gelombang 1 sampai gelombang 15 bisa lolos dengan tips agar lolos prakerja ini di gelombang 16, 17, 18, 19, 20, 21 dan seterusnya yaaa…!