Pengertian dan Tutorial Cara Membuat Navigasi di Blog

Cara membuat navigasi di blog adalah informasi penting yang sering dicari oleh para blogger pemula. Tentu para blogger pemula ini masih bingung cara membuat navigasi jika belum pernah melakukannya.

Mencari informasi terkait hal ini sebenarnya bisa kemana saja, namun dengan mencarinya diinternet seperti ini, tentu mempelajari cara membuat navigasi blog bisa dilakukan dengan sambil bersantai.

Pengertian Tentang Navigasi di Blog

Memang benar pada ulasan ini akan membahas cara membuat navigasi di blog, namun sebelumnya mari kita bahas dulu mengenai pengertian navigasi yang ada di sebuah blog dan apa saja link yang dipasang pada navigasi blog.

Menu navigasi yang ada di sebuah blog adalah salah satu fasilitas yang harus diberikan oleh para pengelola blog untuk pengunjungnya. Sistem navigasi blog ini meliputi beberapa link yang dimasukkan ke dalamnya.

Fungsi utama dari navigasi blog adalah untuk memandu pengunjung blog agar bisa lebih mudah mencari kategori yang diinginkan. Tentu ini akan sangat memberi kemudahan bagi para pengunjung agar tidak kesusahan saat mengunjungi blog Anda.

Dengan fungsi yang sangat penting tersebut, maka setiap blogger harus tahu mengenai cara membuat navigasi di blog yang baik dan benar. Menu navigasi ini nantinya akan digunakan untuk menavigasi antara database terbuka seperti tombol cari, pergi, berhenti dan kembali.

Menu navigasi ini terdiri dari beberapa link yang bisa dipasang di dalamnya. Dan beberapa link tersebut meliputi home, sitemap, profile, buku tamu, contact maupun link lainnya yang disesuaikan dengan keinginan pemilik atau pengelola blog.

Kegunaan dan Manfaat Navigasi di Blog

Ketika seorang blogger melakukan cara membuat navigasi di blog, maka akan mendapatkan fungsi, manfaat dan juga kegunaan dari navigasi tersebut. Meski seringkali dikatakan sama, sebenarnya fungsi, manfaat dan kegunaan adalah hal berbeda terkait dengan navigasi blog.

Dan untuk lebih jelasnya, Anda harus bisa membedakannya dengan membaca ketiga poin yang akan dijabarkan secara detil dan gamblang berikut ini.

  • Fungsi Navigasi Blog

Sebenarnya fungsi utama dari membuat navigasi blog adalah untuk bisa mengakses link ke halaman tertentu pada suatu blog. Selain itu, fungsi utamanya adalah untuk menggolongkan artikel yang dengan begitu maka blog akan bisa diakses secara mudah.

Selain dari fungsi umum tersebut, ada beberapa fungsi khusus yang juga perlu Anda ketahui. Jika secara menyeluruhnya, cara membuat navigasi di blog memiliki fungsi sebagai berikut.

  1. Mempermudah dalam mengklasifikasikan konten blog
  2. Mempercepat pencarian
  3. Tampilan blog akan terlihat lebih rapi dan teratur
  4. Blog menjadi lebih mudah dipahami oleh pengunjung

Jika Anda sudah paham mengenai fungsi dari navigasi blog, tentu hal ini berbeda dengan manfaat yang bisa didapatkan karena membuat navigasi blog.

  • Manfaat Penggunaan Navigasi di Blog

Manfaat cara membuat navigasi di blog sebenarnya ada sangat banyak. Berbeda dengan fungsinya, manfaat membuat navigasi blog ini lebih sederhana.

Mengenai manfaat secara umumnya, sebenarnya menu navigasi akan menambah tampilan blog menjadi lebih profesional. Namun hal ini akan terjadi apabila menu navigasi Anda terlihat menarik.

Namun pada manfaat lainnya, membuat blog juga akan memberi keuntungan berupa:

  1. Bisa lebih mudah dalam mendapatkan backlink
  2. Memberi kemudahan dan kepuasan bagi pengunjung blog

Seluruh manfaat tersebut lebih mengarah ke keuntungan pembuat blog dan juga pengunjungnya. Maka dari itu, penting untuk para blogger mengerti cara membuat navigasi blog yang baik.

  • Kegunaan Pembuatan Navigasi Blog

Kegunaan dari pembuatan blog sebenarnya sangat banyak. Dan untuk kegunaan dari navigasi blog ini ialah sebagai berikut.

