Urutan Pertama Cara Membuat Blog adalah, Ini Ulasannya

Melakukan urutan pertama cara membuat blog adalah langkah cerdas. Tujuannya agar Anda tidak salah langkah, sehingga hasilnya lebih optimal. Banyak yang mengira urutan pertama membuat blog adalah mendaftar di platform pilihan.

Padahal, jauh dari itu ada beberapa upaya yang sebaiknya dilakukan dahulu. Membuat blog dengan langkah runtut sangat penting dilakukan. Terlebih jika fungsinya untuk dikembangkan menjadi lebih besar.

Anda bisa memulainya dari memikirkan tujuan dari blog tersebut. Baru setelah itu, ikuti dengan langkah berikutnya. Lebih jelasnya lagi, simak tutorial runtut dalam cara membuat blog berikut ini.

Urutan Pertama Cara Membuat Blog adalah, Berikut Ulasannya

Jika Anda tertarik terjun ke dunia blogging, pastikan proses pembuatannya dilakukan dengan baik. Ada beberapa urutan yang semestinya dikerjakan sehingga proses blogging optimal. Berikut ini penjelasan menarik mengenai tutorial runtut membuat blog.

  1. Pikirkan Tujuan Blog

Sebelum take action dengan registrasi email ke website builder, coba pikirkan untuk apa blog Anda nantinya. Urutan pertama cara membuat blog adalah memikirkan nichenya dahulu. Niche sendiri bisa diartikan sebagai tema untuk memuluskan tujuan blog nantinya.

Misalnya tujuan blogging adalah tentang jualan pakaian, tentu nichenya tidak boleh jauh dari dunia fashion. Anda bisa memilih niche fashion agar mudah dalam melakukan copywriting. Bisa juga tentang kesehatan, sehingga bisa dipakai untuk copywriting alat kesehatan.

Pikirkan dahulu untuk apa blog diciptakan, sehingga proses kedepannya lebih lancar. Salah satunya dalam menentukan URL domain blog Anda.

  1. Kuasai Sebuah Topik

Sebenarnya urutan pertama cara membuat blog adalah tentang tujuan serta topik. Poin pertama membahas tentang menentukan tujuan. Sedangkan poin berikutnya mengenai topik.

Topik dalam blog yang nantinya Anda pilih sebaiknya benar-benar dikuasai. Jangan asal memilih niche trending dan potensial, nyatanya Anda tidak menguasai bidangnya. Hal ini akan menyulitkan untuk kedepannya di fase maintenance.

Membuat blog dengan topik yang dikuasai sangat berguna agar dalam maintenance, ada semangat di dalamnya. Selain itu, artikel yang ditulis oleh ahli di bidangnya tentu lebih berbobot dibandingkan orang awam.

Hal ini sangat bermanfaat agar blog nantinya dikenal karena kualitasnya. Anda akan dinilai sebagai ahli dalam topik tertentu dan bisa membuat traffic meningkat.

  1. Pilih Platform yang Sesuai

Urutan pertama cara membuat blog adalah tidak sampai disini. Pasca memilih dan menentukan topik, baru take action membuatnya. Pilih platform yang sekiranya bisa memudahkan proses maintenance, alih-alih hanya mudah di pendaftaran awal.

Sebagai informasi, platform pembuatan blog ada banyak sekali yang tersedia. Akan tetapi, paling terkenal adalah WordPress, Blogspot, serta Weebly. Ada juga platform antimainstream seperti Tumblr dan masih banyak lagi.

Upayakan kenali dahulu platform terkait kekurangan dan kelebihannya. Sesuaikan dengan kondisi Anda, baru tentukan akan membuat blog melalui layanan apa.

  1. Susun Nama Domain

Domain dalam urutan pertama cara membuat blog adalah hal yang sangat penting. Bagian ini merupakan alamat untuk mengakses blog. Contohnya jika ingin membuat blog untuk niche khusus share resep masakan adalah “resepenak.com”.

Adanya ekstensi “.com” menjadi daya tarik tersendiri dalam sebuah blog. Jika memakai versi gratisan, berarti domain blog share resep masakan diatas berubah menjadi “resepenak.wordpress.com”.

Bisa juga jika memakai Blogspot berarti akan menjadi “resepenak.blogspot.com”. Sebaiknya susun nama domain dengan trik berikut, agar ramah SEO.

  • Gampang dieja, tidak berpotensi menimbulkan kesalahan eja
  • Tidak terlalu panjang, maksimal 63 karakter saja agar gampang diingat
  • Sebaiknya tanpa angka, tanda penghubung, dan berbagai karakter selain huruf lainnya
  1. Lebih Baik Memakai Hosting

Memakai hosting dalam urutan pertama cara membuat blog adalah hal penting. Layanan ini memudahkan segala file dari blog tersimpan baik dan gampang diakses. Fungsi utamanya agar performa web lebih cepat berkat file yang mudah diakses.

