Upgrade Sekarang! Ini Keunggulan Download Windows 10

Download Windows 10 sebenarnya tidak sulit, Anda dapat melakukannya secara mandiri tanpa perlu bantuan teknisi. Informasi ini tentu sangat penting jika saat ini Anda masih menggunakan     Windows versi terdahulu. Lalu, bagaimana cara mengunduh Windows 10?

Mengapa Harus Download Windows 10?

Pada Januari 2023 Windows versi sebelumnya yakni 7 dan 8 akan dihentikan. Oleh karena itu, Anda perlu memperbarui software ke versi yang lebih baru.

Informasi tentang dihentikannya Windows 8 dan Windows 7 ini sebenarnya tidaklah mendadak. Sebab, kedua software versi lama ini sudah dikabarkan akan segera dihentikan sebelum adanya perpanjangan waktu.

Baca juga: download windows 10

Windows versi 7 seharusnya sudah dihentikan pada awal tahun 2015 lalu. Sementara untuk Windows 8 dihentikan di bulan Januari tahun 2018. Namun, pihak Microsoft masih memberikan tambahan waktu kepada pengguna.

Atas tambahan waktu pada kedua versi tersebut, maka saat ini penggunaannya tidak akan diperpanjang lagi. Anda tidak akan bisa mengakses Windows 8 dan Windows 7 kembali pada tanggal 10 Januari 2023.

Apabila Anda merupakan pengguna Windows versi lawas tersebut, segeralah Download Windows 10 atau versi terbarunya. Selain Anda tidak akan bisa mengakses versi lama, pengguna perangkat juga harus upgrade sistem operasi.

Setiap pengguna perlu melakukan pembaruan sistem operasi agar terhindar dari bug, virus, dan masalah lain. Kira-kira apa saja keunggulan juga kekurangan dari Windows versi 10? Cek informasi lengkapnya berikut ini untuk menjadi pertimbangan Anda.

Keunggulan Download Windows 10

Sebelum Anda mengunduh dan memasang Windows 10 di perangkat, penting untuk mengetahui apa saja kelebihannya. Adapun sejumlah keunggulan yang ditawarkan Windows 10 yaitu sebagai berikut.

Fitur Semakin Canggih

Keunggulan pertama dari sistem operasi ini adalah fitur desktopnya yang semakin canggih. Itulah salah satu alasan mengapa banyak orang kini Download Windows 10.

Sistem operasi Windows 10 menawarkan fitur canggih virtual desktop. Dimana Anda akan lebih mudah melakukan pekerjaan, sebab fitur membuat sejumlah desktop.

Pengguna lebih cepat dalam mencari dan menemukan file yang dibutuhkan. Fitur canggih ini juga memungkinkan perpindahan desktop pada Laptop.

Multitasking

Kelebihan lain dari versi 10 ini, Anda bisa menjalankan beberapa pekerjaan dalam sebuah layar. Sehingga pengguna bisa mengakses semua aplikasi dalam satu waktu secara bersamaan.

Anda tidak harus menutup aplikasi yang sebelumnya untuk membuka software baru. Kelebihan multitasking ini membuat pengguna bisa menggunakan waktu dengan efektif.

Aplikasi Command

Tidak kalah menariknya, dengan Download Windows 10 Anda bisa menikmati fitur Perintah atau Command. Jika terjadi sebuah masalah misalnya terdeteksi adanya virus dalam komputer, pengguna bisa memanfaatkan aplikasi ini.

Aplikasi Command memudahkan pengguna untuk menjelajahi komputer. Sehingga Anda mencari penyelesaian masalah menjadi lebih cepat.

Biasa Digunakan pada Banyak Perangkat

Windows 10 tidak hanya bisa Anda gunakan pada Laptop atau PC saja, namun juga ponsel dan tablet. Sistem operasi ini bisa digunakan di berbagai perangkat karena mempunyai fitur touch screen.

Fitur unggulan ini memungkinkan Windows 10 diinstal pada banyak tipe perangkat. Jadi, Anda bisa Download Windows 10 untuk mempermudah penyelesaian tugas.

Kekurangan Sistem Operasi Windows 10

Disamping keunggulan yang ditawarkan, tentu ada kekurangan pada Windows versi 10 ini. Berikut beberapa kekurangan dari sistem operasi Windows 10.

Pemula Sulit Mengoperasikan

Apabila Anda sudah terbiasa menggunakan Windows versi lawas mungkin akan sedikit kesulitan dalam mengoperasikannya. Sebab ketika  Download Windows 10, ada banyak fitur baru yang ditawarkan oleh sistem operasi ini.