  1. Kegunaan dari halaman utama adalah untuk mengakses Halaman Utama
  2. Kegunaan dari perubahan terbaru yakni untuk menampilkan log semua perubahan yang terjadi. Halaman ini juga merupakan halaman yang sangat penting.
  3. Kegunaan dari peristiwa terkini yakni sebagai halaman yang memuat kejadian aktual. Oleh karena itu penting mengetahui cara membuat navigasi di blog.
  4. Menampilkan halaman yang baru dibuat pada navigasi halaman baru
  5. Dan terakhir yakni halaman sembarang
✔️  Cara Menaikan Kapasitas Upload Wordpress Untuk Mengunggah Themes Atau Plugins

Pada halaman ini akan ditampilkan halaman secara acak yang akan berguna saat Anda ingin mempelajari hal yang baru namun tidak tahu harus memulai dari mana.

Beberapa kegunaan tersebut bisa didapatkan jika Anda membuat navigasi dengan kriteria yang baik.

Kriteria Navigasi Blog yang Baik

Mengingat ada banyak sekali kegunaan dari navigasi blog, maka dalam membuatnya juga tidak bisa sembarangan. Cara terbaik untuk membuat navigasi blog adalah dengan memenuhi kriteria baik suatu navigasi blog.

Dengan menenuhi kriteria tersebut, maka navigasi blog juga bisa digunakan secara maksimal dari segi fungsi maupun manfaatnya untuk pengelola blog dan para pengunjung setianya.

Dan beberapa kriteria yang baik dalam membuat blog harus memenuhi syarat berikut ini.

  1. Kata pada menu harus bisa memberikan petunjuk secara singkat dan jelas untuk para pengunjung blog
  2. Nama menu diharuskan dapat mewakili isi konten sebagai cara membuat navigasi di blog yang baik
  3. Menu navigasi menggunakan istilah-istilah yang umum
  4. Menu navigasi menggunakan kata yang sederhana namun bisa mudah dipahami
  5. Pembuatan navigasi blog yang menggunakan warna dan bentuk yang berbeda dengan konten untuk bisa mudah dibedakan
  6. Letak navigasi dengan konten harus diberi batasan jarak sehingga bisa mudah dibedakan
  7. Hindari memberikan navigasi yang terlalu banyak pada blog Anda. Hal ini justru akan membuat para pengunjung menjadi bingung saat cara membuat navigasi di blog dilalukan kurang tepat
  8. Buatlah navigasi secukupnya yang sekiranya sangat penting untuk dicantumkan
  9. Gunakan menu bercabang (dropdown) jika Anda memang harus memasang navigasi yang banyak pada blog Anda. Hal ini agar tampilan blog menjadi lebih cantik dan sederhana
  10. Membuat navigasi dengan tetap memperhatikan segi estetika untuk blog, sehingga blog Anda terlihat nyaman saat dikunjungi

Pastikan saat Anda membuat navigasi di blog, memenuhi semua kriteria tersebut agar bisa digunakan secara maksimal dan memberikan banyak manfaat baik bagi Anda sendiri maupun pengunjung yang datang untuk melihat blog Anda.

Cara Membuat Navigasi di Blog dengan Mudah dan Cepat

Pembahasan kriteria navigasi yang baik memang sedikit panjang. Namun jangan merasa lelah terlebih dahulu karena kriteria tersebut justru sangat penting saat Anda hendak m3mbuat navigasi di blog pribadi Anda.

Dengan mengetahui kriteria tersebut, maka itu juga sebagai panduan bagi Anda membuat navigasi yang seperti apa. Anda bisa membuat navigasi sesuai kriteria yang sebelumnya telah disebutkan.

Dan mengenai caranya, sebenarnya ada banyak website yang menyediakan fasilitas untuk membuat menu navigasi di blog. Dan beberapa di antaranya yang menyediakan fasilitas gratis adalah Css Menu Maker.

Anda juga bisa mengedit menu navigasi sesuai dengan keinginan Anda. ini juga sangat berpengaruh pada tampilan blog Anda. sehingga untuk langkah tepatnya, Ada bisa langsung mulai mempraktikkanya dengan membuat menu navigasi menggunakan Css Menu Maker.

 

Setelah membaca keseluruhan dari ulasan ini, maka Anda tentu akan menjadi lebih hati-hati ketika akan melakukan cara membuat navigasi di blog dengan memperhatikan kriteria navigasi yang baik.

 

Leave a Comment