Jenis hosting sendiri ada beberapa varian, sehingga Anda semestinya pandai memilihnya. Beberapa jenis hosting yang bisa menjadi gambaran dalam memilihnya diantaranya:

  • Shared Hosting, varian paling terjangkau, ramah pemula
  • VPS Hosting, hadir dengan server besar, biasanya dipakai untuk yang lebih profesional
  • Cloud Hosting, kemudahan layaknya shared hosting ada di varian layanan ini
✔️  Cara Mematikan Mode Jangan Ganggu Di Xiaomi

Sebaiknya jika hendak membuat blog dan masih dalam tahapan pemula memakai shared hosting. Tahapan awal blog masih sedikit kebutuhan sumber dayanya. Anda cukup mempercayakan pengelolaannya ke penyedia web hosting.

  1. Registrasi

Langkah selanjutnya dalam urutan pertama cara membuat blog adalah bagian registrasi. Jika di tahapan berikutnya masih berupa persiapan, saatnya memulai praktek. Langkah pertama, pastikan Anda masuk ke peramban, setelah itu kunjungi website resmi platform pilihan.

Bisa menggunakan Blogspot, bisa juga memakai WordPress. Misalnya saja Anda memilih WordPress yang disinyalir bagus untuk pemula. Ketikkan saja WordPress.com di peramban, tunggu sampai login selesai.

Baru kemudian klik buat akun dan isi berbagai form yang tersedia. Mulai dari email aktif, username, password, dan sebagainya. Klik verifikasi email, lakukan juga verifikasi agar proses registrasi selesai.

  1. Tentukan Tema

Ribuan pilihan tema akan dihadapkan pasca berhasil melakukan registrasi. Walau bisa bebas memilih tema blog, sebaiknya tidak asal suka karena dinilai menarik. Urutan pertama cara membuat blog adalah dengan tidak melupakan hal demikian.

Tips menentukan tema paling gampang adalah menyesuaikan dengan niche blog. Selain itu, pastikan bisa dikustomisasi serta ramah versi ponsel. Tema yang bagus juga sebaiknya hadir dengan navigasi sederhana tetapi mutakhir.

Bagi para pengguna pemula, bisa mencoba eksperimen memakai tema dari template gratis. Akan tetapi, jika berniat untuk mengembangkannya, disarankan upgrade pakai tema berbayar. Tentu tujuannya agar tampilannya tampak profesional dan pastinya ramah SEO.

Jika hendak mengganti tema, caranya sebenarnya sederhana. Cukup masuk ke bagian Appearance, setelah itu klik Themes, lanjut Add New. Gunakan fitur Preview agar memudahkan melihatnya terlebih dahulu, baru klik Install.

  1. Buat Postingan

Sebenarnya urutan pertama cara membuat blog adalah sampai poin di atas. Akan tetapi, belum lengkap tanpa mengulas bagaimana cara membuat postingannya. Hal ini disebabkan karena tanpa postingan, blog tentu terasa ruang kosong.

Jika Anda hendak posting artikel di blog, cukup masuk ke bagian menu Posts, lanjut Add New. Tunggu beberapa saat, hingga muncul laman editor berisi aneka atribut artikel. Isi artikel juga harus disertai meta deskripsi, tag, kategori, permalink, sampai gambar.

Jika sudah mantap dalam membuat postingan, jangan langsung klik Publish. Coba menu preview, sehingga bisa melihat kondisi postingan terlebih dahulu jika nanti tayang sepenuhnya.

  1. Install Plugin

Tahapan berikutnya dari urutan pertama cara membuat blog adalah tentang plugin. Plugin sendiri merupakan fitur yang berguna untuk membantu berbagai kinerja dari website Anda. Jika hendak menambah/install plugin cukup masuk ke menu Plugin, kemudian klik Add New.

Carilah plugin yang Anda inginkan di kolom pencarian. Misalnya dengan mengunduh jenis Yoast SEO untuk plugin pertama Anda. Setelah ketemu di kolom pencarian, langsung saja klik Install Now, konfirmasi dengan klik Activate.

Plugin dalam sebuah blog sangatlah penting dengan varian beragam. Jika ingin blog performanya semakin keren, kenali beberapa plugin dasar seperti berikut.

  • WP Social Sharing untuk kemudahan share konten ke social media
  • Contact Form 7, cocok untuk mempermudah membuat form
  • Yoast SEO, peningkat peringkat pencarian blog
  • Wordfence, optimasi keamanan sebuah blog
  • WP Super Cache, agar kecepatan blog lebih dioptimalkan, dan masih banyak lagi

Blog memang hadir dengan banyak kemudahan untuk bisa mendulang keuntungan besar. Oleh karena itu, urutan pertama cara membuat blog adalah harus runtut, dan pastikan teliti dilakukan.

 

 

Leave a Comment