Beranda Berita Terkini WHO Indonesia Ingatkan Bahaya Menyemprot Disinfektan Ke Tubuh

WHO Indonesia Ingatkan Bahaya Menyemprot Disinfektan Ke Tubuh

1121
0
who indonesia ingatkan bahaya disinfektan di tubuh

Melalui akun twitter resmi WHO (World Health Organisation) Indonesia yaitu @whoindonesia, WHO Indonesia menegur kegiatan menyemprotkan disinfektan ke seluruh tubuh. Dan kegiatan ini cukup marak dilakukan oleh masyarakat sebagai upaya untuk mencegah virus corona.

Apa itu desinfektan? Disinfektan merupakan bahan kimia yang digunakan sebagai alat untuk mencegah terjadinya infeksi maupun pencemaran oleh mikro organisme. Selain itu disinfektan juga digunakan sebagai obat untuk membasmi kuman penyakit.

Disinfektan dapat digunakan untuk peralatan dan benda mati saja sementara antiseptik merupakan bahan yang dapat digunakan untuk jaringan hidup.

Baca Juga: Pakai APD Saat Belanja, Pasutri Ini Dikritik Netizen

Mungkin kita juga sering melihat cuplikan video yang menunjukkan bahwa adanya kegiatan menyemprotkan langsung cairan kimia yang disebut disinfektan ke seluruh tubuh manusia seperti gambar dibawah ini.

penyemprotan disinfektan ke tubuh
Contoh penyemprotan disinfektan langsung ke tubuh

WHO Indonesia mengingatkan bahwa kegiatan menyemprotkan klorin atau alkohol tidak dapat membunuh virus corona yang sudah masuk ke dalam tubuh.

Menyemprotkan disinfektan langsung ke manusia malah dapat sangat berbahaya jika terkena pakaian atau bagian tubuh yang terdapat selaput lendir (contohnya: mata dan mulut).

Baca Juga: Hal-Hal Aneh Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui Ada di Bumi

Klorin dan alkohol hanya dapat berguna sebagai disinfektan untuk bagian permukaan benda-benda saja dan itupun harus digunakan sesuai dengan petunjuk penggunaan serta takaran tertentu.

Menurut para dokter cairan disinfektan sangat berbahaya jika terkena kornea mata karena dapat menyebabkan kerusakan pada bagian kornea mata serta dapat mengakibatkan kebutaan. Selain itu jika disinfektan terkena kulit dapat menyebabkan terjadinya iritasi kulit dan peradangan pada kulit manusia.

Memang kita perlu memberikan pujian pada masyarakat Indonesia yang kreatif dan cepet tanggap terhadap pandemi corona ini. Tapi tetap saja kita harus mewaspadai segala alat yang kita gunakan sebagai

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here