Namun tenang, kesulitan mengoperasikan Windows 10 ini terjadi hanya karena pengguna belum terbiasa saja. Sehingga, Anda hanya perlu mulai belajar membiasakan diri dengan berbagai fitur canggihnya sebelum mengoperasikan.

Pembaruan yang Cukup Sering

Kelemahan lain dari versi ini adalah Anda mungkin akan sering diminta untuk melakukan pembaruan. Hal ini bertujuan untuk membuat sistem operasi semakin sempurna. Sehingga upgrade yang Anda lakukan justru membuat performa Windows Anda semakin meningkat.

✔️  √ 2 Cara Menghilangkan Iklan Di Hp Xiaomi Secara Permanen

Memakan Kuota Internet

Karena relatif sering meminta pembaruan, jadi Anda membutuhkan kuota internet yang relatif besar. Ketika pengguna melakukan pembaruan sistem operasi, dibutuhkan kuota yang besar selama prosesnya.

Langkah Mudah Download Windows 10

Cara Download Windows 10 sangat mudah dan cepat jika Anda sudah terhubung dengan jaringan internet. Umumnya sistem akan update aplikasi secara otomatis.

Namun, pengguna juga bisa melakukan pembaruan secara manual. Sebelumnya Anda harus melakukan booting seperti berikut ini.

Tata Cara Booting Sistem Operasi Windows 10

Sebelum memasang Windows 10 pastikan Anda sudah melakukan booting sebelumnya. Adapun tata cara melakukannya ialah sebagai berikut.

  1. Langkah pertama hubungkan flashdisk atau DVD yang di dalamnya terdapat aplikasi Windows 10 ke komputer. Apabila belum mempunyai, silahkan Download Windows 10 terlebih dahulu di situs resmi Microsoft.
  2. Kedua, tekan icon Windows pada layar atau klik menu Start.
  3. Kemudian tekan tombol Power lalu klik opsi Restart.
  4. Jika sudah, tekan tombol F2 agar Anda bisa masuk ke pengaturan BIOS. Pada step ini Anda akan diminta memasukkan key BIOS. Informasi tentang key BIOS bisa Anda peroleh dari buku manual komputer.
  5. Selanjutnya pencet opsi Boot Options atau Boot.
  6. Anda akan diminta untuk memilih perangkat yang akan di booting. Apabila Anda menggunakan DVD, silahkan pilih Drive CD-Rom. Sementara untuk pengguna flashdisk klik Removable Devices Option.
  7. Langkah berikutnya tekan +/F5 sampai muncul opsi Boot.
  8. Lalu, pencet tombol F10 agar pengaturan Anda tersimpan, dan klik Enter. Perangkat akan menyimpan lalu melakukan restart.
  9. Tunggu hingga perangkat Anda nyala kembali. Jika sudah, kini perangkat sudah siap untuk memasang Windows 10.

Cara Memasang Windows 10 di Perangkat

Usai Download Windows 10 dan melakukan booting, langkah selanjutnya yakni memasang software pada perangkat. Ikuti langkah-langkah instal Windows di bawah ini.

  1. Usai melakukan Booting Anda akan menerima notifikasi dan tekan Next.
  2. Langkah kedua, tekan tombol Install Now pada layar.
  3. Berikutnya akan muncul perintah untuk memasukan keys Windows. Namun apabila Anda tidak mempunyai keys, step ini bisa Anda lewati dengan tekan opsi Next.
  4. Selanjutnya tekan opsi Accept, lalu pilih Next untuk persetujuan menggunakan Windows 10.
  5. Tekan opsi Upgrade apabila Anda ingin menyimpan software, file, serta Setting pada komputer. Sementara jika ingin memuat ulang, Anda bisa tekan opsi Custom.
  6. Tunggu beberapa saat sampai proses pemasangan usai. Kurang lebih 1 jam waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proses instalasi.
  7. Ketujuh, ikuti semua instruksi yang diminta. Kini Anda sudah berhasil Download Windows 10 dan menginstalnya pada komputer Anda.

Demikianlah informasi lengkap tentang Download Windows 10 dan cara mudah memasangnya pada perangkat. Ada banyak kelebihan yang bisa Anda dapatkan dari sistem operasi versi baru ini. Apabila Anda masih menggunakan versi yang lama, segera upgrade ke Windows 10 sekarang.

Leave a Comment